Air Mata dan Manfaatnya

Ada beberapa penyebab mengapa air mata menetes. Kesedihan, kebahagiaan, bahkan angin yang bertiup. Namun pernahkah Anda memikirkan apa manfaat air mata?

3,621 views   |   6 shares
  • Seorang ibu muda kebingungan karena bayinya menangis tanpa henti, maklum anak pertama. Ada beberapa penyebab mengapa air mata menetes. Kesedihan, kebahagiaan, bahkan angin yang bertiup. Namun pernahkah Anda memikirkan apa manfaat air mata? Mengapa kita menangis? Apakah karena kita cengeng? Pantaskah seorang pria menangis, ataukah menangis merupakan hak istimewa kaum wanita saja?

  • Air mata bayi

  • Bayi menangis sejak dilahirkan, karena saat itulah pertama kali paru-parunya bekerja menghirup oksigen. Selanjutnya bayi menangis untuk menyatakan keinginannya, entah itu perasaan lapar, kedinginan, kepanasan, capai atau sekedar ingin menangis. Tahukah Anda bahwa bayi yang baru lahir tidak meneteskan air mata ketika menangis? Mata bayi memiliki kelembaban yang cukup tinggi. Sesudah berusia beberapa minggu barulah saluran air mata bayi terbentuk sempurna dan mulai dapat memproduksi air mata. Perhatikan anak-anak kecil yang sedang menangis merengek minta sesuatu, kadang-kadang tiada air mata mengiringi tangisan mereka, karena tangisan itu lebih berupa unjuk rasa daripada kesedihan.

  • Air mata kesedihan

  • Bila kita bersedih air mata sering menitik tanpa kita sadari. Bagi saya satu adegan mengharukan dari film yang sedang saya tonton dapat membuat saya meneteskan air mata. Begitu pula bila saya mengunjungi pemakaman, melihat keluarga yang ditinggalkan menangis, saya tidak dapat menahan bergulirnya air mata saya sendiri. Kaum pria tidak diharapkan menangis sebanyak kaum wanita, namun tahukah Anda bahwa air mata mendatangkan kelegaan. Seringkali sehabis menangis kita dapat berpikir lebih jelas. Karena itu tidak ada salahnya bagi kaum pria untuk melampiaskan perasaannya dengan tangisan terpendam (karena malu dianggap kurang macho).

  • Air mata kebahagiaan

  • Tidak saja dalam kesedihan kita meneteskan air mata, namun juga pada waktu bahagia. Sanubari kita dipenuhi oleh rasa syukur yang meluap-luap sehingga menggerakkan saluran air mata untuk berproduksi. Bila kita menerima kebaikan orang seringkali kita merasa terharu dan menitikkan air mata. Dalam hal ini air mata menunjukkan perasaan kita yang sesungguhnya. Pada saat kita tertawa terpingkal-pingkal air mata juga ikut mengalir.

  • Air mata pelumas

  • Mata kita harus dijaga kelembabannya. Bila angin bertiup dan mata menjadi kering, mata kita akan mengeluarkan air mata supaya tetap lembab. Demikian pula bila ada pasir atau bulu mata yang masuk, mata akan mengeluarkan air mata dalam usahanya mengeluarkan benda asing tersebut. Begitu pun ketika kita menguap atau sedang diganggu alergi, air mata akan mengembang.

  • Advertisement
  • Air mata sebagai senjata

  • Ada kalanya air mata dipakai sebagai senjata. Biasanya kaum wanitalah yang memanfaatkan hal ini. Banyak suami yang kewalahan dan terpaksa merogoh kantong dalam-dalam bila istrinya menangis karena kehendaknya tidak terpenuhi. Air mata yang begini bisa dikategorikan air mata buaya, hati-hatilah menghadapinya, salah-salah bisa membuat bangkrut.

  • Apa pun alasannya, tangisan adalah bahasa isyarat yang sangat handal. Menurut buku "Hanya ada beberapa cara yang mampu mengatakan begitu banyak dalam saat yang singkat." Air mata mengundang reaksi. Misalnya kebanyakan dari kita sulit mengabaikan tangis kesedihan karena hal itu memberitahu kita bahwa seseorang sedang menderita. Sebagai tanggapan, kita berusaha menghibur atau menolong orang yang menangis itu sedapat mungkin untuk mengurangi kesedihannya.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Air Mata dan Manfaatnya

Ada beberapa penyebab mengapa air mata menetes. Kesedihan, kebahagiaan, bahkan angin yang bertiup. Namun pernahkah Anda memikirkan apa manfaat air mata?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr