5 Cara Menangani Diagnosa Anak

Hanya sedikit hal yang lebih sulit dari mendengar bahwa anak Anda mengidap penyakit atau kondisi yang menyebabkan mereka menderita rasa sakit.

745 views   |   shares
  • Hanya sedikit yang lebih sulit daripada mendengar bahwa anak Anda mengidap penyakit yang menyebabkan mereka kesakitan. Sebagai orang tua, kita ingin anak-anak kita sehat dan melindungi mereka dari penderitaan sebisa mungkin. Sementara kebanyakan dokter dan praktisi kesehatan berbelas kasih dan mencoba menyediakan informasi tetang suatu diagnosa, tetapi mereka kebanyakan tidak memiliki waktu untuk menjawab setiap pertanyaan atau mendengar setiap keprihatinan, paling tidak dalam satu kunjungan.

  • Terlepas dari parahnya penyakit atau entah itu sifatnya sementara atau permanen, berikut adalah lima hal yang Anda dapat lakukan untuk menghadapi berita kondisi atau penyakit anak Anda.

  • Berbicaralah

  • Berbicaralah dengan orang lain yang memahami apa yang Anda sedang alami dapat meredakan kekhawatiran Anda. Untuk kebanyakan kondisi atau penyakit terdapat kelompok pendukung yang dapat menawarkan kesempatan untuk bertemu dan berbicara bersama orang lain yang mungkin mengetahui apa yang sedang Anda rasakan.

  • Pelajarilah

  • Belajar semampu Anda dari sumber yang terpercaya dapat membantu Anda tidak terlalu khawatir dan memberi Anda kekuatan yang tepat untuk merawat anak Anda. Ini tidak berarti Anda harus memahami semua hal mengenai kondisi anak Anda sekaligus. Bagaimanapun juga, sebagai pelindung anak Anda, menambah pengetahuan mengenai kondisi anak Anda dapat membantu Anda mengajukan pertanyaan yang tepat dan memahami perawatan yang ada.

  • Beri kesempatan untuk bersedih

  • Jika anak Anda sehat sebelum didiagnosa, merasa sedih adalah tanggapan yang wajar terhadap diagnosa itu dan berusaha mengatasinya memerlukan waktu. Jangan terkejut jika Anda merasa terguncang, marah, dan sedih. “Melewati masa sedih adalah cara terbaik untuk mengatasi ... diagnosa. Dengan memberi kesempatan diri Anda, anak Anda, dan keluarga Anda untuk bersedih, Anda akan lebih mampu untuk mengatasinya.” Untuk informasi lebih lanjut, lihat di Health Library.

  • Jangan mencoba memahami seluruh kehidupan anak Anda sekaligus

  • Kami telah mengetahui bahwa putri kami akan lahir dengan bibir sumbing dan langit-langit terbelah selama USG. Saya segera memahami bahwa setidaknya diperlukan dua operasi untuk memperbaiki bibir dan mulutnya ketika dia lahir. Saya juga belajar bahwa kebanyak anak dengan bibir sumbing dan langit-langit terbelah dapat mengalami infeksi telinga dan memerlukan terapi bicara, seperti juga memerlukan perawatan ortodontik. Tidak heran kalau saya kewalahan! Ketika seorang anak lahir “sehat”, kami tidak memberi tahu orang tuanya, “Dia akan patah kaki berumur 4, memerlukan kaca mata ketika berumur 6 dan ingin membawa selimutnya ke mana saja!” Kami akan berurusan dengan masalah-masalah itu ketika mereka muncul, satu demi satu.

  • Advertisement
  • Nikmatilah keberadaan anak Anda

  • Ingatlah bahwa mereka lebih dari sekedar penyakit atau kondisi mereka. Carilah cara untuk menghargai keunikan bakat dan karunia mereka seperti juga menunjukkan kepada mereka betapa pentingnya mereka bagi Anda. Bahkan bila didiagnosa dengan penyakit yang membahayakan nyawanya, Anda masih dapat menciptakan waktu ‘jeda’ yang menyenangkan bersama anak Anda. Ketika putra saya di rumah sakit saya membawa pemutar mp3 ke rumah sakit untuk melawan suara pompa infus. Saya juga meluangkan waktu untuk bercerita sehingga dia tidak menghabiskan harinya dengan tes medis. “Anda harus melihat anak Anda seperti saat pertama kali Anda tahu bahwa Anda menjadi orang tua. Milikilah sukacita yang sama dalam diri Anda, maka anak Anda akan lebih sehat,” ujar Kami Evans, My Child Has Special Needs.

  • Dapat menjadi masa yang sulit ketika Anda menerima diagnosa anak Anda. Berbicara kepada banyak orang dan belajar mengenai penyakit dapat membantu meredakan kekhawatiran. Membiarkan diri Anda bersedih dan menerima perubahan setahap demi setahap dapat memberikan kedamaian. Mengingat anak Anda lebih daripada kondisi mereka dapat membantu Anda untuk memeriahkan hidupnya.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "5 ways to cope with a child's diagnosis" karya Tamara Passey.

Baca, hidupkan, bagikan!

Tamara Passey is a Massachusetts native and lives in Arizona with her husband and three children. She was named Arizona Young Mother of the Year for 2013. She is the author of "The Christmas Tree Keeper." Visit her at www.tamarapassey.com.

5 Cara Menangani Diagnosa Anak

Hanya sedikit hal yang lebih sulit dari mendengar bahwa anak Anda mengidap penyakit atau kondisi yang menyebabkan mereka menderita rasa sakit.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr