Cara Mempersiapkan Rumah Anda untuk Dijual

Gagasan tentang cara untuk membuat rumah Anda siap untuk diperlihatkan kepada pembeli rumah dan agen penjual rumah.

666 views   |   shares
  • Ketika tiba saatnya untuk menjual rumah, ada begitu banyak hal yang harus dilakukan sehingga sering kali kita kewalahan. Berikut adalah beberapa gagasan yang akan membantu meringankan proses yang sulit ini dan membuat proyek ini semudah mungkin.

  • Buatlah halaman depan dan tepian jalan di depan rumah Anda menarik

  • Buatlah rumah Anda sebagai rumah yang memberi perasaan pada setiap orang yang melihatnya bahwa mereka disambut di rumah itu saat mereka melihat rumah Anda dari luar. Banyak pembeli rumah mengunjungi beberapa rumah dalam satu hari. Jika rumah Anda tidak menarik saat di lihat dari luar, pembeli mungkin tidak mau meluangkan waktu untuk keluar dari mobil mereka. Pastikan bahwa rumput, pohon, dan semak-semak terlihat rapi dan bagus. Ini adalah sebuah pertanda yang sangat istimewa untuk pembeli bahwa orang yang tinggal di rumah itu rajin mengurus rumah mereka. Bersihkan jalanan dan sarang laba-laba yang seringkali nempel di jendela depan, pintu, dan teras. Jika musim mengijinkan, tanamlah bunga yang berwarna-warni dalam pot atau di pekarangan sehingga dapat menambahkan keindahan pekarangan Anda. Lapisi tembok luar rumah dengan cat yang baru dan mengkilap.

  • Rapihkan keadaan rumah yang berantakan

  • Hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan di dalam rumah adalah merapihkan ruangan-ruangan yang berantakan semaksimal mungkin. Kemas barang-barang Anda dan simpanlah di gudang, biarkan permukaan yang horisontal terlihat kosong, bersih, dan rapih. Simpanlah foto-foto pribadi yang Anda pajang baik di dinding atau di meja. Dekorasi rumah Anda seminimal mungkin sehingga pembeli bisa membayangkan barang-barang mereka sendiri berada di rumah itu. Namun, jangan tergoda untuk menyembunyikan barang-barang pribadi Anda di dalam kloset. Pembeli akan melihat ke dalam kloset untuk memeriksa ruangan kloset itu. Kloset lemari harus ditata serapi dan sebaik mungkin agar terlihat lapang.

  • Mengurangi perabotan

  • Selain mengemas barang-barang pribadi, ada baiknya juga untuk mengemas perabotan dan perkakas rumah Anda. Dengan mengeluarkan sedikit uang untuk menyewa sebuah unit penyimpanan barang sampai hari Anda pindah, Anda akan mendapatkan hasil yang tidak akan mengecewakan. Terlalu banyak perabotan di rumah akan memberikan kesan pada pembeli bahwa rumah Anda kecil dan sempit. Kemaslah perabotan Anda sebanyak mungkin untuk memberikan kesan bahwa rumah Anda terbuka dan terasa luas sekali.

  • Bersih

  • Kenyataannya Anda masih tinggal di rumah itu. Buatlah rumah Anda sebersih mungkin. Kamar mandi dan dapur yang kotor akan membuat pembeli berpaling. Pastikan jendela-jendela dan cermin-cermin terlihat bersih dan mengkilap. Pertimbangkan untuk membeli handuk baru atau tirai kamar mandi yang cocok dengan perabotan di kamar mandi sehingga terlihat rapih dan terkoordinasi. Hati-hatilah dengan peralatan dapur. Peralatan dapur harus bersih karena pembeli dapat memeriksa ke dalam oven atau kulkas Anda jika peralatan dapur itu akan dijual bersama dengan rumahnya.

  • Advertisement
  • Perbaikan

  • Perbaiki kerusakan-kerusakan kecil untuk memberikan rumah Anda nuansa yang nyaman. Periksalah bola lampu yang terbakar, sarang laba-laba di sudut-sudut rumah, kran yang bocor, dan dinding yang catnya mengelupas.

  • Cobalah untuk membayangkan rumah Anda sebagai orang lain melihat rumah mereka. Temukan cara untuk mendapatkan perhatian dari pembeli berdasarkan kualitas rumah Anda yang terbaik. Anda telah mengalami dan menikmati tinggal di rumah itu. Sekarang, ambillah inisiatif agar pemilik rumah berikutnya dapat menikmatinya juga.

  • Diterjemahkan dan diadapatasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “How to prepare your house to sell” karya Margot Hovley.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Margot Hovley telah menerbitkan dua novel dengan Kovenan Komunikasi: "Sudden Darkness" (2012) & "Glimmering Light" (2014).

Situs: http://www.margothovley.com

Cara Mempersiapkan Rumah Anda untuk Dijual

Gagasan tentang cara untuk membuat rumah Anda siap untuk diperlihatkan kepada pembeli rumah dan agen penjual rumah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr