Petunjuk Bermain Saham bagi Investor yang Berani

Jika Anda suka mengambil resiko dalam bermain saham, berikut adalah beberapa petunjuk untuk membantu Anda mengurangi kegagalan.

3,835 views   |   shares
  • Jika Anda suka mengambil resiko dalam bermain saham, berikut adalah beberapa petunjuk untuk membantu Anda mengurangi kegagalan.

  • 1. Jadilah Realistis

  • Untuk sejenak bayangkan diri Anda sebagai investor yang sedang bertempur di Bursa Efek. Jika Anda secara aktif mengambil investasi yang beresiko, itulah yang dibilang pertempuran. Anda mungkin dapat mengalahkan pasar satu atau dua tahun, tetapi sangatlah jarang Anda dapat mengalahkan pasar selamanya. Menyenangkan untuk mencoba dan dengan berjalannya waktu kemampuan Anda akan meningkat, jadi jangan menyerah. Asalkan jangan mempertaruhkan semua uang Anda.

  • 2. Keragaman

  • Jika Anda suka mengambil resiko dalam investasi, Anda mungkin tidak akan beruntung dalam semua resiko yang Anda ambil. Pasarnya luas dan aset dihargai sebagai bagian dari pasar secara keseluruhan. Jika Anda meletakkan semua telur Anda di satu keranjang, Anda mengambil resiko tanpa menambahkan potensi keuntungan. Pilihlah untuk membuat banyak investasi kecil di tempat yang berbeda-beda dan itu akan membantu mengurangi resiko yang Anda ambil.

  • 3. Mengkarantina resiko

  • Mengambil resiko sesungguhnya menyenangkan bagi beberapa investor; main saham menjadi hobi. Hal ini sebenarnya dapat menghasilkan uang lebih banyak dari hobi lainnya, jadi bukanlah ide yang buruk. Anda mungkin ingin memisahkan portofolio investasi nyata, jangka panjang Anda dari uang yang ingin Anda mainkan. Jika Anda menyimpan 80-90% dari uang yang dengan hati-hati Anda investasikan—-dan terus berkontribusi pada tabungan Anda dengan porsi yang sama, Anda akan menjadikan sarang telur Anda berkembang terlepas dari apa pun yang terjadi dengan uang yang Anda pertaruhkan dalam saham.

  • 4. Berhati-hatilah dengan pilihan

  • Bermain saham dalam jangka panjang memiliki dampak negatif. Pilihan adalah permainan hidup-mati—-satu pemain menang yang lain kalah. Yang lebih buruk lagi permainan ini "curang": seorang perantara akan mengambil komisi jadi Anda bahkan tidak bisa mengharapkan uang Anda kembali. (perantara membiarkan Anda membeli saham yang diketahui akan turun nilainya) adalah cara termudah untuk menghasilkan uang sampai itu membuat Anda bangkrut. (Jika Anda tidak mengetahui apa itu, berarti Anda hampir tidak pernah melakukannya). Permainan saham menawarkan sensasi seperti judi karena hal itu memiliki pengharapan keuntungan. Bandar selalu menang.

  • 5. Jangka Pendek

  • Saham jangka pendek (atau aset lainnya), adalah praktek yang berbahaya dari meminjam saham orang lain untuk dijual dengan harapan harga akan turun dan Anda dapat membeli saham itu lebih murah untuk menutupi pinjaman Anda. Ingatlah bahwa jika Anda membeli saham dengan cara lama, keuntungannya tidak terbatas. Tidak ada batas pasti tentang seberapa tinggi saham dapat naik. Anda hanya dapat kehilangan 100% dari investasi Anda dalam saham yang Anda miliki. Jika Anda memperpendek masa jual/beli saham, Anda membalikkan situasinya. Anda dapat kehilangan uang dengan jumlah yang tak terbatas—-lebih dari yang mungkin Anda miliki, namun keuntungan Anda terbatas pada harga saham pada saat Anda perpendek jangka waktunya.

  • Advertisement
  • 6. Investasi Pribadi

  • Jika Anda memiliki sejumlah uang, Anda mungkin tergoda untuk menanam saham di perusahaan baru dan real estate. Banyak profesional di area ini kehilangan uang—banyak uang—dengan melakukan investasi yang buruk. Jika Anda baru memulai, carilah pembimbing yang tidak akan memetik keuntungan dari Anda namun dapat membantu Anda membuat investasi yang bijak. Jika Anda investor pemberani, petunjuk-petunjuk ini akan membantu Anda menghindari bencana bahkan ketika Anda terus menginvestasikan sebagian dari uang Anda untuk bermain saham. Ingatlah, keluarga Anda mengandalkan investasi yang Anda buat untuk biaya pensiun dan kuliah. Anda memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa akan ada uang untuk keperluan tersebut.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "Investment tips for investment daredevils" karya Devin Thorpe.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Petunjuk Bermain Saham bagi Investor yang Berani

Jika Anda suka mengambil resiko dalam bermain saham, berikut adalah beberapa petunjuk untuk membantu Anda mengurangi kegagalan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr