5 Petunjuk Bermanfaat dalam Menggosok Gigi Anak Balita Anda

Saya memang mengakui kelemahan atau kemalasan saya untuk menunda-nunda pekerjaan. Ketika putri saya berusia balita dia harus mencabut/kehilangan giginya yang pertama.

1,546 views   |   shares
  • Saya mengakui saya adalah pemalas. Ketika gigi pertama putri saya yang berusia balita tanggal, saya tidak menggosok giginya. Dan setelah giginya mulai tumbuh kembali, saya tetap tidak pernah menyuruh putri saya untuk menyikat giginya. Saya menyadari itu. Terkadang saya perlu untuk mencoba melakukannya, tapi hal tersebut masih saja terlihat sangat sulit untuk dilakukan. Putri saya selalu berusaha melawan dan sulit untuk menyikat sikat.

  • Akhirnya, saya mulai tersadar ketika suatu hari saya melihat gigi putri saya yang terlihat sangat tidak bersih. Giginya perlu untuk disikat. Sejak saat itu saya bertekad. Saya harus menyikat gigi putri saya dua kali setiap hari.

  • Anak balita juga membutuhkan standar dasar kebersihan gigi yang sama dengan orang dewasa, karena kerusakan gigi dapat terjadi di usia muda. Surat kabar melaporkan bahwa banyak anak-anak pra-sekolah/usia TK yang memiliki 6 sampai 10 tingkat kerusakan gigi berlubang, terkadang diperlukan suntikan bius untuk memperbaiki kerusakan pada gigi anak-anak tersebut. Berdasarkan survey dari Perhimpunan Dokter Amerika, kerusakan gigi di usia sangat muda merupakan penyakit yang serius yang sering terjadi terhadap anak-anak kecil. Jadi, menyikat gigi anak balita Anda seharusnya dapat menjadi sebuah prioritas untuk dilakukan.

  • Karena anak-anak balita belum sepenuhnya bisa menyikat atau membersihkan gigi mereka dengan baik dan benar, mereka sangat membutuhkan bantuan dari orang tua mereka.

  • Berikut adalah beberapa petunjuk yang dapat membantu:

  • Lakukan secara terus-menerus

  • Anda seharusnya menyikat gigi anak Anda 2 kali sehari tanpa pengecualian. Ketika saya akhirnya bertekad untuk menyikat gigi putri saya setiap malam yang adalah bagian dari rutinitasnya sebelum tidur dan di pagi hari di saat yang sama saya menyikat gigi saya, putri saya dapat menerima bahwa menyikat gigi adalah bagian dari kegiatannya setiap hari. Dia tidak memberontak/melawan lagi. Malah terkadang dia terlihat sangat bersemangat untuk melakukannya, dan bergegas ke kamar mandi untuk mengambil sikat giginya. Suatu hari yang menyenangkan dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya, kami akan tetap terus melakukannya.

  • Jangan pernah menyerah

  • Seringkali saya mengalami dimana putri saya masih suka melawan ketika saya akan menyikat giginya. Di saat saya harus terus mencoba menyikat giginya setiap hari, terkadang ada beberapa hari saya harus mengurangi untuk memaksa putri saya menyikat giginya dan walaupun hanya berhasil untuk menyikat beberapa dari giginya . Saya mulai berpikir itu lebih baik daripada tidak menyikat gigi sama sekali.

  • Advertisement
  • Biarkan balita Anda untuk belajar mandiri

  • Ketika putri saya belum benar-benar bisa untuk menggosok giginya dengan benar, dia pasti akan selalu ingin mencobanya. Dia senang untuk mengikuti apa yang ibunya lakukan, jadi setiap pagi ketika saya sedang menggosok gigi, dia akan segera mengambil sikat giginya dan ikut bergabung di samping saya lalu menyikat giginya. Meskipun putri saya kebanyakan hanya dapat mengunyah dan menjilat sikat giginya daripada membersihkan giginya, ini adalah awal yang baik untuk memulai kebiasaan menyikat gigi dengan sendirinya di hari-hari ke depan.

  • Lakukan percobaan

  • Saya telah mencoba berbagai macam cara dalam menggosok gigi. Terkadang putri saya berdiri di atas bangku kecil, terkadang saya melakukannya dengan menggendong atau memangkunya, bahkan terkadang kami bermain di dalam ruangan sambil tertawa sesaat sebelum kami menggosok gigi bersama. Anda dapat melakukan percobaan dengan memilih rasa dari pasta gigi dan berbagai macam sikat gigi yang berbeda untuk menemukan sesuatu yang dapat menarik perhatiannya. Hal ini dapat memakan waktu Anda, namun buatlah sesuatu yang lebih kreatif dan mencoba mencari tahu apa yang cocok dan sesuai dengan keinginan putri Anda.

  • Buatlah menjadi menyenangkan

  • Saya suka menyanyikan sebuah lagu kesukaan putri saya sambil menggosok giginya. Saya juga suka menirukan suara-suara hewan. Saya dapat menirukan suara pesawat terbang dengan menggunakan sikat giginya. Sampai terkadang putri saya berpikir bahwa adalah hal yang lucu ketika dia mengigit sikat giginya sehingga membuat sulit bagi saya untuk menggerakkan dan membersihkan sekeliling giginya. Lalu saya membiarkan putri saya melakukannya sendiri sambil tertawa bersamanya, karena jika menggosok gigi menjadi hal yang menyenangkan maka gigi pun bisa menjadi bersih.

  • Tanyakan kepada dokter anak Anda atau dokter gigi mengenai pasta gigi yang direkomendasikan untuk digunakan oleh anak-anak Anda. Dokter gigi saya menganjurkan saya untuk menggunakan pasta gigi yang menggunakan bahan flouride dengan jumlah yang sangat sedikit, mungkin untuk Anda adalah lebih baik tanpa bahan flouride. Jika anak balita Anda tidak menyukai rasa dari pasta gigi, Anda dapat menggantikan semua itu.

  • Kebanyakan saya berhasil menggosok semua gigi putri saya dan kami memiliki waktu yang menyenangkan untuk melakukannya bersama-sama. Diperlukan usaha yang keras untuk dapat menjadikan kegiatan ini menyenangkan. Namun anak balita Anda lebih membutuhkan kesehatan mulut yang baik, dan hal tersebut dapat dimulai ketika mereka masih kecil.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "Brushing your toddler's teeth:5 helpful hints" karya Heather Hoyt.

Bantu kami menyebarkan

Heather is a mother of one beautiful daughter. She is originally from Utah but is now living in the desert of Nevada. See more at heathermoments.com

5 Petunjuk Bermanfaat dalam Menggosok Gigi Anak Balita Anda

Saya memang mengakui kelemahan atau kemalasan saya untuk menunda-nunda pekerjaan. Ketika putri saya berusia balita dia harus mencabut/kehilangan giginya yang pertama.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr