5 Gagasan untuk Mengatur Keuangan Anak Remaja

Jika Anda mengambil kesempatan ini untuk membantu anak remaja Anda untuk belajar bagaimana mengatur keuangan mereka, mereka akan menjadi orang dewasa yang lebih sukses

6,516 views   |   5 shares
  • Jika Anda memiliki anak remaja, ada banyak hal yang Anda khawatirkan, saya mengerti karena saya pun pernah punya anak remaja. Selagi Anda mencoba untuk memberi mereka pelajaran yang dapat memberi pengaruh abadi terhadap kehidupan mereka saat mereka beranjak dewasa, Anda merasa khawatir tentang seks, penggunaan obat-obat terlarang, alkohol, perguruan tinggi dan banyak lagi. Tambahkan keuangan ke dalam daftar kekhawatiran Anda.

  • Berikut adalah beberapa gagasan untuk membantu mengajarkan kepada anak remaja Anda untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dalam mengatur keuangan mereka:

    1. Remaja zaman sekarang memiliki banyak kegiatan baik itu sekolah, olahraga, pelajaran musik dan semacamnya. Cari kerja terdengar seperti hal yang mengerikan untuk anak remaja karena banyaknya kegiatan yang mereka miliki, tapi pekerjaan dapat memberikan pelajaran paling berharga yang akan mereka dapatkan sebelum mereka meninggalkan rumah. Memiliki uang sendiri – bukan uang dari orang tua- adalah baik untuk orang tua dan anak remaja itu sendiri untuk membantu mereka untuk menjadi mandiri.

    2. Anak remaja Anda mungkin bisa membuka rekening giro di bank atas nama Anda jika dia tidak memiliki rekening giro saat dia berusia 16 tahun. Bantu mereka untuk membuka rekening giro agar mereka tahu cara kerjanya. Luangkan waktu untuk menjelaskan konsep-konsep dasar seperti bagaimana menyeimbangkan rekening, bahwa diperlukan waktu untuk mencairkan cek dan mungkin uangnya terlihat masih ada tapi sebenarnya sudah habis, dan bagaimana menyeimbangkan rekening koran di akhir bulan.

    3. Bantu anak remaja Anda untuk memahami bagaimana cara menabung dengan membantu mereka untuk membuka rekening tabungan dan menyisihkan sebagian uang untuk membeli hal-hal yang mereka inginkan- Hal ini mungkin mengharuskan Anda untuk mengakhiri kebiasaan Anda membelikan dia segala kebutuhannya.

    4. Jika anak remaja Anda berhasil untuk belajar mengatur rekening giro mereka, buka rekening kartu kredit dengan yang rendah dan kemungkinan dengan atas nama orang tua sebagai adalah langkah logis berikutnya. Kartu kredit dapat berfungsi sebagai penawar dalam keadaan darurat dan juga mereka dapat belajar bertanggung jawab. Adalah penting bagi Anda untuk memonitor penggunaannya, untuk melihat apa yang mereka beli dan yang paling penting, untuk memastikan bahwa mereka membayar tagihannya secara penuh setiap bulannya. Tujuan Anda adalah untuk mengajarkan anak-anak Anda menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab – bukan untuk membantu membangun kredit mereka. Awasi dengan ketat agar mereka tidak memakai uang yang terlalu banyak sehingga mereka tidak mampu membayar tagihan mereka.

    5. Doronglah anak remaja Anda untuk merencanakan dan mempersiapkan keuangan untuk kuliah. Sebagian remaja akan bertanggung jawab untuk beberapa biaya di perguruan tinggi, walaupun itu cuma uang untuk bersosialisasi. Bantu mereka untuk menyisihkan uang dan merencanakan cara untuk mendapatkan uang baik selama liburan musim panas atau selama sekolah setelah mereka meninggalkan rumah.

  • Advertisement
  • Dengan bekerja sama dengan anak remaja Anda untuk membuka dan mengoperasikan rekening bank dan kredit dan bekerja paruh-waktu, Anda akan membantu mereka untuk menjadi orang dewasa yang produktif. Begitu mereka pergi ke perguruan tinggi, kesempatan Anda untuk mengajar dan melatih mereka tentang keuangan akan hilang, tapi Anda masih akan tetap menjadi sumber uang baginya. Pastikan mereka memahami bagaimana mengatur keuangan sebelum mereka pergi meninggalkan rumah.

  • Diterjemahkan oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “5 Money Management Tips for Teens” karya Devin Thorpe.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

5 Gagasan untuk Mengatur Keuangan Anak Remaja

Jika Anda mengambil kesempatan ini untuk membantu anak remaja Anda untuk belajar bagaimana mengatur keuangan mereka, mereka akan menjadi orang dewasa yang lebih sukses
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr