Mengabadikan Kenangan Keluarga dalam Tiga Tahap Mudah

Mengambil foto, video dan mencatat cerita mereka adalah kunci untuk membuat kenangan bertahan.

1,186 views   |   2 shares
  • Mengabadikan kenangan keluarga saat ini lebih mudah daripada zaman dahulu. Dengan teknologi yang ada saat ini, Anda bisa mengabadikan kenangan-kenangan itu dengan sebuah kamera, atau secarik kertas dan pena.

  • Bagaimana anak-anak Anda akan mengingat Anda atau keluarga Anda?

  • Mengabadikan kenangan keluarga adalah sesuatu yang umum saat ini. Pertama kali Anda mungkin berpikir bahwa hal itu sulit untuk dilakukan, tapi pada kenyataannya tidak. Percaya atau tidak, sangat mudah untuk memelihara catatan sejarah keluarga yang baik dengan banyaknya jumlah teknologi saat ini, sementara juga tetap bisa bersenang-senang. Anda juga bisa melibatkan anak-anak dalam proses pembuatannya.

  • Beberapa hal mudah yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda mulai membuat kenangan-kenangan keluarga Anda bertahan selamanya, adalah sebagai berikut:

  • 1. Mengambil foto

  • Anda tidak harus menjadi seorang fotografer professional untuk memiliki kesempatan berharga itu secara digital.

  • Anda bisa memulai dengan membeli sebuah kamera sederhana untuk reuni keluarga, pesta ulang tahun atau bahkan jika hanya satu hari di taman. Ambillah foto momen-momen spesial itu bersama orang-orang yang paling Anda hargai, seperti nenek yang sedang mengendong cucunya. Ambillah foto sebanyak mungkin. Carilah foto-foto lama yang Anda miliki, tanyakan pada orang tua Anda tentang foto-foto lama mereka ketika mereka masih kecil dan kemudian pindahkan ke dalam komputer Anda untuk membuatnya menjadi file digital. Foto-foto tersebut tidak akan bertahan selamanya, jadi mungkin lebih baik dipindai sesegera mungkin.

  • 2. Mengambil video

  • Sekarang jika Anda ingin sedikit melakukan petualangan. Di samping mengambil foto pada saat pertemuan atau pesta keluarga, Anda juga bisa mengambilnya dengan menggunakan video. Video dari anggota keluarga yang telah meninggal dunia atau yang tinggal sangat jauh bisa menciptakan kenangan berharga yang tentunya akan bertahan seumur hidup. Gunakan kamera saku sederhana, atau jika ingin yang sedikit profesional dapat dilakukan dengan alat yang lebih canggih.

  • 3. Mencatat sebuah sejarah keluarga

  • Kunci untuk memiliki kenangan keluarga yang berharga tersebut akan bertahan untuk generasi yang akan datang yang sebenarnya memuat informasi yang berharga mengenai saudara-saudara yang lebih tua. Sebagai contoh, buyut saya masih hidup. Setiap kali saya melihatnya, saya mencoba untuk membuat kebiasaan untuk melakukan wawancara kecil. Bahwa wawancara kecil yang diadakan setiap saat telah membantu terkumpulnya sejarah keluarga dan tersimpannya kenangan keluarganya bagi generasi masa depan. Anda bisa menggunakan kamera video dan merekam wawancara untuk mengabadikan kenyataan yang pasti sewaktu saudara Anda menceritakannya. Pendekatan lainnya bisa jadi menyuruh saudara Anda secara pribadi mencatat cerita mereka.

  • Advertisement
  • Mengambil foto, video dan mencatat cerita mereka adalah kunci untuk membuat kenangan-kenangan ini bertahan. Tidak pernah terlambat untuk memulai, jadi mulailah hari ini. Segera lakukan dan buatlah itu menjadi kenyataan.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “Preserving family memories in 3 easy steps” karya Alberto Buruca.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Alberto Buruca is a student at Brigham Young University-Idaho studying Broadcasting. EMAIL: albertoburuca@me.com

Mengabadikan Kenangan Keluarga dalam Tiga Tahap Mudah

Mengambil foto, video dan mencatat cerita mereka adalah kunci untuk membuat kenangan bertahan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr