Penyakit Tukang Belanja

Dengan menjauhkan iklan buat belanja dari kehidupan kita, tidak saja kita mengurangi waktu kita untuk belanja, kita juga menghemat banyak uang.

2,951 views   |   shares
  • Sudah jelas bila kita tidak mempunyai uang buat membeli hal-hal yang kita inginkan, kita hendaknya tidak berbelanja. Namun banyak dari kita yang tetap berbelanja dengan kartu kredit. Bila kita sadar bahwa kita itu mempunyai penyakit tukang belanja, di bawah ini ada beberapa cara untuk menghindari belanja sesuatu yang tidak kita perlukan dengan uang yang tidak kita miliki.

    • Jangan pergi ke pusat perbelanjaan atau mall bila kita tidak punya uang. Jangan pergi ke pusat jajanan (food court) di mall "hanya untuk makan siang". Jangan ke mall untuk membeli sesuatu yang tidak penting yang bisa kita beli di toko lain. Jangan pergi ke mall hanya untuk cuci mata, pada akhirnya kita akan tergiur membeli baju bagus yang tidak sesuai dengan anggaran kita. Pokoknya hindari mall sampai kita mempunyai uang yang memang bisa kita pakai untuk belanja.

    • Pindahkan saluran TV pada saat iklan ditayangkan. Cara untuk menghindari keinginan membeli barang yang tidak kita butuhkan ialah dengan tidak menonton iklannya. Jutaan rupiah dikeluarkan oleh niagawan untuk membiayai iklan karena pengaruhnya terhadap pemirsa sangatlah besar. Kita jangan bertindak seperti anak kecil yang menginginkan setiap barang yang ditayangkan di iklan.

    • Bila sedang memakai komputer jangan mengunjungi situs yang menjual barang online. Kalau kita memang memerlukan sesuatu dari situs itu, carilah barang yang diperlukan dengan cepat dan sesudah didapat, bayar dan tutuplah situs itu.

    • Jangan mencaritahu sesuatu di komputer bila kita belum benar-benar siap membeli barang itu. Bila kita perlu menukar mobil tua kita dalam waktu tiga tahun, janganlah menjadi langganan di situs Carmall.com atau melewatkan banyak waktu di komputer untuk mencaritahu berapa harga Toyota baru dan apa pendapat orang tentang mobil itu. Demikian juga untuk barang-barang lain seperti kulkas atau mesin cuci.

    • Buanglah katalog secepat kita memperolehnya di kotak surat. Jangan disimpan karena foto barang-barang yang dipasang dengan harga obral seolah-olah memanggil kita untuk membelinya. Lebih gampang untuk membuang katalog daripada menghindari keinginan untuk membeli sesuatu yang menarik bila kita sudah melihatnya di gambar.

  • Dengan menjauhkan iklan buat belanja dari kehidupan kita, tidak saja kita mengurangi waktu kita untuk belanja, kita juga menghemat banyak uang.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "Shopaholic? This one is for you!" karya Devin Thorpe.

  • Advertisement
Bagikan pada teman dan keluarga..

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Penyakit Tukang Belanja

Dengan menjauhkan iklan buat belanja dari kehidupan kita, tidak saja kita mengurangi waktu kita untuk belanja, kita juga menghemat banyak uang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr