Tetap Cerdas! 8 Cara untuk Terus Belajar

Seiring masa yang berlalu dan masa depan telah menjadi sejarah, Anda harus dapat memastikan diri bahwa Anda dapat terus tumbuh dan berkembang seperti layaknya generasi muda sekarang.

9,419 views   |   0 shares
  • Belajar adalah hak asasi dan kehormatan yang paling dasar. Banyak orang telah berjuang dan mati demi kesempatan untuk menerima dan menggunakan bukan hanya pengetahuan tapi juga kebijaksanaan. Belajar adalah sesuatu yang tidak harus berhenti, tetapi Anda mungkin menemukan diri Anda pada posisi di mana belajar Anda terputus atau tertunda. Di kehidupan masa depan, akan lebih mudah bagi kita untuk bangkit kembali jika kita jatuh karena pengetahuan yang telah kita peroleh dapat membimbing kita ke masa depan yang lebih cerah. Tapi seiring masa yang berlalu dan masa depan telah menjadi sejarah, Anda harus dapat memastikan diri bahwa Anda dapat terus tumbuh dan berkembang seperti layaknya generasi muda sekarang.

  • Sekolah lagi

  • Jika Anda sedang mencari pendidikan formal, Anda bisa sekolah lagi. Baik Anda sedang mencari gelar yang standar atau lanjutan atau sertifikasi, melanjutkan pendidikan Anda akan memperluas wawasan Anda. Anda juga dapat mengambil kelas pendidikan berkelanjutan untuk mengisi waktu senggang Anda. Dan ada berbagai macam program gratis tersedia secara online.

  • Kelas penguasaan

  • Jika pendidikan informal lebih cocok untuk Anda, ambillah kelas komunitas. Lihat di koran lokal, surat edaran, atau online untuk kelas komunitas di mana Anda dapat belajar sesuatu yang baru. Tren masa kini bisa membuat Anda berpikir lebih melestarikan lingkungan alam, pelajaran dalam pemikiran baru atau bahkan berkreasi.

  • Saya mengambil kelas keramik sewaktu saya kuliah di Universitas Miami, pengalaman itu adalah salah satu pengalaman terbaik yang saya alami di perguruan tinggi. Ternyata saya cukup terampil dalam membuat keramik dan saya berharap untuk melanjutkan keinginan saya untuk berkreasi lagi jika saatnya tiba.

  • Perjalanan spiritual

  • Lanjutkan di jalan spiritual Anda dan temukan cara untuk memperkuat, memperdalam atau memperluas iman Anda. Cari tahu lebih lanjut tentang iman Anda terhadap hal-hal tertentu atau cara-cara lain dari iman Anda. Bergabung atau mengunjungi sekolah keagamaan di komunitas Anda atau organisasi tertentu. Tanyakan pada anggota organisasi tersebut yang sudah lama bergabung di situ apa prinsip-prinsip hidup yang telah mereka pelajari yang mereka terapkan dalam kehidupan mereka. Secara khusus, tanyakan bagaimana pemahaman mereka tentang iman telah merubah mereka dan kebijaksanaan apa yang telah diberikan dari pengetahuan yang mereka dapatkan.

  • Penelitian

  • Baik dalam buku fisik atau penelitian yang dikumpulkan secara online, ada banyak informasi unutk setiap mata pelajaran yang ada. Pilih salah satu, dan lakukanlah. Tidak harus jenis kelas yang formal. Cukup kunjungi perpustakaan setempat dan ketik sebuah subyek pada e dan Anda akan menerima banyak sekali respon balik dari banyak orang. Lakukan beberapa penelitian pada link pertama yang terlihat menjanjikan dan setidaknya semi-profesional.

  • Advertisement
  • Saya sangat suka meneliti fenomena sosiologis, psikologis dan emosional. Seperti profil tentang kepribadian, motivasi, gangguan jiwa, dan kecanduan. Subyek ini membantu saya memahami diri saya sendiri dan juga membantu memahami lebih baik orang-orang dalam hidup saya jika saya bisa dapat memahami tentang bagaimana kami beroperasi sebagai individu, pasangan, kelompok dan masyarakat secara keseluruhan. Saya telah belajar banyak kesalahan dalam berkomunikasi dan ini dapat dihindari, atau setidaknya, dipahami dan diterima. Lalu saya bisa melanjutkan hidup dengan gembira, dan mengajar orang lain untuk melakukan hal yang sama.

  • Hiburan

  • Cari hobi baru, seperti memancing, menari, melukis atau menulis. Kegiatan kreatif dan liburan adalah cara yang bagus untuk belajar sesuatu yang baru dan menarik atau santai. Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama yang akan memberikan tips, trik dan taktik untuk membuat perkenalan Anda menjadi mulus dan menyenangkan. Kemudian, saat Anda menjadi mahir, Anda dapat mewariskan semua kebijaksanaan ini ke generasi muda berikutnya.

  • Mendengarkan

  • Mulailah sebuah percakapan. Sungguh menakjubkan betapa terbukanya orang-orang yang Anda temui walau dengan hanya duduk dan berbicara dengan orang yang tidak Anda kenal. Pergilah ke toko buku, taman atau bahkan restoran dan mulailah sebuah percakapan dengan seseorang. Berbincang-bincang dengan seseorang yang biasanya tidak bicara dengan Anda, atau seseorang yang Anda tidak kenal, dapat benar-benar membuka dunia baru untuk segala macam kemungkinan. Ungkapan "Jangan bicara dengan orang asing," memang cocok untuk keselamatan anak-anak. Tapi sesungguhnya, setiap orang adalah orang asing sampai kita mengenal mereka. Kenali lebih banyak orang dan Anda akan terkejut dengan hal-hal yang dapat Anda pelajari dari mereka.

  • Ingatlah, percakapan berjalan dua arah. Sangat menyenangkan untuk bisa berbicara, tapi jangan lupa untuk mendengarkan. Mendengarkan dengan perhatian lebih dari sekedar mendengar. Cobalah untuk benar-benar menyerap dan memahami apa yang orang lain katakan.

  • Relawan

  • Menjadi relawan adalah cara yang bagus untuk mendapatkan informasi serta membuat koneksi yang abadi. Manfaat dari bekerja menuju tujuan bersama atau tujuan filantropi yang beragam tidak ada nilainya. Sumbangkan waktu Anda untuk membantu di dapur umum, tempat penampungan hewan, atau organisasi anak-anak seperti Apa yang Anda dapatkan dari pengalaman ini dapat bermanfaat seumur hidup Anda- dan dapat mengubah hidup Anda selamanya.

  • Advertisement
  • Refleksi

  • Kadang-kadang pelajaran terbaik adalah pelajaran yang kita ajarkan pada diri kita sendiri. Renungkan hidup Anda - semua kesuksesan dan kegagalan- dan petiklah semua pengetahuan dan kebijaksanaan yang Anda dapat dari pengalaman-pengalaman dan keputusan-keputusan hidup yang Anda buat. Gunakan kebijaksanaan itu untuk kebaikan Anda dan orang lain untuk membantu memacu semangat mereka untuk tetap maju dalam hidup dan terus lakukan hal ini sepanjang hidup Anda. Anda tidak akan pernah berhenti mengalami pengalaman-pengalaman hidup, sehingga Anda tidak akan pernah berhenti untuk belajar dari kehidupan Anda sendiri.

  • Belajar sesungguhnya sangatlah mudah jika Anda berusaha dengan kesadaran Anda untuk terus belajar. Untuk terus belajar Anda harus terus mendengarkan. Untuk mendengarkan, Anda harus membuka diri terhadap pengalaman baru, perspektif atau sekolah dan bahkan pada pemikiran yang baru. Hal yang baru mungkin terasa menakutkan atau tidak menyenangkan, tetapi semakin Anda mengijinkan hal-hal baru masuk ke dalam hidup Anda, semakin Anda akan melihat bahwa sebenarnya banyak pengetahuan yang baik yang dapat Anda gali. Anda akan belajar untuk menyambut hal-hal baru dengan dada terbuka, dan hal-hal yang baru itu akan membantu Anda untuk terus menikmati belajar.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “Stay Sharp! 8 ways to continue learning” karya Georgia Lee.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Georgia D. Lee is a graduate of the University of Miami School of Business and founder of www.Spiritual-Life-Skills.com, a multimedia self-help, self-actualization, spiritual education and personal empowerment system.

Tetap Cerdas! 8 Cara untuk Terus Belajar

Seiring masa yang berlalu dan masa depan telah menjadi sejarah, Anda harus dapat memastikan diri bahwa Anda dapat terus tumbuh dan berkembang seperti layaknya generasi muda sekarang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr