Lakukanlah Hal yang Anda Sukai, Sukailah Hal yang Anda Lakukan

Ketika Anda memberikan waktu untuk hal-hal yang Anda sukai, Anda akan mulai menyukai hal-hal yang Anda lakukan.

2,916 views   |   3 shares
  • Menemukan hal yang Anda sukai, kisah Shannon

  • Kita tahu ada hal-hal yang harus kita lakukan, dan hal-hal yang ingin kita lakukan. Kuncinya adalah menyeimbangkannya. Itu tidak berarti berhenti mencuci pakaian, agar Anda mempunyai waktu untuk melukis. Melainkan, artinya adalah menemukan momen-momen yang menyenangkan setiap hari, atau setiap minggu, saat Anda meluangkan waktu untuk diri Anda sendiri. Wanita paling bahagia yang pernah saya jumpai memberitahukan rahasianya kepada saya. Setiap tahun Dia menentukan satu hal yang ingin dia kuasai. Setiap tahun, itu sesuatu yang berbeda. Suatu hal yang sangat digemarinya. Dia menguasai fotografi, gantole, terjun payung, menyelam, melukis, dan bekerja membuat kursi. Dia membesarkan 10 orang anak yang terasuh dengan baik; semuanya siap menghadapi dunia, sebagaimana ibu mereka telah melakukannya. Dia memiliki energi dan dorongan untuk mengajari anak-anaknya, dan memberi teladan yang baik bagi mereka karena dia berupaya menjadi dirinya sendiri.

  • Seseorang berkata kepada Erin, “Lupakan rasa bersalah.” Tidak apa-apa bila Anda menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai. Biarkan Anda bahagia. Dunia anda tidak harus sempurna agar Anda bahagia. Tidak apa-apa bila Anda meluangkan beberapa saat setiap hari untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai. Tuhan telah mengaruniai Anda dengan bakat-bakat, kembangkanlah bakat-bakat tersebut.

  • Sadarilah bahwa jika Anda memutuskan untuk menjadikan hal-hal yang Anda sukai sebagai pekerjaan penuh waktu Anda, hal itu harus lebih dari sekadar kegemaran. Misalnya, saat saya memutuskan untuk menjadi seorang seniman, saya menerima pesanan sebanyak lima puluh lukisan seminggu. Saya harus belajar untuk memasarkan, mengemas, dan menguasai berbagai bidang bisnis lainnya. Jika Anda hendak membangun karir dari sebuah kegemaran, ketahuilah bahwa akan ada saat-saat ketika Anda merasa dipaksa untuk melewati momen-momen tanpa ilham dan semata-mata hanya bekerja keras. Meskipun demikian, hal itu dapat memuaskan sesuai pilihan Anda.

  • Menyukai hal-hal yang Anda lakukan, kisah Erin

  • Saat saya masih seorang ibu muda, saya memutuskan untuk memberikan yang terbaik bagi keluarga saya. Saya akan menyiapkan sarapan yang enak setiap pagi, membersihkan rumah, memasak makanan bayi organik buatan sendiri, dan menyiapkan biskuit setiap sore saat anak-anak saya pulang dari sekolah. Saya tidak akan pernah memukuli anak-anak saya, atau bahkan meninggikan suara saya kepada mereka. saya telah membaca banyak buku tentang mengasuh anak dan saya tahu cara mengasuh mereka. Yang paling penting, saya dan suami saya tidak akan pernah bertengkar. Sewaktu saya menatap mata putra sulung saya, saya dipenuhi dengan rasa kasih sayang dan keyakinan. Ini akan berjalan dengan mudah. Untuk mempersingkat cerita panjang dan memalukan, ternyata hal itu tidak mudah. Hasrat saya untuk menjadi sempurna sulit bagi keluarga saya dan bahkan lebih sulit lagi mengenai harga diri saya. Menyadari bahwa Anda adalah seorang yang unik dengan bakat-bakat untuk disumbangkan kepada dunia, dapat mengubah cara Anda memandang kehidupan. Daripada berupaya untuk menjadi orang lain, bekerja keraslah untuk menjadi diri Anda. Saat Anda memutuskan untuk apa yang hendak Anda lakukan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Advertisement
    • Saat Anda menemukan hal yang Anda sukai, tentukanlah apakah hal itu dapat Anda lakukan.

    • Kadang-kadang terlalu banyak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang Anda sukai, dapat berakibat buruk bagi keluarga Anda.

    • Anda mungkin menemukan kegemaran baru pada hal-hal yang telah Anda lakukan. Ingatlah bahwa pekerjaan tidak akan menjadi beban jika Anda menikmatinya.

    • Ingatkah Anda ketika masih berusia 6 tahun dan mewarnai semua kertas di rumah, termasuk sebagian dinding? Anda menikmatinya, dan mungkin saja Anda masih menikmatinya.

    • Menyukai hal-hal yang Anda lakukan memerlukan usaha. Albert Einstein mengatakan, “Kehidupan seperti mengendarai sepeda, agar tetap seimbang Anda harus tetap mengayuh.”

  • Saat saya memutuskan untuk berhenti mencoba untuk menjadi orang lain dan memutuskan untuk memberi kesempatan untuk menjadi diri saya sendiri, saya menyadari bahwa saya suka melayani keluarga. Kegemaran saya untuk mempelajari hal-hal baru tidak saja menyenangkan bagi saya namun bermanfaat bagi keluarga saya. Saya belajar bagaimana cara memperbaiki rem mobil saya, dan bagaimana cara menanam sayur-sayuran. Saya belajar untuk mengawetkan makanan yang saya tanam dan mendapati bahwa saya suka melakukannya. Saya belajar untuk menjahit pakaian anak perempuan kecil saya. Namun saya bukanlah profesional untuk semua hal ini, namun saya menikmatinya. Hal itu membutuhkan waktu dan ketelatenan, namun saya belajar untuk menghilangkan ingin selalu sempurna dan tetap menjadi diri saya saja. Jika anda membiarkan diri Anda melakukan hal-hal yang Anda sukai, Anda mungkin sekarang menyadari bahwa Anda menyukai hal-hal yang Anda lakukan.

  • Luangkan waktu untuk bercermin pada diri Anda sendiri. Hal-hal apa saja yang membuat Anda bahagia? Siapa sosok diri Anda yang Anda rasa paling nyaman? Jadilah orang itu. Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Anda mungkin akan menemukan bakat baru, atau bakat yang sudah lama Anda pendam. Lanjutkan! Lakukanlah hal-hal yang Anda sukai agar Anda menyukai hal-hal yang Anda lakukan.

  • Diterjemahhkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Do what you love, love what you do” karya Shannon Symonds dan Erin Oscarson.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Shannon and Erin are a mother and daughter with lots of children and Utah and Oregon roots.

Lakukanlah Hal yang Anda Sukai, Sukailah Hal yang Anda Lakukan

Ketika Anda memberikan waktu untuk hal-hal yang Anda sukai, Anda akan mulai menyukai hal-hal yang Anda lakukan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr