Persiapan untuk Keadaan Darurat

Dalam situasi gawat darurat seperti bencana alam yang tiba-tiba muncul misalnya, kita tidak harus merasa panik bila kita sudah membuat persiapan jauh sebelumnya.

2,814 views   |   3 shares
  • Dunia belakangan ini sering dilanda bencana alam. Kita baru saja mendengar berita tentang betapa parahnya kerusakan yang disebabkan topan Haiyan di Filipina. Lalu tanah air kita sendiri digoncang ledakan gunung berapi Sinabung dan Kelud yang menelan beberapa nyawa dan menutupi jalanan serta rumah-rumah dengan abunya yang tebal. Dalam situasi gawat darurat seperti ini kita tidak harus merasa panik bila kita sudah membuat persiapan jauh sebelumnya. Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan dan ajarkan di antara keluarga Anda.

  • KEBAKARAN. Bencana tidak selalu berasal dari luar rumah, hal itu bisa saja terjadi di rumah Anda. Salah satu persiapan yang dapat Anda lakukan ialah dengan melakukan latihan bersama seluruh anggota keluarga. Ajarkan bagaimana menggunakan alat pemadam api. Alat ini harus diperiksa setiap tahun oleh seorang petugas supaya pada saat diperlukan alat ini dapat bekerja dengan baik. Ajarkan kepada anak-anak untuk tidak bermain dengan korek api atau kompor. Pada saat latihan praktekkan bersama keluarga bagaimana keluar rumah dengan aman. Bila rumah Anda tidak mempunyai pintu belakang pastikan bahwa ada jendela yang dapat dibuka bila pintu masuk satu-satunya dilalap api. Di Amerika baru-baru ini diberlakukan sebuah peraturan baru bagi pemilik rumah yang ingin memasang jeruji di jendela dan pintu. Peraturan ini mengharuskan agar jeruji dapat dibuka dari arah dalam dengan gampang, sehingga bila ada kebakaran orang tidak akan terkurung api di dalam rumah. Tidak saja dalam menghadapi kebakaran, tetapi air bah juga dapat mengurung seseorang karena pintu yang sulit dibuka pada saat banjir.

  • BENCANA ALAM. Dengarkan terus radio, teve atau bunyi kentongan yang memperingatkan Anda akan adanya bahaya yang mengancam. Siapkan tas Anda yang berisi surat-surat penting dan bila mungkin beberapa barang berharga serta baju yang dapat dibawa sehingga setiap saat ada pengumuman untuk mengungsi Anda sudah siap. Pastikan bahwa keluarga yang sedang berada di luar rumah juga mendengar tentang peringatan adanya bahaya. Lakukan kontak dengan ponsel atau bila perlu jemputlah anak dari sekolah. Dalam pertemuan keluarga lakukan latihan menghadapi bencana alam. Tetapkan tempat-tempat pertemuan sehingga bila Anda terpisah dari anggota keluarga yang lain Anda tahu ke mana Anda harus pergi mencari mereka. Berapa lama Anda harus menunggu dan ke mana Anda dan keluarga dapat pergi bila harus mengungsi.

  • PERLENGKAPAN DARURAT. Ada beberapa benda yang perlu Anda sediakan di rumah untuk menghadapi keadaan darurat. Tidak saja untuk bahaya yang mengancam tetapi juga untuk keadaan seperti mati lampu, toko-toko tutup, adanya kericuhan di jalan, dan sebagainya.

  • Advertisement
    • Lampu senter dan baterai baru

    • Air minum

    • Makanan kaleng

    • Beras

    • Obat-obatan seperti aspirin, panadol, diatap, balsem, tensoplas, pembalut, dll.

    • Biskuit yang tahan lama

    • Uang tunai sekedarnya

    • Korek api dan arang

    • Sarung tangan dan masker

  • Anda dapat menambahkan barang-barang lain sesuai kebutuhan keluarga Anda. Misalnya Anda mempunyai anak bayi, tentu saja Anda memerlukan popok, susu bubuk dan botol bayi. Anda dapat mendaur ulang barang-barang makanan supaya tidak lewat masa berlakunya dan tetap enak dimakan bila keadaan darurat benar-benar muncul. Jangan sampai makanan itu mengakibatkan sakit perut yang tentunya akan menambah persoalan baru. Pakailah barang-barang makanan itu untuk kebutuhan sehari-hari bila sudah mendekati masa berlakunya dan gantilah dengan yang lebih baru. Sesekali periksalah lampu senter apakah masih menyala.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Persiapan untuk Keadaan Darurat

Dalam situasi gawat darurat seperti bencana alam yang tiba-tiba muncul misalnya, kita tidak harus merasa panik bila kita sudah membuat persiapan jauh sebelumnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr