Menggali Potensi Anak Anda

Kenalilah potensi mereka, ketertarikan mereka akan sesuatu dan janganlah memaksa mereka untuk menjadi seperti apa yang Anda mau.

1,795 views   |   shares
  • Saya memiliki adik sepupu yang sangat berbakat dalam menyanyi. Sejak kecil dia telah dibiasakan oleh orang tuanya untuk berani tampil di depan publik. Orang tuanya menyadari bakat menyanyinya sejak kecil, karena dia memiliki suara yang merdu untuk anak seusianya. Sejak saat itu adik sepupu saya telah tampil di beberapa acara penting untuk menampilkan kemampuan olah vokalnya.

  • Pada suatu hari kebetulan saya sedang mengunjungi sebuah tempat perbelanjaan untuk mencari suku cadang bagi komputer saya yang rusak. Di tengah-tengan pusat perbelanjaan tersebut ternyata telah terpasang sebuah panggung yang cukup luas. Saya penasaran dan berusaha mencari tahu sedang ada acara apa di pusat perbelanjaan tersebut. Seorang petugas keamanan saya hampiri dan darinyalah saya mengetahui akan ada sebuah pertunjukan orkestra yang akan ditampilkan oleh anak-anak sekolah dasar. Menarik sekali pikir saya, seumur-umur saya belum pernah menyaksikan pertunjukan orkestra secara langsung dan kesempatan itu saya tidak sia-siakan.

  • Setelah menunggu beberapa lama acara pun dimulai. Ada sekitar kurang lebih 40an anak usia sekolah dasar menenteng berbagai macam alat musik. Seorang konduktor wanita yang sangat cantik mengatur posisi mereka dan dengan tertib mereka duduk sesuai di posisi yang telah ditentukan. Sang konduktor membuka acara tersebut dengan memberikan beberapa kata sambutan kemudian sang konduktor memperkenalkan bahwa seluruh para pemain musik yang hadir saat itu kesemuanya adalah anak-anak dengan kebutuhan khusus. Acara pun dimulai.

  • Sambil menikmati alunan musik klasik dan beberapa musik perjuangan, saya terhanyut dalam suasana yang sangat menyenangkan. Saya semakin terharu menyadari bahwa yang memainkan musik tersebut seluruhnya adalah anak-anak dengan kebutuhan khusus. Di akhir acara yang berlangsung kurang lebih 1 jam, sekitar 12 lagu telah disumbangkan oleh mereka. Saya mendengar tepuk tangan membahana dari orang-orang yang hadir memenuhi seluruh ruangan tempat pusat perbelanjaan tersebut, hingga di lantai 5 paling atas.

  • Dari pengalaman tersebut saya semakain menyadari bahwa setiap orang pada dasarnya telah diberikan talenta masing-masing oleh Tuhan. Pertanyaannya, jika anak-anak berkebutuhan khusus tadi dapat memainkan alat-alat musik yang bagi saya belum tentu bisa memainkannya, apalagi bagi anak-anak yang normal. Saya sangat yakin bahwa kondisi fisik bukanlah penghalang utama bagi seseorang untuk menyadari potensinya.

  • Melalui tulisan ini saya ingin menyampaikan sebuah ajakan kepada Anda khususnya para orang tua. Galilah potensi anak Anda karena setiap anak dilahirkan dengan keunikan serta telenta mereka masing-masing. Kenalilah potensi mereka, ketertarikan mereka akan sesuatu dan janganlah memaksa mereka untuk menjadi seperti apa yang Anda mau.

  • Advertisement
  • Potensi seorang anak dapat beraneka ragam dan tidak selalu harus pandai bermain alat musik. Potensi seorang anak dapat berupa menyukai olahraga tertentu, mata pelajaran tertentu, kesenian, keterampilan, dan lain sebagainya.

  • Ada begitu banyak contoh orang-orang sukses menampaki keberhasilan karirnya karena bantuan dari orang tua mereka yang peduli, mengetahui potensinya dan membantu mereka untuk meraihnya. Oleh karena itu, sejak dini bantulah anak-anak Anda untuk memahami potensi mereka dan yakinkan mereka bahwa potensi yang dimiliki dapat membantu mereka untuk meraih keberhasilan di masa depan.

  • Tidak pernah ada kesempatan bagi para orang tua untuk beralasan bahwa buah hatinya adalah seorang yang pemalas dan sulit belajar. Anak-anak yang berkebutuhan khusus cenderung lebih sulit diajar daripada anak-anak yang dilahirkan dengan kondisi tubuh normal. Yang membedakan di sini adalah metode serta kesabaran para orang tualah yang menentukan. Kejelian orang tua mengenali serta memahami potensi anaknya sangat diharapkan. Kesabaran dan ketelatenan orang tua dalam membimbing buah hatinya tanpa kenal rasa putus asa haruslah menjadi pondasi utama para orang tua dalam mendidik putra-putri mereka.

  • Ada banyak cara yang orang tua bisa lakukan guna mengenali potensi buah hati mereka. Salah satu yang paling sederhana adalah dengan memperhatikan perilaku mereka setiap harinya. Orang tua yang peka akan dengan mudah mengenalinya. Tanyakanlah kepada buah hati Anda apakah mereka menyukai kegiatan tersebut. Dukunglah mereka selalu untuk semakin mengembangkan bakat mereka dan pujian dari Anda akan semakin membangkitkan semangat pada diri mereka.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Menggali Potensi Anak Anda

Kenalilah potensi mereka, ketertarikan mereka akan sesuatu dan janganlah memaksa mereka untuk menjadi seperti apa yang Anda mau.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr