4 Langkah Membangun Tradisi Keluarga

Putri tertua kami menikah di saat hari Natal. Dia sangat berkeinginan untuk berbagi bersama suaminya atas tradisi-tradisi yang sering kami lakukan pada hari-hari perayaan istimewa.

2,067 views   |   3 shares
  • Putri tertua kami menikah di saat hari Natal. Dia sangat berkeinginan untuk berbagi bersama suaminya tradisi-tradisi yang sering kami lakukan pada hari-hari perayaan istimewa. Sayangnya, ketika pernikahan itu dilakukan di luar kota jauh dari rumah kami, kami tidak dapat merayakan hari Natal sebagaimana yang biasanya keluarga kami lakukan. Dua tahun kemudian, putri kami ingin memastikan apakah kami masih melakukan tradisi-tradisi keluarga kami. Dia mengatakan kepada saya, “saya talah memberitahu suami saya mengenai semua hal yang indah yang biasanya kita lakukan dalam keluarga kita, yang tidak sempat kita lakukan di waktu-waktu yang lalu. Saya berkeinginan agar suami saya dapat merasakan pengalaman di saat hari Natal bersama keluarga kita.”

  • Tradisi berarti kita mewariskan kebiasaan atau kepercayaan yang kita miliki dari generasi ke generasi. Tradisi dapat membantu untuk menciptakan atau mendefinisikan kita sebagai anggota keluarga dari kelompok yang memiliki keunikan tersendiri. Putri saya berkeinginan untuk berbagi tradisi keluarga kami kepada suaminya karena tradisi tersebut dapat membantunya untuk mendefinisikan seperti apa keluarga yang ingin dia miliki.

  • Karena pada intinya sebuah keluarga dimulai dengan ikatan dari dua keluarga dengan latar belakang dan kebiasaan yang berbeda serta keunikan tradisi yang mereka miliki. Tradisi ini mungkin didapati dari warisan keluarga mereka, harapan-harapan yang mereka miliki, atau ketika melakukan perayaan-perayaan hari besar termasuk keyakinan mereka.

  • 1. Kebiasaan masa lalu

  • Salah satu hal yang harus Anda perhatikan untuk melihat dan mencari kebiasaan bagi keluarga Anda adalah pada warisan yang biasa dilakukan oleh orang tua atau leluhur Anda. Keluarga saya telah lebih banyak mengadaptasi beberapa warisan dari tradisi dalam kehidupan keluarga saya. Setiap hari Minggu, kami memasak dan menyediakan hidangan daging sapi panggang, kentang tumbuk, kaldu dan roti untuk makan malam. Tradisi makan malam bersama keluarga kami ini mulai dilakukan oleh nenek saya, dan diadaptasi oleh ibu saya dan sampai kepada saya saat ini. Anak-anak saya sangat bersemangat untuk melakukan ini setiap minggunya.

  • 2. Perhatikan hal-hal apa yang penting untuk Anda

  • Tradisi memungkinkan Anda untuk mewariskan hal-hal yang penting kepada anak-anak Anda. Jika meluangkan waktu bersama dengan anak-anak Anda adalah penting, maka buatlah tradisi yang berkaitan dengan itu. Seperti contoh, beberapa keluarga mempunyai tradisi seperti waktu khusus ayah dan anak atau ibu dan anak untuk melakukan kegiatan-kegiatan di luar rumah bersama. Hal ini dapat mencakup kegiatan seperti memancing bersama anak Anda, berkemah, belanja, atau keluar makan malam atau menonton film bersama.

  • Advertisement
  • 3. Memperhatikan perayaan hari-hari besar

  • Hari-hari besar yang memberikan kesempatan yang sempurna yang dapat menciptakan tradisi dalam keluarga. Keluarga kami sangat menyukai hari istimewa di saat hari Natal. Kami memiliki banyak tradisiyang dibuat dalam perayaan-perayaan keluarga kami. Dimulai dengan membaca buku Charles Dickens yang berjudul “A Christmas Carol,” juga membuat kue-kue kering untuk kami bagikan ke tetangga dekat rumah kami. Setiap malam Natal, kami biasanya merayakannya dengan memasak makanan khas dari Mexico seperti, tamales, enchiladas dan nasi. Biasanya, kami merayakan ini di dalam keluarga kami sendiri, namun, semenjak kami pindah jauh dari keluarga kami hal ini dapat menjadi sebuah tradisi baru yang dapat kami lakukan dengan mengundang keluarga-keluarga di lingkungan di mana kami tinggal.

  • 4. Melihat dalam iman & kepercayaan Anda

  • Kemungkinan beberapa tradisi penting yang akan Anda buat/ciptakan di dalam keluarga Anda dapat dilakukan berdasarkan pada keyakinan Anda. Buatlah kesempatan untuk menciptakan/membuat tradisi dengan penerapan dari kepercayaan agama di dalam keluarga Anda, seperti sebuah doa dalam keluarga, membaca ayat atau tulisan suci dan lainnya. Tradisi seperti ini dapat menjalin kasih dalam keluarga.

  • Dalai Lama mengatakan, “semua ajaran agama/kepercayaan yang besar memiliki tradisi yang pada dasarnya membawa pesan yang sama, yaitu cinta, belas kasih dan pengampunan…yang paling penting adalah menjadikan pesan tersebut sebagai bagian dari kehidupan kita sehari-hari.” Ketika anak-anak melihat Anda menerapkan nilai-nilai ini dalam kehidupan Anda sehari-hari dan menjadi bagian dari kegiatan dan kehidupan keluarga Anda, hal ini dapat tertanam ke dalam karakter anak-anak Anda. Ketika saya dewasa, keluarga saya dapat belajar pentingnya kasih sayang melalui tradisi seperti membantu keluarga yang kurang beruntung di saat Natal. Keluarga kami juga telah belajar mengenai membantu keluarga pengungsi untuk bisa bangkit kembali.

  • Tradisi dapat Anda bangun/ciptakan sewaktu Anda menemukan pentingnya hal itu untuk dilakukan pada suatu kegiatan, saat makan atau mengadakan suatu acara bersama. Tradisi seperti ini akan membawa kekompakan dalam keluarga yang dapat membantu setiap anggota keluarga untuk merasakan menjadi bagian tak terpisahkan dalam keluarga besar. Melalui tradisi, Anda dapat memiliki cara untuk mewariskan kepercayaan atau keyakinan Anda kepada keturunan Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "4 ways to establish family traditions" karya Robyn Carr.

  • Advertisement
Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Robyn Carr is a graduate of Brigham Young University, the mother of 5 and grandmother to 1. She currently lives in North Carolina. Comments welcomed at mrsincredible41@yahoo.com

4 Langkah Membangun Tradisi Keluarga

Putri tertua kami menikah di saat hari Natal. Dia sangat berkeinginan untuk berbagi bersama suaminya atas tradisi-tradisi yang sering kami lakukan pada hari-hari perayaan istimewa.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr