Air dan Khasiat Penyembuhannya

Kita semua tahu bahwa air adalah penting bagi kehidupan. Semua mahluk hidup: tanaman, hewan dan manusia membutuhkan air untuk menunjang hidupnya. Tanaman yang kekurangan air akan layu, demikian pun manusia bila kekurangan air dapat menderita sakit.

2,733 views   |   shares
  • Kita semua tahu bahwa air adalah penting bagi kehidupan. Semua mahluk hidup: tanaman, hewan dan manusia membutuhkan air untuk menunjang hidupnya. Tanaman yang kekurangan air akan layu, demikian pun manusia bila kekurangan air dapat menderita sakit. Bukan saja sakit, bahkan bisa mati jika dibiarkan berlarut-larut. Dehidrasi atau tubuh yang kekurangan air mudah sekali terjadi di daerah yang berudara kering. Tanah air kita beruntung karena udaranya lembab sehingga kulit jarang terasa kering, kerut merut tertunda dan bila Anda agak kurang minum Anda tidak akan menderita sakit berat. Tapi tahukah Anda betapa pentingnya minum air yang cukup untuk kesehatan tubuh Anda? Dokter menganjurkan agar Anda minum paling sedikit 8 gelas air untuk menjaga kesehatan Anda. Di bawah ini beberapa contoh dari manfaat air bagi kesehatan kita.

  • Menjaga kesehatan

  • Saya pernah menderita sakit yang luar biasa di lambung kiri. Mula-mula hanya sedikit perasaan tidak enak, makin lama makin tidak tertahankan seperti ditusuk-tusuk benda tajam. Selama beberapa hari saya kehilangan nafsu makan, merasa ingin muntah, dan badan lemah sekali. Saya pergi ke klinik dan diberi dokter obat yang sama sekali tidak membantu. Penyakit ini muncul beberapa kali dan biasanya hilang sendiri sesudah 3 hari. Dalam percakapan dengan seorang teman sekerja saya mengetahui bahwa suatu hari dia terpaksa dibawa ke rumah sakit bagian gawat darurat akibat dehidrasi, sejak itu dia selalu membawa botol air ke mana pun dia pergi. Dari sini saya menyadari bahwa saya juga sering mengabaikan kebutuhan air tubuh saya, saya hanya minum paling banyak 3 - 4 gelas air sehari. Saya mengambil kesimpulan bahwa saya juga mengalami dehidrasi, walau mungkin belum separah teman saya. Sejak itu saya menjaga agar minum cukup banyak air setiap hari dan penyakit saya pun tidak pernah muncul lagi.

  • Menenangkan jiwa

  • Mendengarkan suara gemericik air mendatangkan ketenangan. Kita sering pergi ke laut, danau atau sungai untuk mencari damai. Dengan memandang hamparan air yang luas dan mengalir tenang hati kita merasa sejuk. Itulah sebabnya banyak tempat peristirahatan dibangun di tepi pantai atau danau. Ketika kami sekeluarga tinggal di pinggiran kota dan anak-anak kami masih kecil, kami sering berjalan kaki menyusuri sungai kecil sambil menikmati udara pagi yang sejuk, jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk kota besar tempat kami bekerja. Benar-benar mengurangi stres dan menenteramkan pikiran, anak-anak kami juga senang melakukan olah raga pagi ini, mereka selalu minta "pergi ke kali."

  • Advertisement
  • Membantu terapi

  • Berenang merupakan olah raga yang sangat cocok untuk mengembalikan kebugaran badan. Terutama untuk manula yang biasanya diganggu sakit lutut atau punggung sehingga tidak mampu berolahraga lainnya seperti jalan cepat atau lari. Dengan berenang otot-otot bergerak tanpa tekanan berat karena adanya gaya tekan ke atas di dalam air. Kita dapat melakukan senam air atau berenang perlahan-lahan, yang penting semua anggota badan bergerak dengan aktif. Berenang juga membantu pernapasan, biasakanlah menarik napas dalam-dalam dan menghembuskan napas keras-keras selagi kepala muncul di permukaan air. Dada Anda akan terasa lega karena senam ini membantu bekerjanya paru-paru dengan baik.

  • Menunjang diet

  • Bila Anda perlu mengurangi berat badan, Anda dapat melakukan diet air. Tentu saja bukan berarti Anda cuma minum air, namun pada saat-saat Anda merasa lapar, jangan melahap makanan kecil, minumlah air. Air tidak mengandung kalori, jadi Anda dapat minum sebanyak mungkin tanpa kuatir menambah berat badan. Paling-paling akibatnya Anda harus lebih sering ke kamar kecil. Manfaat sampingannya ginjal Anda bekerja lebih baik karena sering-sering dibersihkan.

  • Uap air

  • Uap air juga dipakai untuk menyembuhkan. Jika Anda tidak sempat ke salon, taruh air panas di sebuah tempat dan dengan handuk menutupi kepala dekatkan muka ke uap air sehingga pori-pori agak membesar dan mudah untuk membersihkan jerawat maupun titik-titik hitam di wajah. Di negara-negara dingin uap air dimanfaatkan untuk sauna yang selain menghangatkan badan juga memeras keringat ke luar. Konon cara ini mampu mengurangi berat badan dan membersihkan serta menyegarkan badan.

  • Masih banyak lagi manfaat air yang belum disebutkan di atas. Kita hendaknya bersyukur tinggal di negeri yang tidak pernah kekurangan air bersih. Banyak negara di dunia yang rakyatnya menderita karena untuk mendapatkan air bersih mereka harus berjalan berkilo-kilo meter. Sebaiknya kita lebih menghargai air yang ada di rumah kita.

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Air dan Khasiat Penyembuhannya

Kita semua tahu bahwa air adalah penting bagi kehidupan. Semua mahluk hidup: tanaman, hewan dan manusia membutuhkan air untuk menunjang hidupnya. Tanaman yang kekurangan air akan layu, demikian pun manusia bila kekurangan air dapat menderita sakit.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr