Apa yang Seharusnya Saya Junjung? Mengembangkan Karakter Anda

Dalam novel karya Oscar Wilde The Picture of Dorian Gray, pria bernama Lord Hendry Wotton mencetak dengan luas karakter Dorian’s muda.

1,052 views   |   shares
  • Dalam novel karya Oscar Wilde pria bernama Lord Henry Wotton membentuk karakter Dorian’s muda.

  • Lord Henry adalah seorang pesolek – pria yang memerhatikan gaya berpakaian. Dia tenang, sinis, dan agak sombong. Dia pandai berbicara dan menghibur dan mudah disenangi, namun bukan orang yang layak dihormati. Dia kaya, sombong, dan tidak berprinsip. Saya sedikit suka Lord Henry, namun lebih banyak membenci dia. Dia sama sekali tidak memiliki karakter.

  • Seseorang dengan karakter memikat bagi saya. Karakter adalah sesuatu yang saya cita-citakan dan ingin contohkan kepada anak saya. Apakah saya memilikinya? Tidak terlalu, namun saya faham sedikit mengenai bagaimana mengembangkannya.

  • Memiliki Intergritas

  • Saya menyukai kata integritas, sifat yang mulia. Dan lagi, apakah saya memilikinya? Saya harap saya punya. Saya berusaha. Apa artinya memiliki integritas? Dengan sederhana, artinya menjadi jujur terhadap diri sendiri dan orang lain. Mengakui kesalahan dan menerima konsekuensinya. Itu juga berarti memiliki prinsip yang kuat dan tetap pada prinsipnya. Dikatakan bahwa integritas adalah melakukan yang benar bahkan ketika tidak ada orang yang melihat.

  • Jalani hidup Anda sendiri

  • Tidaklah mudah untuk sendiri, khusunya bagi anak-anak dan remaja. Kami orang dewasa juga kadang-kadang kesulitan dengan ini. Budaya kita senang mengirimkan pesan yang membingungkan: menjadi berbeda namun menggunakan sepatu merek ini (sama). Menjadi berbeda, namun tidak terlalu beda, berbaurlah. Untuk bertindak unik memerlukan kepercayaan diri yang tinggi. Sulit untuk tidak menjadi dipengaruhi oleh banyak orang. Theodore Roosevelt berkata, “Saya tidak peduli apa yang orang katakan mengenai apa yang saya lakukan, namun saya sangat peduli pada apa yang saya lakukan dan pikirkan. Inilah karakter!”

  • Berdirilah untuk sesuatu

  • Saya menyukai nasihat ini dari Gordon B. Hinckley, “Tidaklah cukup untuk menjadi baik. Anda harus menjadi baik bagi sesuatu. Anda harus berkontribusi hal yang baik bagi dunia. Dunia harus menjadi tempat yang lebih baik karena kehadiran Anda. Dan hal yang baik dalam diri Anda harus disebarkan kepada orang lain. Di dunia yang dipenuhi dengan masalah, selalu diancam oleh kegelapan dan tantangan dari setan, Anda dapat dan harus bangkit di atas mediokrasi, di atas ketidakacuhan. Anda dapat menjadi terlibat dan berbicara dengan kuat untuk apa yang benar.”

  • Pilihlah , kembangkan kepercayaan diri dan tetaplah teguh, lakukan hal yang baik. Jangan menjadi Lord Henry Wotton, sungguh disayangkan hidup yang tidak memiliki arti dan hanya berlalu begitu saja.

  • Advertisement
  • Kumpulkanlah dari teladan orang lain

  • Sejarah dan literatur dipenuhi dengan pahlawan yang hebat dan figur yang dihormati dunia. Kebanyakan, mentor kita adalah orang-orang yang berada di lingkungan sekitar kita sendiri. Ayah saya adalah salah satu mentor saya. Integritasnya, kasih untuk keluarganya, dan negara, dan kemurahan hatinya kepada orang lain, sifat-sifat yang tidak ditonjolkan. Hal-hal itu membentuk karakternya dan semua itu penting karena dia meneladankan hal yang baik.

  • Semua di hari kerja

  • Saya orang yang kuno namun mungkin lucu ketika saya merindukan hari-hari di masa dimana teknologi tidak sehebat sekarang dan lebih banyak usaha atau kerja secara fisik. Setelah semua itu, apa yang paling membentuk karakter lebih kuat daripada kerja keras? Tidakkah kebanyakan orang tua berharap mereka dapat mengirim anak mereka ke lapangan untuk ... melakukan apa pun mereka lakukan di lapangan? Saya tidak perlu menjadi menyukai kotoran di kuku saya, namun dengan teguh percaya bahwa nenek moyang saya memiliki lebih banyak karakter dari saya karena tantangan gaya hidup fisik mereka.

  • Penulis Sam Ewing dengan lucu mengatakan, “Kerja keras menyoroti karakter seseorang: beberapa menggulung lengan mereka, beberapa mengangkat hidung mereka, dan beberapa tidak melakukan apa pun.”

  • Saya tertarik kepada mereka yang berbeda, mereka yang berdiiri di atas prinsip mereka dan aturan hidup mereka. Bukan untuk menyombongkan diri, “lihat saya”, namun kebalikannya. Mereka yang memiliki integritas, yang dengan diam-diam dan dengan berani berdiri untuk sesuatu memperoleh penghormatan saya yang tertinggi. Sebagaimana yang Roosevelt katakan, itulah karakter!

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "What do I stand for? Developing your own character" karya Megan Gladwell.

Baca, hidupkan, bagikan!

Megan Gladwell is an Indiana native and mother of four. She blogs at bookclub41.blogspot.com.

Apa yang Seharusnya Saya Junjung? Mengembangkan Karakter Anda

Dalam novel karya Oscar Wilde The Picture of Dorian Gray, pria bernama Lord Hendry Wotton mencetak dengan luas karakter Dorian’s muda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr