10 Cara Membahas Uang dalam Pernikahan

Berbicara dengan rasa hormat tentang uang tidak membuat masalah Anda hilang, tetapi itu memberikan Anda kesempatan untuk menyelesaikannya.

3,769 views   |   5 shares
  • Berbicara tentang uang dalam pernikahan – dengan cara yang benar – sangat penting. Pada kenyataannya, ketidaksepakatan keuangan adalah salah satu penyebab utama perceraian di Amerika. Itu berarti jika Anda dan pasangan bertengkar tentang uang, Anda tentunya tidak sendirian.

  • Berbicara dengan rasa hormat tentang uang tidak membuat masalah Anda hilang, tetapi itu memberikan Anda kesempatan untuk menyelesaikannya. Dengan latihan, Anda dapat menjadi komunikator uang yang hebat, dan menjadi semakin mampu mengendalikan keuangan sebagai pasangan.

  • Berikut adalah 10 saran berkomunikasi tentang uang

    1. Idealnya, mulailah berbicara tentang uang dan keuangan sebelum Anda menikah. Cari tahu sedikit tentang gol keuangan dan kebiasaan pengeluaran satu sama lain. Sekarang adalah waktunya untuk terbuka jika Anda punya utang, agar itu tidak menjadi kejutan tidak menyenangkan di kemudian hari.

    2. Cari tahu gaya belanja satu sama lain. Apakah salah satu dari Anda adalah orang yang sangat hemat yang selalu sulit mengeluarkan uang bahkan untuk hal-hal penting? Apakah salah satu dari Anda selalu kesulitan mengikuti anggaran? Bahaslah tentang bagaimana Anda dapat saling membantu.

    3. Bahaslah sikap Anda tentang uang. Apa nilai-nilai Anda tentang uang? Apakah cocok dengan pasangan Anda? Apakah kompromi dibutuhkan?

    4. Pahami kelemahan Anda. Jika salah satu lemah pada hal tertentu, yang lain akan perlu membantu pasangannya dalam hal itu. Misalnya, jika seseorang tidak mampu melacak dan membayar tagihan tepat waktu, yang lain akan harus bertanggung jawab dalam hal itu, atau mencari cara untuk berbagi tanggung jawab itu jika perlu. Di sisi lain, jika salah satu kesulitan mengeluarkan uang bahkan untuk perbaikan penting, yang lain hendaknya diberikan kelonggaran untuk mendorong pengeluaran yang wajar tanpa dituduh sebagai tidak bertanggung jawab atau boros.

    5. Jika salah satu berbakat alami dalam berhitung dan keuangan, itu bagus, tetapi kedua belah pihak harus memiliki peran pembuatan keputusan. Yang berbakat berhitung mungkin dapat menjadi orang yang menangani rincian, tetapi tidak boleh mengambil alih sepenuhnya.

    6. Jadilah jujur tentang kesalahan keuangan segera. Banyak orang takut hubungan mereka dapat terancam jika pasangan mereka tahu tentang pengeluaran yang boros atau utang kartu kredit. Merahasiakannya hanya akan memperburuk keadaan. Bekerjasamalah untuk memulihkan keadaan dari kesalahan itu.

    7. Tetapkan waktu untuk berbicara tentang keuangan dengan satu sama lain. Duduk dan bahaslah tabungan dan tagihan. Bergembiralah bersama ketika gol terpenuhi. Jika dilakukan secara teratur, pertemuan ini hanya akan berlangsung selama beberapa menit.

    8. Hindari membahas tentang uang selama berkencan atau di tempat tidur.

    9. Sadari bahwa seringkali wanita melihat uang sebagai isu keamanan, dan dapat mengalami ketakutan tentang keuangan, baik mereka sadari maupun tidak. Sebaliknya, pria seringkali melihat uang sebagai kartu skor seberapa baik mereka sebagai pencari nafkah, dan dapat menjadi pukulan besar bagi harga diri ketika hal-hal tidak berjalan lancar. Bandingkan sudut pandang ini untuk situasi Anda sendiri dan sesuaikan.

    10. Ingatlah bahwa kesabaran dan kebaikan hati dapat menjadi pertolongan terbaik dalam melibatkan pasangan yang enggan untuk berpartisipasi dalam anggaran keluarga serta bekerjasama mengenai masalah uang.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "10 ways to discuss money in marriage" karya Margot Hovley.

Baca, hidupkan, bagikan!

Margot Hovley telah menerbitkan dua novel dengan Kovenan Komunikasi: "Sudden Darkness" (2012) & "Glimmering Light" (2014).

Situs: http://www.margothovley.com

10 Cara Membahas Uang dalam Pernikahan

Berbicara dengan rasa hormat tentang uang tidak membuat masalah Anda hilang, tetapi itu memberikan Anda kesempatan untuk menyelesaikannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr