Dongeng Sebelum Tidur, Bukan Hanya Sekadar Membuat Si Kecil Tertidur

Orang tua terkadang lupa atau kurang peduli bahwa mendongeng sebelum tidur bukan hanya sekedar menceritakan sebuah cerita agar si kecil terlelap. Tetapi itu adalah salah satu saat untuk membangun dan memperkuat hubungan antara orang tua dan anak.

1,524 views   |   1 shares
  • Ada satu kebiasaan bagus yang dulu sering dilakukan oleh para orang tua, yang entah karena kemajuan teknologi atau penyebab lain, sedikit demi sedikit mulai hilang. Kebiasaan itu adalah mendongeng untuk anak-anak mereka sebelum tidur. Saya ingat dulu ketika saya kecil, mamah saya suka mendongengkan sebuah cerita untuk saya. Dan karena keluarga kami bukan keluarga berada, mamah tidak mendongeng dari buku dongeng, tetapi dari dongeng-dongeng yang dia tahu, atau terkadang mamah saya menggunakan imajinasinya untuk mengarang sendiri dongengnya. Tak jarang pula, dia tidak mendongeng, tetapi menceritakan tentang cerita-cerita dari masa kecilnya. Apa pun itu, saya selalu menantikan hal itu. Setiap malam, setelah selesai belajar dan sudah bersiap untuk tidur, saya akan berbaring di tempat tidur dengan antusiasme seorang anak kecil untuk mendengarkan cerita mamah saya. Apa pun bentuk ceritanya, itu tidak terlalu penting. Bahkan kalau ditanya apakah saya mengingat semua cerita itu sekarang, dengan pasti saya akan menjawab tidak. Yang saya ingat adalah kedekatan yang kami miliki saat itu, juga nilai-nilai kebaikan dan moral yang selalu diselipkan dalam setiap cerita itu.

  • Itu yang mungkin lupa untuk dilihat oleh para orang tua sekarang tentang mendongeng sebelum tidur. Mereka lupa atau kurang peduli, bahwa mendongeng sebelum tidur bukan hanya sekedar menceritakan sebuah cerita agar si kecil terlelap. Tetapi itu adalah salah satu saat untuk membangun dan memperkuat hubungan antara orang tua dan anak. Juga bisa menjadi saat di mana nilai-nilai kebaikan dan moral diajarkan. Salah seorang teman saya yang sudah mempunyai anak bercerita bahwa dalam keluarga kecilnya, kegiatan mendongeng sebelum tidur menjadi hak penuh dari si ayah untuk memiliki waktu berkualitas bersama anak-anaknya. Si ayah yang selalu berangkat pagi-pagi sekali, terkadang bahkan saat anak-anak belum bangun, selalu berusaha untuk pulang sebelum jam tidur anak-anak mereka, dan menggunakan 15-30 menit setiap malam untuk menjalin ikatan dengan anak-anaknya melalui mendongeng sebelum tidur. Tidak peduli selelah apa pun, si ayah selalu akan melakukan hal itu, karena menurut dia pengorbanan 15-30 menit itu sepadan jika mengingat pentingnya hubungan yang terbangun di antara ayah dan anak-anak. Bayangkan jika keluarga itu tidak berkomitmen untuk melakukan hal itu secara konsisten, akankah ada hubungan yang terjalin antara ayah dan anak, mengingat jadwal kerja si ayah yang mengharuskannya berada di luar rumah dari pagi sampai malam selama 6 hari dalam seminggu? Dan tanpa disadari, ketika si anak nanti tumbuh menjadi remaja, yang pada umumnya semakin tidak memiliki waktu untuk bercengkerama dengan orang tuanya, bukankah akan jauh semakin sulit untuk memulai membangun hubungan pada saat itu? Jadi, meminjam perkataan teman saya, 15-30 menit setiap malam, selelah melakukan apa pun kita, adalah sepadan dengan hasilnya, yaitu kedekatan yang terbangun dengan anak-anak kita.

  • Advertisement
  • Tidaklah penting apakah ayah atau ibu yang mendongeng, tidak pula penting dongeng apa yang diceritakan, sejauh kita bisa menyisipkan pesan yang baik di dalam dongeng itu. Bahkan seperti mamah saya, kita bisa menceritakan masa kecil kita kepada anak-anak kita. Saya yakin, anak-anak kita akan menikmati cerita tentang bagaimana ketika kecil kita lebih banyak bermain di luar daripada duduk di dalam rumah ber-AC dengan di tangan. Bagaimana serunya bermain di sungai atau menjelajahi kebun alih-alih jalan-jalan ke mall atau main di timezone . Sekali lagi, ini bukan hanya tentang bercerita untuk membuat anak kita terlelap saja. Jadi apa pun ceritanya tidaklah menjadi soal. Tetapi jika ternyata Anda tidak begitu kreatif dan benar-benar merasa kesulitan untuk menciptakan cerita , pergilah ke toko buku, ada banyak buku yang berisi banyak dongeng yang dijual di sana. Yang terpenting, berkomitmenlah untuk secara konsisten meluangkan waktu untuk melakukan hal itu. Ketika Anda merasa susah meluangkan waktu, ingatlah, masa kecil anak-anak kita tidaklah lama, tanpa kita sadari mereka akan tumbuh menjadi remaja. Jangan sampai kita menyesal karena kehilangan segala momen yang berharga yang bisa kita nikmati dengan anak-anak kita. Mulailah dari sejak dini untuk menjalin dan memupuk kedekatan dengan anak-anak kita.

Bantu kami menyebarkan

It is my sincere desire and hope that my writing will positively influence readers, and help them be better and happier.

Dongeng Sebelum Tidur, Bukan Hanya Sekadar Membuat Si Kecil Tertidur

Orang tua terkadang lupa atau kurang peduli bahwa mendongeng sebelum tidur bukan hanya sekedar menceritakan sebuah cerita agar si kecil terlelap. Tetapi itu adalah salah satu saat untuk membangun dan memperkuat hubungan antara orang tua dan anak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr