Pentingnya Minum Air

Minum air yang cukup akan menjaga kesehatan tubuh kita.

11,877 views   |   shares
  • Air merupakan komoditas yang sangat berharga. Kehidupan tak mungkin berlangsung tanpa air. Namun tanpa disadari tubuh orang pada umumnya selalu dalam keadaan agak kekurangan air.

  • Kita semua pernah mendengar nasihat tentang perlunya minum cukup banyak air dan kita berusaha mengikutinya. Tetapi tidak mudah menghitung berapa yang sudah kita minum dan kapan sebaiknya kita minum. Di bawah ini ada beberapa petunjuk tentang bagaimana seharusnya kita minum air yang dibutuhkan tubuh kita dan dengan cara terbaik bagi kesehatan kita.

  • Berapa gelas air yang harus kita minum setiap hari?

  • Anjuran yang biasanya diberikan adalah 8 gelas sehari, kalau ini kita ikuti berarti tidak akan ada masalah. Beberapa pakar kesehatan menentukan jumlahnya menurut berat badan kita, 0.3 liter air untuk setiap 10 kilo dari berat badan kita. Misalnya berat kita 60 kg, kita perlu minum kurang lebih 2 liter air. Namun semua ini juga tergantung kepada seberapa aktifnya kita. Jika kita melakukan olah raga yang berat kita perlu minum lebih banyak. Juga unsur kelembaban udara dan kehamilan (paling tidak 10 gelas) mempengaruhi banyaknya kita harus minum.

  • Kita hendaknya minum air secara teratur sepanjang hari. Minum banyak-banyak sekaligus tidaklah membantu karena badan kita hanya bisa memanfaatkan sejumlah tertentu pada suatu saat. Walau jarang terjadi, namun ada kemungkinan minum air terlalu banyak sekaligus akan menurunkan kadar sodium, meskipun ini bukan masalah bagi kebanyakan orang.

  • Minum banyak air selagi makan, khususnya air dingin, tidaklah baik bagi pencernaan. Lebih baik minum banyak di antara waktu makan dan minum beberapa teguk saja pada saat makan.

  • Melalui kebiasaan kita bisa menentukan berapa banyak kebutuhan minum kita. Jika kita seperti kebanyakan orang, kita perlu minum lebih banyak daripada yang biasa kita minum. Salah satu cara menentukan apakah kita cukup minum air adalah dengan memperhatikan apakah air seni kita kira-kira sebanyak enam gelas dan tidak berwarna atau sedikit kekuningan. Warna yang agak tua menandakan dehidrasi walau kadang-kadang itu disebabkan vitamin yang kita makan.

  • Cairan lain juga masuk hitungan dalam banyaknya air minum yang kita butuhkan dan sebagian makanan kita mengandung air. Ada buah yang 90% terdiri dari air, misalnya semangka. Meski begitu minum air adalah cara terbaik untuk memastikan tubuh kita tidak kekurangan cairan.

  • Berikut ini beberapa cara untuk mengukur berapa banyak kita minum. Di pagi hari kita bisa mengisi botol dengan air sebanyak yang kita perlukan hari itu dan setiap kita minum kita menuang dari botol itu. Pakailah beberapa gelang dan pindahkan gelang itu ke tangan yang lain setiap kita minum segelas air. Di jaman ini kita malah bisa mengunduh aplikasi di ponsel untuk mengingatkan kita supaya minum!

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "Tips to Optimize Your Daily Water Intake" karya Margot Hovley.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Margot Hovley telah menerbitkan dua novel dengan Kovenan Komunikasi: "Sudden Darkness" (2012) & "Glimmering Light" (2014).

Situs: http://www.margothovley.com

Pentingnya Minum Air

Minum air yang cukup akan menjaga kesehatan tubuh kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr