Matikan Perangkat Elektronik! 5 Saran tentang Etiket Teknologi untuk Pasangan

Orang yang Anda cintai terkadang merasa tersingkirkan karena pasangan mereka lebih memberi perhatian pada cahaya terang dan kepuasan instan dari perangkat elektronik.

2,691 views   |   0 shares
  • Seorang janda teknologi atau duda teknologi adalah seseorang yang telah kehilangan perhatian dan kasih sayang dari pasangan mereka karena pasangan mereka lebih memberi perhatian pada cahaya terang dan kepuasan instan dari perangkat elektronik. Baik itu komputer, e-reader atau smartphone, sangatlah mudah untuk terjebak dalam kilauan cahaya dari dering telepon, peringatan, alarm, atau ding dong bel dari notifikasi baru. Dan orang yang Anda cintai kadang-kadang merasa tersingkirkan karena lawakan murah atau pembaruan instan dari perangkat elektronik Anda. Ilmu pengetahuan telah mengkonfirmasikan bahwa otak kita gampang terpengaruh oleh reaksi tinggi yang tidak sehat dari perangkat teknologi yang sedang naik daun. Dan bahkan kita bisa menjadi kecanduan terhadap teknologi. Tetapi jika cinta Anda terhadap teknologi telah menjadi perantara antara Anda dan pasangan Anda, berikut adalah beberapa cara untuk menghindari masalah yang dapat muncul karenanya.

  • Berhadap-hadapan

  • Berhadap-hadapan artinya adalah Anda berbicara dari mata ke mata. Bicaralah dengan orang yang Anda cintai dengan menatap wajahnya. Bukan menghadap ke bawah melihat layar ponsel Anda sambil berbicara, atau berbicara melalui layar ponsel. Jika Anda mendapatkan peringatan, alarm atau telepon sewaktu Anda berbincang dengan pasangan Anda, tunggu sampai percakapan selesai. Jika sangat penting, minta pamit untuk menjawab telepon dan bawalah perbincangan Anda ke ruangan lain. Sewaktu Anda dan pasangan Anda meluangkan waktu bersama, pastikan waktu yang Anda luangkan bersama dapat memberi makna yang berkualitas. Pastikan kalian berdua benar-benar fokus pada satu sama lain tanpa gangguan elektronik. Jagalah kehidupan elektronik dan romantis Anda terpisah secara fisik.

  • Perhatian penuh

  • Berikan pasangan Anda perhatian yang penuh. Setel perangkat elektronik Anda pada , lakukan ini dihadapannya. Kemudian balikkan dan letakkan di tempat yang tidak akan mengganggu Anda. Kemudian fokuskan cinta, perhatian, kasih sayang dan energi Anda pada orang yang bisa memberikan apa yang perangkat elektronik tidak bisa berikan, keintiman yang nyata.

  • Matikan lampu

  • Saat waktunya untuk tidur - tidur atau tidak – matikan perangkat elektronik Anda. Nyalakan lilin, dan setel beberapa musik yang memberi ketenangan jiwa. Jika Anda memiliki Anda dapat menyetelnya. Jika tidak, Anda dapat menggunakan komputer atau ponsel sebagai pemutar musik, tetapi cobalah untuk menjaga suasana setenang mungkin. Bahkan kicauan jangkrik, gemerisik daun dan angin yang berhembus sudahlah cukup. Kemudian berpelukan erat-erat senyaman mungkin.

  • Advertisement
  • Matikan perangkat elektronik

  • Cobalah satu hari untuk benar-benar offline dan mematikan perangkat elektronik Anda. Tanpa komputer, buku elektronik, telepon, atau e-mail. Kembalilah ke zaman batu, di mana Anda memasak makanan sendiri, berbicara tentang hari Anda, bermain, berjalan-jalan di luar atau bahkan tidur.

  • Terhubung lagi

  • Akhirnya, saat Anda menyalakan kembali perangkat elektronik Anda dan memeriksa telepon yang tidak terjawab, pesan-pesan, dan peringatan, pastikan bahwa pasangan Anda tidak merasa bahwa dia telah tersingkirkan oleh alat-alat elektronik Anda. Gunakan kekuatan digital untuk mendapatkan tiket konser dengan harga murah, membuat reservasi, atau mendapatkan berita tentang festival yang diselenggarakan di daerah Anda, kemudian pergilah bersama pasangan Anda. Dan tinggalkan perangkat teknologi Anda di suatu tempat yang aman, di mana ia tidak bisa mengganggu waktu Anda bersama pasangan Anda. Jika Anda berdua sama-sama menikmati teknologi, cobalah bermain game berdua di komputer atau aplikasi pada satu perangkat. Bukan bermain game terpisah di perangkat yang berbeda.

  • Etiket Teknologi dapat dipelajari dari pengalaman. Sulit untuk mengetahui apa yang pantas diikuti, dilengkungkan, dan aturan-aturan yang dapat dilanggar karena begitu banyak perubahan dalam waktu singkat. Tetapi jika Anda merasa kebingungan tentang apakah ketergantungan Anda pada teknologi telah berkembang dari mengganggu ke ketidaksopanan, ingatlah bahwa pepatah lama masih berlaku:

    • Lihatlah wajah orang saat mereka sedang berbicara dengan Anda.

    • Dengan berada secara fisik, bukan berarti kehadiran Anda dapat dirasakan.

    • Dan benar-benar mendengarkan jauh lebih berarti dari hanya mendengar

  • Hanya dengan tiga prinsip ini, Anda akan berada di jalur yang benar untuk dapat memiliki hubungan yang terhormat baik dengan manusia maupun mesin.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “Put that down! 5 tips on tech etiquette for couples” karya Georgia Lee.

Baca, hidupkan, bagikan!

Georgia D. Lee is a graduate of the University of Miami School of Business and founder of www.Spiritual-Life-Skills.com, a multimedia self-help, self-actualization, spiritual education and personal empowerment system.

Matikan Perangkat Elektronik! 5 Saran tentang Etiket Teknologi untuk Pasangan

Orang yang Anda cintai terkadang merasa tersingkirkan karena pasangan mereka lebih memberi perhatian pada cahaya terang dan kepuasan instan dari perangkat elektronik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr