4 Petunjuk untuk Mengurus Anak yang Cacat

Mempunyai anak cacat memberi orang tua tantangan unik dan terkadang berlebihan. Anak cacat sering mempunyai masalah medis, membutuhkan perawatan fisik, pengawasan serta perhatian lebih banyak daripada anak yang tidak cacat.

3,513 views   |   2 shares
  • Mempunyai anak cacat memberi orang tua tantangan unik dan terkadang berlebihan. Anak cacat sering mempunyai masalah medis, membutuhkan perawatan fisik, pengawasan serta perhatian lebih banyak daripada anak yang tidak cacat. Orang tua menghadapi kemungkinan bahwa anak mereka bisa meninggal dalam waktu beberapa hari, minggu, atau bulan sesudah lahir. Anggota keluarga, teman atau orang asing kadang memberi komentar yang kurang bijak atau menyinggung atau merasa kurang nyaman di dekat anak yang cacat.

  • Sementara semua kesulitan yang berkaitan dengan memiliki anak yang cacat ini mungkin sulit dihadapi, kebanyakan keluarga akan setuju bahwa anak yang cacat mendatangkan kebahagiaan besar selain kesusahan. Saran-saran di bawah ini akan membantu Anda mengatasi dengan lebih baik kekurangan anak Anda dan belajar menemukan sukacita sebagai orang tua dalam perjalanan hidup yang unik ini.

  • 1. Mencari informasi

  • Dengan mengetahui secara tepat apa yang terjadi dalam tubuh anak Anda dan apa yang mungkin terjadi dalam hari, bulan dan tahun mendatang, Anda akan dapat mengatasi rasa takut dalam menghadapi sesuatu yang tidak Anda ketahui dan mempersiapkan diri dengan layak untuk mengurus kebutuhan anak Anda. Temukan perawatan khusus apa yang akan diperlukan anak Anda dan carilah sumber-sumber tersedia yang dapat membantu Anda. Bertanyalah kepada dokter, adakan riset di perpustakaan, dan carilah organisasi yang dapat memberi keterangan serta dukungan bagi orang tua yang harus menghadapi situasi seperti ini.

  • Berbicaralah dengan orang tua lain yang memiliki anak cacat dan tanyakan bagaimana mereka mengatasi segala sesuatu dalam keluarga mereka. Kebanyakan orang tua akan senang membagikan pengalaman mereka. Juga tanyakan apakah ada sekolah khusus yang sarananya disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak.

  • 2. Kelompok pendukung

  • Karena persentase anak-anak yang lahir cacat hanya sedikit, Anda mungkin merasa sendirian menghadapi situasi ini. Sangatlah bermanfaat untuk menemukan keluarga-keluarga lain yang mengalami keadaan serupa, yang bersedia bertukar pikiran tentang bagaimana Anda mesti menjalankan peran yang baru ini. Kelompok pendukung akan membuat Anda tidak merasa sendirian dan dapat menjadi komunitas yang merupakan sumber daya serta informasi. Orang tua yang lebih berpengalaman dapat membantu Anda memecahkan masalah.

  • Kelompok pendukung dapat menjadi sumber informasi yang berguna dalam hal pengobatan, pendidikan dan hal-hal lain. Jika tidak ada kelompok seperti ini di lingkungan Anda, bentuklah sendiri. Bahkan kelompok kecil dapat memberi Anda penemanan dan pengertian.

  • Advertisement
  • 3. Urus diri Anda

  • Mengurus anak cacat dapat sangat melelahkan, jasmani maupun rohani. Sangat penting untuk menyediakan waktu bagi Anda sendiri secara teratur; ini akan memungkinkan Anda kembali kepada anak Anda dalam keadaan lebih santai dan bersemangat. Carilah penjaga anak yang bisa Anda percaya untuk mengurus kebutuhan khusus anak Anda.

  • 4. Carilah cara untuk memberi anak Anda pengalaman yang berguna

  • Walau anak Anda mungkin tidak bisa melakukan hal-hal yang sama seperti anak-anak lain, tidak ada alasan untuk anak itu tidak memperoleh kesempatan untuk belajar serta berkembang. Ada sekolah dan pendidikan khusus yang dapat membantu anak cacat belajar.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "4 tips to help you parent your special needs child" karya Lynn Scoresby.

Bantu kami menyebarkan

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

4 Petunjuk untuk Mengurus Anak yang Cacat

Mempunyai anak cacat memberi orang tua tantangan unik dan terkadang berlebihan. Anak cacat sering mempunyai masalah medis, membutuhkan perawatan fisik, pengawasan serta perhatian lebih banyak daripada anak yang tidak cacat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr