Lima Cara untuk Berpartisipasi di Sekolah Anak Anda

Studi menunjukkan bahwa ketika para orang tua berpartisipasi di sekolah, anak-anak cenderung mencapai prestasi yang lebih tinggi serta lebih percaya diri, dan pihak sekolah pun akan merasa senang atas meningkatnya semangat para guru.

1,328 views   |   shares
  • “Seorang pria tidak akan pernah berdiri lebih tinggi daripada saat dia berlutut untuk membantu seorang anak.”

  • Studi menunjukkan bahwa ketika para orang tua berpartisipasi di sekolah, anak-anak cenderung untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi serta lebih percaya diri, dan pihak sekolah pun akan merasa senang atas meningkatnya semangat para guru. Para orang tua yang secara sukarela menyumbangkan tenaga, memberi gambaran kepada anak-anak mereka bahwa pendidikan itu penting.

  • Beberapa orang tua suka bekerja sama dengan anak-anak di dalam ruangan kelas, sementara orang tua lainnya mungkin suka membantu dalam pesta-pesta perayaan, sementara yang lain lebih menyukai perencanaan dan pengaturan program. Pihak sekolah membutuhkan peran serta para orang tua yang memiliki bakat dan ketersediaan waktu yang bervariasi untuk membantu dalam banyak hal. Berikut ini adalah lima cara untuk dapat berpartisipasi di sekolah anak Anda:

  • 1. Di dalam Ruang Kelas

  • Saat ini beberapa sekolah sudah mulai mengadopsi pola keterlibatan orang tua dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Orang tua diundang ke dalam kelas untuk membagikan pengalaman atau bakat yang mereka miliki untuk memberi motivasi kepada anak-anak.

  • 2. Program dan Kebijakan

  • Bagi para rang tua yang ingin berpartisipasi dalam organisasi di sekolah dapat menjadi pengurus dalam komite orang tua murid. Tugas mereka adalah mewakili orang tua murid dalam menyampaikan keluhan dan aspirasi serta menjadi jembatan komunikasi antara pihak sekolah dan para orang tua murid. Mereka juga dapat berpartisipasi dalam penyusunan rencana kegiatan, kebijakan, serta program pembelajaran di sekolah.

  • 3. Kegiatan

  • Orang tua yang sibuk mungkin tidak dapat menyumbangkan tenaga secara rutin, akan tetapi banyak kegiatan yang dilaksanakan secara berkala, seperti berkemah, karya wisata, perayaan hari besar keagamaan, pesta perpisahan, bazar, dan lain-lain. Ini merupakan kesempatan yang baik untuk menyumbangkan gagasan untuk memberi nuansa yang berbeda pada sebuah kegiatan, yang kira-kira sesuai dengan ketersediaan waktu Anda.

  • Dengan memberikan dukungan pada kegiatan-kegiatan di sekolah seperti lomba cerdas cermat, pentas seni budaya, pameran ilmu pengetahuan, atau perlombaan olah raga di sekolah, hal ini menunjukkan kepada anak-anak Anda bahwa Anda menghargai kegiatan-kegiatan yang berlangsung di sekolah.

  • 4. Pengumpulan Sumbangan

  • Ada banyak cara bagi para orang tua untuk berpartisipasi dalam pengumpulan sumbangan di sekolah. Mulai dari menjadi panitia hingga hanya sekadar menjadi penyumbang yang dermawan sesuai dengan kemampuan Anda. Berpartisipasilah dalam kegiatan pengumpulan sumbangan pada saat-saat tertentu seperti kemalangan, kegiatan amal atau bakti sosial, sumbangan hari raya atau pembelian cenderamata untuk para guru.

  • Advertisement
  • 5. Dukungan dari Rumah

  • Para guru kadang-kadang meminta bantuan orang tua untuk membantu menyiapkan makanan untuk acara anak-anak makan bersama di kelas, menjahit kostum untuk acara pementasan seni, atau pengadaan tanaman hias di sekolah.

  • Jadi pikirkan sejenak mengenai bakat-bakat, ketersediaan waktu, serta kondisi Anda, lalu bicarakanlah dengan guru anak Anda mengenai hal yang mereka butuhkan. Kadang-kadang ini merupakan kesempatan yang unik bagi Anda untuk memperkaya kehidupan Anda, anak-anak Anda, dan orang lain dengan cara berpartisipasi dalam kegiatan sekolah anak Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “5 ways to get involved with your child's school” karya Tamara Webb.

Bantu kami menyebarkan

Tamara Webb has an MA in British and American Literature from the University of Utah, where she also taught writing as an Adjunct Professor. She is a mother of five. Contact her at tjbibliomaniac@yahoo.com, and find her blog at LivinginLilliput.com.

Lima Cara untuk Berpartisipasi di Sekolah Anak Anda

Studi menunjukkan bahwa ketika para orang tua berpartisipasi di sekolah, anak-anak cenderung mencapai prestasi yang lebih tinggi serta lebih percaya diri, dan pihak sekolah pun akan merasa senang atas meningkatnya semangat para guru.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr