Cara-Cara untuk Menjadi Ceria

Kadang-kadang kita menggerutu atas keadaan di sekeliling kita. Pada saat yang lain, ketegangan menyelimuti kita sewaktu kita terperangkap dalam hiruk pikuk kehidupan. Bagaimana caranya kita membawa diri -- mencari jalan keluar dari permasalahan kita.

3,413 views   |   shares
  • Kadang-kadang kita menggerutu karena keadaan di sekeliling kita. Pada saat yang lain, ketegangan menyelimuti kita sewaktu kita terperangkap dalam hiruk pikuk kehidupan. Bagaimana caranya kita membawa diri — mencari jalan keluar dari permasalahan kita dan kembali pada suasana ceria? Canda tawa merupakan alat yang sangat kuat untuk meredakan ketegangan serta membantu kita untuk berfokus pada hal-hal positif.

  • Pada suatu pagi hari Minggu setelah perayaan saya berjalan di belakang seorang gadis kecil berusia tiga tahun dengan kostum menyerupai malaikat. Ibunya baru saja menempelkan tanda di belakangnya yang bertuliskan, “Ini bukan gagasan saya.” Gadis kecil itu berjalan sambil berputar-putar sewaktu dia melewati gang di antara tempat duduk dengan mengibas-ngibaskan gaunnya yang berwarna putih bersih. Dia terlihat sangat menikmati saat-saat tersebut. Ibunya berjalan mengikuti di belakangnya, sambil menyembunyikan rasa malunya di balik topi lebarnya yang indah. Saya merangkul ibunya dan berkata, “Anak perempuan Anda telah memberikan keceriaan bagi semua orang. Terima kasih karena membawa malaikat kecil Anda ke acara ini.” Ibunya tertawa .

  • Bukankah anak-anak itu luar biasa? Mereka mendatangkan perspektif baru bagi dunia yang kita sebagai orang dewasa kadang-kadang tidak menyadarinya.

  • Saya pernah menghadiri sebuah pertemuan saat seorang anak laki-laki kecil melepas sepatunya lalu memutar-mutar sepatu tersebut di atas kepalanya dengan memegang talinya, yang akhirnya menyebabkan sepatu tersebut melayang. Sepatu tersebut terlempar menyeberangi ruangan hingga jatuh ke pangkuan seorang perempuan yang lebih tua. Karena kaget dia memandang ke sekeliling dan melihat anak laki-laki kecil tertunduk sangat malu. Kemudian perempuan itu mulai tertawa, lalu semuanya menjadi tersenyum. Menyaksikan insiden itu telah mendatangkan keceriaan bagi saya selama beberapa hari berikutnya. Tawa dalam hati saya tetap bertahan. Saya masih tersenyum bila mengingat insiden itu.

  • Ibu saya sendirian saat saya dan saudara laki-laki saya sedang tumbuh. Dia seorang janda dan tidak ada sosok laki-laki yang menjadi panutan bagi saudara laki-laki saya dalam keluarga kami. Suatu hari dia memutuskan untuk bercukur, dia menemukan pisau cukur elektrik dan mencukur habis alis matanya. Dia terlihat seperti hantu. Ibu saya tertawa dan melukis alisnya dengan pensil, lalu berangkat ke sekolah. Itu telah menjadi cerita favorit dalam keluarga kami selama bertahun-tahun dan telah menceriakan pembicaraan-pembicaraan makan malam kami. Cucu-cucu pun masih menyukai cerita itu.

  • Advertisement
  • Canda tawa merupakan cara yang luar biasa untuk mengubah perasaan negatif dalam diri kita dan membantu kita untuk menjadi ceria. Tontonan serta lelucon yang konyol mempertahankan kekuatan posistif dalam kehidupan kita. Ingatkah adegan dalam film Marry Poppins saat paman Albert mengatakan lelucon kepada Bert? Mereka tertawa sangat keras hingga mereka melayang sampai langit-langit bersama meja makan. Betapa adegan itu merupakan metafora yang luar biasa bagi kita. Canda tawa membantu kita untuk bangkit lebih tinggi dan juga memperkuat hubungan dengan orang-orang di sekitar kita. Biarlah canda tawa menceriakan dan membuat hati Anda terbuka untuk memberikan dan menerima kasih sayang.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Ways to lighten up” karya Christy Monson.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Christy Monson established a successful counseling practice in Las Vegas, Nevada, as a Licensed Marriage and Family Therapist. She also practiced in Salt Lake City, Utah for several years before her retirement.

Situs: http://www.christymonson.com

Cara-Cara untuk Menjadi Ceria

Kadang-kadang kita menggerutu atas keadaan di sekeliling kita. Pada saat yang lain, ketegangan menyelimuti kita sewaktu kita terperangkap dalam hiruk pikuk kehidupan. Bagaimana caranya kita membawa diri -- mencari jalan keluar dari permasalahan kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr