4 Langkah Sederhana dalam Memilih Tempat Penitipan Anak yang Baik

Dewasa ini banyak orang tua yang membutuhkan tempat penitipan yang baik bagi anak-anak mereka. Tapi dengan begitu banyaknya tempat penitipan, mencoba untuk menemukan tempat yang cocok dapat menjadi suatu pengalaman yang menakutkan.

4,945 views   |   6 shares
  • Dewasa ini banyak orang tua yang membutuhkan tempat penitipan yang baik bagi anak-anak mereka. Tapi dengan begitu banyaknya tempat penitipan, mencoba untuk menemukan tempat yang cocok dapat menjadi suatu pengalaman yang menakutkan. Tentunya tidak harus demikian. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat menolong Anda menemukan tempat penitipan yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

  • 1. Buatlah daftar tempat penitipan anak di daerah Anda.

  • Membuat daftar tempat penitipan dapat dilakukan dengan mencari di Internet atau bertanya kepada orang-orang yang mungkin tahu. Mesin pencari Google atau sejenisnya merupakan langkah awal yang baik untuk memulai. Kata yang diketik di mesin pencari termasuk “tempat penitipan anak + lokasinya.”

  • 2. Susunlah sejumlah pertanyaan yang Anda ingin tanyakan kepada tempat penitipan anak.

  • Sebelum Anda menghubungi beberapa tempat penitipan anak, adalah penting bagi Anda untuk datang dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan kepada mereka. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang dapat ditanyakan:

  • Apakah Anda memiliki izin?

  • Meskipun bukan hal yang mutlak untuk memilih tempat penitipan yang sudah mendapat izin dari pemerintah, perizinan dapat memberikan keuntungan bagi kita. Untuk memperoleh sebuah izin dapat berarti bahwa pemilik penitipan yang bertanggung jawab atas tempat penitipan itu telah melakukan usaha yang lebih bagi anak Anda. Hal ini dapat juga berarti orang yang bertanggung jawab atas tempat penitipan itu memiliki latar belakang dalam usaha penitipan anak. Mohon dicatat: Para pemilik penitipan di beberapa daerah tertentu diharuskan memiliki perizinan.

  • Apa rencana darurat Anda untuk seorang anak yang terluka?

  • Jawaban terhadap pertanyaan Anda dari pemilik penitipan dapat memberikan rincian apa saja yang telah dilakukan di luar kegiatan harian tempat penitipan itu. Jawaban yang diberikan dengan penuh pemikiran akan memberitahu Anda bahwa pemilik penitipan bertanggung jawab serta menaruh banyak perhatian terhadap Anak anda.

  • Mengapa Anda menyediakan tempat penitipan?

  • Jawaban-jawaban yang Anda terima dari pertanyaan ini akan membantu Anda untuk merasakan sedikit motivasi serta sifat dari pemilik penitipan itu. Apakah orang ini kedengarannya cukup menikmati saat-saat bersama anak-anak? Apakah dia berbicara dengan baik dan sopan? Apakah dia tampaknya banyak tahu tentang penitipan anak? Jika dia menjawab “Karena saya memerlukan uang,” sepertinya Anda harus mencari tempat penitipan yang lain.

  • Advertisement
  • 3. Hubungi dinas/direktorat pendidikan setempat.

  • Dengan daftar penitipan di tangan Anda, tanyakan kepada dinas/direktorat pendidikan di mana Anda tinggal untuk umpan balik mengenai setiap tempat penitipan. Sementara mereka memiliki informasi tentang-tempat penitipan yang memiliki izin, mudah-mudahan mereka memiliki nasihat tentang apa yang perlu Anda cari. Pilihan-pilihan utama Anda dapat diperkuat setelah memperoleh informasi dari mereka.

  • 4. Persempit daftar Anda dan buatlah kunjungan.

  • Setelah Anda mendapat umpan balik dari dinas/direktorat pendidikan, Anda tinggal mencoret tempat–tempat penitipan yang kurang meyakinkan dalam daftar Anda. Sekarang tinggal mengunjungi tempat-tempat penitipan yang paling meyakinkan Anda. Persiapkan pertanyaan-pertanyaan Anda. Misalnya, Anda ingin tahu bagaimana makanan dipersiapkan atau Anda ingin yakin bahwa tempat untuk tidur anak-anak aman. Jika anak Anda memiliki alergi atau lainnya, inilah saat yang tepat untuk dikemukakan. Juga perlu Anda ketahui banyak tempat penitipan yang memiliki daftar nama para orang tua yang dapat dihubungi untuk menanyakan pengalaman mereka dengan tempat penitipan yang bersangkutan.

  • Menemukan tempat penitipan untuk si kecil dapat menakutkan, tetapi jangan jadikan ini sebagai suatu beban. Dengan sedikit usaha, Anda dapat menemukan tempat penitipan dimana anak Anda bisa merasa gembira. Ingat, jika Anda merencanakan jauh sebelumnya serta melakukan sedikit penelitian, pada akhirnya keluarga Anda akan merasa bahagia.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Afat Xiao dari naskah asli “4 simple steps to choosing a good childcare center” karya Gina Baker.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Gina is a nurse, mom, entrepreneur, photographer, artist in training, athlete and more. She graduated with a masters degree in nursing informatics.

Situs: http://chocolatepeaces.com

4 Langkah Sederhana dalam Memilih Tempat Penitipan Anak yang Baik

Dewasa ini banyak orang tua yang membutuhkan tempat penitipan yang baik bagi anak-anak mereka. Tapi dengan begitu banyaknya tempat penitipan, mencoba untuk menemukan tempat yang cocok dapat menjadi suatu pengalaman yang menakutkan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr