Bagaimana Memanfaatkan Uang Tunai untuk Berhemat

Menemukan cara untuk membatasi pengeluaran dan melatih disiplin akan memungkinkan kita menabung lebih banyak dan membangun masa depan yang aman dan kokoh.

2,032 views   |   shares
  • Salah satu cara termudah untuk mengendalikan pengeluaran bagi keperluan pribadi adalah dengan memberi diri anda uang saku dalam bentuk uang tunai seperti anak sekolah. Kalau sudah habis ya sudah.

  • Petunjuk di bawah ini akan membantu membuat cara ini efektif untuk mengendalikan pengeluaran.

    1. Rincilah tujuan uang itu, apa saja yang akan dibeli dan apa yang tidak termasuk. Misalnya kita bisa merencanakan uang itu untuk makan di luar, tidak termasuk belanja makanan sehari-hari. Untuk membeli karcis bioskop tapi tidak termasuk bensin mobil. Rundingkan baik-baik dengan pasangan kita berapa jatah yang pantas untuk berdua. Jangan sampai di akhir bulan tak ada uang untuk membayar cicilan rumah dan terjadi perang tanding di rumah karenanya.

    2. Pakailah uang tunai secara terbatas. Jika kita memakainya untuk banyak hal, akan sulit melacaknya. Dengan memakai kartu debit kita dapat melihat pengeluaran kita secara elektronik dan laporannya mutakhir. Jika kita ingin melacak pengeluaran uang tunai kita dompet akan jadi tebal dengan bon.

    3. Tentukan kapan kita hendaknya mengambil uang. Tergantung pada jauh dekatnya lokasi ATM dan apakah tiap kali mengambil uang kita kena biaya, kita harusnya menentukan berapa kali kita perlu mengambil uang saku. Mungkin sekali sebulan pada tanggal yang sama, atau tiap 2 minggu sekali, atau setiap hari Senin. Pokoknya aturlah waktu yang gampang dan cocok buat kita.

    4. Berpeganglah ketat pada ketentuan untuk apa uang saku itu. Bila kita terpaksa memakai uang saku itu untuk hal yang bukan tujuannya, simpanlah bon dan gantilah pengeluaran itu segera.

    5. Jangan lupa menghitung tinggal berapa uang saku kita. Jika kita mengambilnya sebulan sekali tentu kita tidak mau uang itu habis sebelum tanggalnya. Periksa berapa sisanya.

    6. Kalau habis sebelum waktunya jangan mengeluarkan uang lagi. Kalau perlu bawalah makan siang ke tempat kerja sampai akhir bulan. Biarkan diri kita menanggung akibat dari pengeluaran yang kurang terkendali.

    7. Traktirlah diri kita dengan kelebihan yang ada di akhir bulan. Bila kita berhasil mengatur pengeluaran dengan baik, berilah hadiah kepada diri kita, entah itu es krim atau baju baru dari toserba.

  • Menemukan cara untuk membatasi pengeluaran dan melatih disiplin akan memungkinkan kita menabung lebih banyak dan membangun masa depan yang aman dan kokoh.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "How spending cash can save you money" karya Devin Thorpe.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan..

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Bagaimana Memanfaatkan Uang Tunai untuk Berhemat

Menemukan cara untuk membatasi pengeluaran dan melatih disiplin akan memungkinkan kita menabung lebih banyak dan membangun masa depan yang aman dan kokoh.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr