15 Tips untuk Menolong Anda Berhemat

Menerapkan beberapa ide ini secara konsisten, dari waktu ke waktu, akan berdampak besar bagi budget Anda.

72,343 views   |   108 shares
  • Banyak orang memahami gol untuk hidup sesuai dengan batas kemampuan mereka, tidak boros dan rajin menabung. Namun, kebanyakan orang tidak melakukannya. Berikut adalah beberapa tips dasar untuk menolong Anda mulai berhemat:

    1. Tinggallah di lingkungan yang kebanyakan warganya berpenghasilan lebih kecil dari Anda agar Anda tidak terlalu merasa ditekan untuk berbelanja.

    2. Deposito adalah ide bagus agar Anda tidak berpeluang membelanjakan uang yang sudah Anda tabung.

    3. Gunakan sistem gratis untuk melacak pengeluaran Anda dan menolong Anda mengelola gol keuangan Anda.

    4. Berikan diri Anda uang jajan tambahan - tunai. Ketika uang tunai itu habis, berhentilah berbelanja - jangan menggunakan kartu kredit!

    5. Jangan berbelanja ketika uang di budget Anda habis; tingkatkan pengendalian diri Anda.

    6. Rawatlah kendaraan Anda agar dapat tahan lama. Tidak ada yang dapat menghabiskan uang sebanyak membeli kendaraan baru. Atau gunakan kendaraan umum.

    7. Berjalan kakilah jika tempat tujuan Anda dekat.

    8. Kurangi makan di luar.

    9. Belilah stok bahan makanan 1-2 kali dalam sebulan, siapkan makanan jadi dalam porsi besar yang dapat dibekukan dan dipanaskan di kemudian hari. Ini menghemat uang dan waktu Anda.

    10. Carilah hobi yang lebih murah. Berlari lebih murah daripada bersepeda (tidak perlu sepeda, tidak perlu perawatan sepeda). Bermain golf di lapangan kota lebih murah daripada di klub.

    11. Gunakan kupon, perhatikan diskon, dan berbelanjalah dengan cermat dengan membeli barang-barang yang Anda butuhkan.

    12. Jangan membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan yang tidak ada dalam budget Anda meskipun sedang diskon besar-besaran! Tentukan bagi diri Anda sendiri perbedaan antara "kebutuhan" dan "keinginan."

    13. Libatkan seluruh anggota keluarga. Biarkan setiap anggota keluarga Anda mengambil bagian dalam rencana berhemat. Keluarga Anda akan merasakan manfaat dari berhemat, jadi biarkan mereka melakukan pengorbanan yang diperlukan.

    14. Jangan menggunakan kartu kredit atau meminjam uang untuk menutup kekurangan gaji Anda. Berutang hanya akan menjadikan siklus gajian berikutnya lebih sulit.

    15. Carilah barang pengganti di toko kelontong yang dapat menghemat uang Anda setiap bulannya tetapi tidak mempengaruhi kebiasaan Anda. Misalnya, belilah minuman bersoda dalam botol daripada dalam kaleng. Belilah produk bermerek toko daripada bermerek terkenal. Anda tetap membeli barang kebutuhan Anda, namun dengan harga yang lebih murah.

  • Advertisement
  • Menerapkan beberapa ide ini secara konsisten, dari waktu ke waktu, akan berdampak besar bagi budget Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "16 tips to help you spend less than you earn" karya Devin Thorpe.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

15 Tips untuk Menolong Anda Berhemat

Menerapkan beberapa ide ini secara konsisten, dari waktu ke waktu, akan berdampak besar bagi budget Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr