Sepertinya Saya Kecanduan Alkohol: Apa yang Harus Saya Lakukan?

Jika Anda sedang berusaha keras untuk melepaskan diri dari kecanduan alkohol, Anda tidak sendirian. Ada harapan.

3,679 views   |   5 shares
  • Jika Anda menganggap diri Anda seorang pecandu alkohol, atau telah didiagnosis sebagai penderita alkoholisme oleh seorang profesional, kemungkinan Anda mulai mengenali beberapa konsekuensi dari kebiasaan Anda minum-minuman keras. Efek dari penggunaan alkohol dapat merusak hubungan keluarga, memalukan, dan berbahaya bagi kesehatan Anda. Sangatlah menenangkan hati mengetahui bahwa penyakit ini dapat diobati, dan ribuan orang telah pulih dari penyakit ini setiap harinya.

  • Jika Anda benar-benar seorang pecandu alkohol, saat Anda mulai minum alkohol, Anda tidak dapat mengontrol diri Anda seberapa banyak alkohol yang Anda minum, atau saat Anda ingin ingin mencoba untuk berhenti, Anda merasa sulit untuk melakukannya. Kebanyakan para profesional setuju bahwa pemulihan dari alkoholisme hanya dapat dicapai dengan menjauhkan diri dan menahan nafsu untuk minum alkohol sama sekali. Untuk seseorang yang kecanduan alkohol, gagasan untuk tidak pernah minum alkohol lagi terdengar mustahil, bahkan menakutkan karena alkoholisme adalah penyakit yang melibatkan pikiran, tubuh dan jiwa. Menghapus alkohol dari hidup Anda dapat memberi ruang untuk kesempatan bagi hal-hal yang luar biasa, penyembuhan holistik yang dapat memberi ketenangan jiwa yang tidak pernah Anda bayangkan bisa Anda capai.

  • Mengevaluasi kesediaan Anda untuk berhenti

  • Mengevaluasi hubungan Anda dengan alkohol adalah langkah pertama untuk menemukan solusi untuk masalah Anda. Buatlah daftar tentang hal-hal apa saja yang telah terganggu dalam hidup Anda, keluarga Anda, dan gol pribadi Anda dikarenakan kebiasaan Anda minum-minum. Siaplah untuk bersikap jujur untuk mengakui bahwa Anda kurang bisa mengontrol diri dan menyadari konsekuensi yang disebabkan dari kebiasaan Anda minum alkohol. Ketika Anda mengambil pendekatan untuk berpikir terbuka tentang bagaimana alkoholisme telah mempengaruhi hidup Anda dan orang-orang yang Anda cintai, Anda akan mengetahui jika Anda sebenarnya sudah siap untuk memulai pekerjaan yang diperlukan untuk menjadikan alkohol sebagai masa lalu Anda.

  • Cari dukungan

  • Pecandu alkohol tidak bisa pulih dengan sendirinya tanpa bantuan orang lain. Tergantung pada berapa banyak Anda mengkonsumsi alkohol setiap harinya, mungkin Anda akan memerlukan bantuan medis untuk membantu Anda dalam proses detoksifikasi. Gejala pengunduran diri pada awal proses detoksifikasi bisa berbahaya. Berkonsultasilah dengan dokter atau dengan pusat detoksifikasi tentang kebutuhan pribadi Anda.

  • Advertisement
  • Berkomunikasi secara jujur dengan keluarga Anda

  • Meskipun Anda merasa bahwa Anda telah menyembunyikan masalah Anda dengan baik, mereka dapat mencium bahwa sesuatu tidak beres dengan Anda. Mudah-mudahan saja Anda dapat meminta dukungan mereka dalam upaya Anda untuk pulih kembali. Jika tidak, dapatkan bantuan dari beberapa sumber daya di bawah ini. Sering kali keluarga dengan senang hati akan menolong Anda saat mereka melihat usaha Anda yang tulus.

  • Alcoholics Anonymous adalah program dukungan seluruh dunia yang telah membantu ratusan ribu orang pulih dari alkoholisme. Anda dapat berbicara dengan dokter Anda tentang pengobatan yang terbaik bagi Anda baik itu pusat pengobatan rawat inap atau kelompok dukungan. Gereja-gereja setempat biasanya memiliki konselor kecanduan yang tersedia untuk memandu Anda untuk memulai proses pemulihan Anda.

  • Menghubungkan kembali jiwa Anda

  • Pecandu alkohol yang telah merusak diri dalam waktu yang lama dengan minum-minum alkohol sering mempunyai perasaan membenci dirinya sendiri atau merasa bersalah yang dapat memakan jiwanya. Sangatlah penting untuk dipahami bahwa alkoholisme adalah penyakit, dan mulailah mengatakan pada diri Anda sendiri bahwa Anda layak untuk disembuhkan. Memaafkan diri sendiri adalah sebuah proses, seiring dengan jalan menuju ke pemulihan dan manfaat dari pemulihan.

  • Banyak pecandu alkohol mulai menemukan kesejahteraan dan pondasi yang mereka butuhkan dengan berhubungan kembali dengan Tuhan, atau membentuk hubungan baru dengan Pencipta mereka. Untuk para pecandu alkohol, minuman keras telah menjadi sahabat mereka dan solusi untuk semua masalah mereka. Pada hari-hari saat Anda menjauhkan diri dari alokohol, memasrahkan diri kepada sang pencipta yang berkuasa, dapat menjadi penghiburan yang luar biasa, dan awal dari sebuah kehidupan yang baru.

  • Pemulihan dari alkoholisme benar-benar terjadi, bahkan dalam kasus yang sangat parah . Memahami bahwa Anda memiliki tujuan hidup yang telah tertunda oleh penyakit Anda dapat memotivasi Anda untuk pulih kembali. Hidup tanpa alkohol membuka dunia yang penuh dengan kemungkinan dan harapan baru bagi seorang pecandu alkohol. Dengan waktu, bahkan situasi yang paling tragis dapat digunakan untuk kebaikan saat Anda berusaha keras untuk menjadi lebih sehat dan lebih bahagia.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli ā€œI think Iā€™m an alcoholic: What do I do now?ā€ karya Margaret Crowe.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Margaret Crowe is a poet and mother of two from Charlotte, North Carolina. She can be reached at margaretdcrowe@gmail.com.

Sepertinya Saya Kecanduan Alkohol: Apa yang Harus Saya Lakukan?

Jika Anda sedang berusaha keras untuk melepaskan diri dari kecanduan alkohol, Anda tidak sendirian. Ada harapan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr