7 Langkah Pengelolaan Waktu yang Lebih Teratur

Bayangkan sebuah mangkuk besar dipenuhi dengan telur. Dalam pikiran Anda, apakah mangkuk itu terlihat penuh? Tuangkan beberapa cangkir beras ke dalam mangkuk tersebut. Maka beras itu akan mengisi beberapa ruang yang kosong diantara telur.

6,830 views   |   1 shares
  • Bayangkan sebuah mangkuk besar dipenuhi dengan telur. Dalam pikiran Anda, apakah mangkuk itu terlihat penuh? Tuangkan beberapa cangkir beras ke dalam mangkuk tersebut. Maka beras itu akan mengisi beberapa ruang yang kosong di antara telur. Sekarang, tambahkan sedikit gula. Sangat mudah untuk membayangkan ruang kosong dalam mangkuk menjadi penuh dengan cepat.

  • Dalam demonstrasi ini, setiap telur melambangkan tugas yang membutuhkan waktu yang cukup banyak. Beras melambangkan apa yang dapat kita lakukan dengan waktu yang kita miliki, dan gula melambangkan sisa waktu yang kita miliki. Kita dapat memanfaatkan sisa waktu yang sedikit untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan, seperti merapihkan laci lemari yang berantakan.

  • Kita semua sering mengalami kesedihan atau menjadi panik pada waktu malam hari. Kita bertanya-tanya bagaimana waktu dapat berlalu dengan cepat dan mengapa kita belum dapat menyelesaikan semua pekerjaan hari ini. Seperti kegiatan waktu makan yang kelihatannya adalah waktu yang tidak dapat terlewatkan. Menghabiskan waktu pada jaringan media sosial, tayangan televisi, permainan dan berbelanja dapat membuat kita merasa lebih santai, terhibur dan terlepas dari kepenatan. Saya menyukai tayangan televisi tertentu sama seperti wanita lain pada umumnya, namun mari kita perhatikan kenyataannya bahwa semua kegiatan itu baik apabila dapat dilakukan dalam batas waktu tertentu, namun jika kita menyita waktu kita hanya untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut maka kita berarti menghambur-hamburkan waktu yang kita miliki.

  • Bagaimana kita dapat melakukan dan menyelesaikan pekerjaan yang banyak setiap harinya? Ketika kehidupan kita menjadi sangat sibuk, perumpamaan beras dan gula di atas dapat membantu kita menerapkan beberapa siasat berikut ini :

  • 1. Membuat daftar tugas

  • Kedengarannya sederhana, dan beberapa dari kita telah menerapkan hal ini. Rasa senang yang diperoleh dengan menandai tugas yang telah selesai adalah sebuah motivasi yang besar. Membuat daftar tugas menjaga Anda tetap berada pada jalur dan membebaskan pikiran Anda dari obsesi pada hal-hal kecil.

  • 2. Persiapkan di malam hari

  • Membuat bekal untuk sekolah dan bekal untuk makan siang di kantor serta menyiapkan seragam atau pakaian di malam hari dapat menghemat waktu yang berharga di pagi hari. Lebih baik untuk memulai hari dengan merasakan segala sesuatunya lebih teratur.

  • 3. Masak makanan lebih di malam hari

  • Simpanlah sisa makanan semalam di dalam lemari es atau dibekukan untuk dapat dimakan kembali. Atau, masak dan potong beberapa daging ayam untuk dipergunakan selama seminggu dalam menu berbeda. Anda akan merasa senang dengan menghemat waktu pada hari-hari kerja yang sibuk di malam hari.

  • Advertisement
  • 4. Mengerjakan tugas di waktu bersamaan

  • Merencanakan untuk pergi ke kantor pos ketika Anda ingin pergi ke supermarket terdekat. Perjalanan menuju toko yang berdekatan dapat menghemat bahan bakar kendaraan, dan waktu Anda. Anda juga dapat meletakkan daftar belanjaan yang harus dibeli pada pintu lemari es. Dengan begitu Anda dapat mengambil dengan cepat sambil berjalan ke luar.

  • 5. Menonton televisi sambil menyelesaikan pekerjaan

  • Menonton televisi adalah pekerjaan yang sia-sia, benarkah? Mengapa tidak mencoba untuk merajut, melipat atau menjahit pakaian sambil menyaksikan tayangan kesukaan Anda? Kecuali Anda merasa terlalu lelah dan sudah merasa nyaman untuk bergerak lebih banyak dengan remote TV di tangan Anda, pergunakan waktu ini untuk melakukan hobi Anda atau sesuatu yang dapat menghasilkan.

  • 6. Kurangi kegiatan

  • Begitu banyak keluarga berpikir bahwa mereka perlu untuk membuat daftar kegiatan setiap saat. Jika Anda adalah orang tua, pertimbangkan untuk mengurangi satu atau beberapa kegiatan yang tidak begitu penting. Apakah benar kegiatan-kegiatan ini memberi manfaat yang terbaik untuk anak-anak Anda ketika mereka harus mengikuti 4 kegiatan tambahan yang berbeda dengan waktu yang hampir bersamaan? Bagaimana dengan semua pelajaran sekolah, olahraga, dan kegiatan lainnya dapat mempengaruhi kehidupan keluarga dan nilai anak Anda di sekolah?

  • 7. Luangkan waktu untuk diri Anda sendiri

  • Ketika Anda membuat rencana untuk hari yang akan Anda lalui, usahakan untuk menyisipkan sedikit waktu untuk diri Anda sendiri nikmati dan untuk memotivasi diri Anda. Sebagai contoh, manfaatkan waktu Anda untuk melakukan tugas dan pekerjaan Anda sepanjang pagi hingga sore, lalu sisihkan satu jam saja untuk menikmati membaca buku, membersihkan diri, memakan makanan kesukaan Anda, atau untuk sekedar menonton tayangan favorit Anda. Apa pun dan kapanpun waktu luang yang akan Anda nikmati, hal ini akan menjadi penyemangat Anda untuk dapat melalui hari Anda dengan lebih baik.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "Oops, outta time! 7 ways to master daily time management" karya Megan Gladwell.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Megan Gladwell is an Indiana native and mother of four. She blogs at bookclub41.blogspot.com.

7 Langkah Pengelolaan Waktu yang Lebih Teratur

Bayangkan sebuah mangkuk besar dipenuhi dengan telur. Dalam pikiran Anda, apakah mangkuk itu terlihat penuh? Tuangkan beberapa cangkir beras ke dalam mangkuk tersebut. Maka beras itu akan mengisi beberapa ruang yang kosong diantara telur.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr