Beberapa Langkah Sederhana Menabung untuk Pensiun

Kebanyakan orang tidak tahu bagaimana caranya mulai menabung untuk hari tua mereka. Tetapi seperti dikatakan pepatah, "Kalau Anda gagal untuk merencanakan, Anda merencanakan untuk gagal."

4,784 views   |   4 shares
  • Kebanyakan orang tidak tahu bagaimana caranya mulai menabung untuk hari tua mereka. Tetapi seperti dikatakan pepatah, "Kalau Anda gagal untuk merencanakan, Anda merencanakan untuk gagal." Jangan sampai Anda harus menanggung penderitaan akibat tidak siap menabung untuk pensiun. Ada terlalu banyak pria dan wanita yang tidak mempunyai uang untuk membayar perumahan, makanan dan biaya medis yang makin mahal. Dengan mengikuti beberapa langkah sederhana ini Anda dapat mengembangkan rencana menuju hari tua yang bebas dari masalah keuangan.

  • Langkah 1: Mulailah dengan dana darurat

  • Banyak pakar keuangan mengajarkan untuk menyimpan sebanyak enam bulan sampai setahun gaji guna keperluan mendadak. Namun jumlah ini tidak masuk akal bagi kebanyakan orang. Bila Anda tidak punya hutang Anda seharusnya menyimpan antara sepuluh sampai dua puluh juta untuk keperluan darurat. Uang ini harus disimpan di akun yang berbeda, tidak bersama akun utama Anda, supaya tidak terpakai. Uang ini juga dipakai HANYA untuk keperluan darurat, bukan untuk keperluan sehari-hari, kesempatan istimewa atau hari raya.

  • Langkah 2: Lunasi hutang-hutang Anda

  • Penting untuk melunasi hutang-hutang Anda sebelum Anda mulai menanam modal. (Kecuali tabungan ASTEK yang mendapat tambahan setara dari perusahaan tempat Anda bekerja.) Lebih masuk akal untuk melunasi hutang Anda lebih dulu. Salah satu alasannya ialah bunga dari hutang lebih besar dari bunga tabungan. Menurut bankrate.com bunga dari kartu kredit rata-rata lebih tinggi dari 14,5 persen, yang berarti lebih tinggi dari bunga rata-rata penanaman modal. Pelajari berapa bunga yang Anda harus bayar untuk kartu-kartu kredit Anda, dan berapa bunga yang Anda dapat bila Anda menanam modal. Bila bunga kartu-kartu kredit lebih tinggi, lunasilah dulu hutang Anda.

  • Langkah 3: Pakailah uang tunai

  • Banyak orang membiayai hidupnya dengan kartu kredit. Ini merupakan kesalahan yang sangat besar dan sangat mahal. Membeli sesuatu secara kredit dapat menjadikan harganya dua kali lipat, tergantung dari berapa banyak bunga yang harus Anda bayar. Bila Anda tidak dapat membayar tunai sesuatu yang tidak begitu penting, janganlah membelinya.

  • Langkah 4: Carilah informasi

  • Merupakan tanggung jawab Anda untuk memahami resiko dan manfaat yang berkaitan dengan membeli saham. Berusahalah keras untuk memperoleh informasi. Anda dapat membaca buku, mengikuti kursus dan menyelidiki lewat internet. Danareksa merupakan salah satu situs yang penuh dengan keterangan dan berita keuangan mengenai berbagai ragam pilihan untuk menanam modal. Dan jangan takut untuk minta nasihat dari petugas keuangan di bank. Tanamlah saham sesuai dengan kebutuhan Anda dan carilah perusahaan yang memiliki latar belakang yang kuat dengan pengalaman yang tangguh.

  • Advertisement
  • Langkah 5: Tanamlah modal bagi masa depan Anda

  • Ada banyak pilihan untuk menanam modal, tergantung pada tujuan keuangan Anda, dan keadaan ekonomi sekarang ini. Langkah-langkah berikut ini memberi dasar yang kuat bagi siapa pun yang merencanakan pensiun.

  • Dengan berpartisipasi dalam ASTEK Anda mendapat uang gratis karena perusahaan tempat Anda bekerja menambahkan jumlah setara dengan yang Anda tabung setiap bulan.

  • Perhatikan saham Anda secara konsisten. Ini sangat penting. Jangan hanya membaca tetapi Anda harus memahami rekening koran Anda. Ini memungkinkan Anda membuat perubahan supaya Anda mendapat bunga maksimum.

  • Simpanlah saham Anda dalam jangka panjang. Menabung untuk pensiun adalah penanaman modal untuk waktu yang lama (lebih dari sepuluh tahun). Jika Anda menanam modal secara konsisten uang Anda akan berkembang sampai Anda mencapai tujuan Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "Saving for retirement: Simple steps to follow" karya Charles Machinski.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Charles Machinski is the founder of The Coaching Box, LLC. He is also a published author, distinguished speaker and self development expert. For info regarding his workshops, seminars and keynote topics, he can be contacted at Charlie@thecoachingbox.

Beberapa Langkah Sederhana Menabung untuk Pensiun

Kebanyakan orang tidak tahu bagaimana caranya mulai menabung untuk hari tua mereka. Tetapi seperti dikatakan pepatah, "Kalau Anda gagal untuk merencanakan, Anda merencanakan untuk gagal."
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr