Apakah Anda Pendengar yang Baik?

Anak-anak atau teman hidup Anda sering bercerita tentang pengalaman mereka hari itu, namun karena kesibukan Anda, cerita itu Anda dengar dengan telinga kiri dan keluar dari telinga kanan.

1,261 views   |   shares
  • Anak-anak atau teman hidup Anda sering bercerita tentang pengalaman mereka hari itu, namun karena kesibukan Anda, cerita itu Anda dengar dengan telinga kiri dan keluar dari telinga kanan. Penting untuk menjadi pendengar yang baik karena hal itu dapat memperkuat hubungan kekeluargaan Anda, menjauhkan anak-anak dari masalah, dan membantu teman hidup Anda mengatasi persoalannya. Di bawah ini ada beberapa hal yang dapat menolong Anda menjadi pendengar yang baik.

  • Hentikan kesibukan

  • Bila anak atau teman hidup Anda bercerita tentang sesuatu yang kedengarannya serius dan penting, segera hentikanlah kesibukan Anda. Pusatkan perhatian Anda kepada apa yang sedang dikatakan anggota keluarga Anda. Semua dapat ditunda, matikan kompor kalau Anda sedang memasak, berpalinglah dari komputer kalau Anda sedang mengetik, matikan TV supaya tidak mengganggu percakapan, dst. Anggota keluarga Anda lebih penting dari semua itu. Siapa tahu apa yang dikatakan anak Anda menentukan mati hidupnya seseorang. Misalnya saja anak Anda mengadu tentang teman sekolahnya yang sedang mengalami gertakan, campur tangan Anda dapat menentukan masa depan anak itu.

  • Ajukan pertanyaan

  • Menjadi pendengar yang baik mencakup mengajukan pertanyaan. Itu menunjukkan bahwa Anda ingin memahami dengan benar apa yang sedang diceritakan kepada Anda. Juga pertanyaan Anda dapat menolong memberikan pemecahan. Misalnya suami Anda bercerita tentang kesibukan di kantornya yang membuat dia tertekan. Anda dapat menanyakan apakah ada teman sekerjanya yang dapat membantu meringankan tugasnya. Atau tanyakan apakah atasannya dapat dimintai pendapat untuk memecahkan persoalan ini.

  • Memusatkan perhatian

  • Kadang-kadang untuk menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dengan baik, Anda perlu berdiam diri dan memusatkan perhatian kepada apa yang sedang diucapkan. Kita menunggu sampai lawan bicara kita bertanya, barulah Anda berusaha memberikan jawaban yang terbaik. Pada waktu Anda memusatkan perhatian, perhatikan juga bahasa tubuh anggota keluarga Anda. Kadang-kadang ada sesuatu yang sulit diucapkan dan Anda perlu memberinya dorongan.

  • Jangan menyela

  • Tidak ada orang yang suka disela bila sedang berbicara. Tunjukkan kesabaran Anda, dengarkan sampai dia selesai menguraikan segalanya. Hal ini penting untuk menunjukkan bahwa Anda serius mendengarkan ucapannya.

  • Berikan kepercayaan

  • Anak Anda terutama perlu tahu bahwa Anda dapat dipercaya, bahwa Anda berada di pihaknya. Mungkin dia merasa takut untuk bercerita kepada ayahnya, karena itu dia memilih Anda untuk mendengarkan curahan hatinya. Dalam hal ini, jangan pernah berkata "Tunggu sampai ayahmu mendengar hal ini." Karena dengan berkata demikian Anda "mengkhianati" kepercayaan yang dia berikan kepada Anda. Sebaiknya Anda menunggu sampai dia selesai bercerita dan berikan nasihat yang membesarkan hatinya, juga pengertian bahwa ayahnya mungkin bisa menolong dia dan bukan menghukum dia.

  • Advertisement
  • Jangan bercanda

  • Tidak ada yang lebih buruk selain dari bercanda ketika anak atau teman hidup Anda bercerita dengan serius. Seakan-akan Anda mengatakan bahwa apa yang diucapkannya itu tidaklah penting dan itu akan membuatnya marah. Bercanda dapat mengurangi ketegangan, tetapi ada waktunya. Hendaknya Anda cukup peka untuk menentukan apakah masalah yang sedang dibicarakan sangat serius atau sesuatu yang ringan-ringan saja.

  • Sesudah mengkaji semua saran di atas Anda dapat memutuskan sendiri apakah Anda pendengar yang baik dalam keluarga Anda. Saya sendiri kadang-kadang merasa bersalah karena kurang menanggapi apa yang dikatakan anak-anak saya. Setiap hari kita perlu berusaha menjadi lebih baik dari hari kemarin, demikian juga dalam menjadi pendengar yang baik.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Apakah Anda Pendengar yang Baik?

Anak-anak atau teman hidup Anda sering bercerita tentang pengalaman mereka hari itu, namun karena kesibukan Anda, cerita itu Anda dengar dengan telinga kiri dan keluar dari telinga kanan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr