Aturan dan Batasan: Kebenaran Sederhana sebagai Batasan yang Efektif bagi Anak-Anak

Setiap hari orang tua harus mengambil keputusan berkenaan dengan aturan dan batasan.

1,913 views   |   0 shares
  • Setiap hari orang tua harus mengambil keputusan berkenaan dengan aturan dan batasan. Kedua hal ini merupakan konsep yang penting untuk dipahami oleh orang tua yang mempunyai anak-anak kecil. Pertanyaannya adalah, “seberapa banyak?" saat kita melihat anak-anak yang membangkang karena didera terus oleh ketatnya aturan orang tua? Sebaliknya, sikap yang terlalu lunak cenderung mendatangkan hasil yang sama. Orang tua yang memberikan kebebasan tanpa batas kepada anak-anak mereka, akan berurusan dengan anak-anak yang liar baik di tempat-tempat umum mau pun di rumah. Jika dibiarkan untuk jangka waktu yang lama, anak-anak mungkin akan menampakkan perilaku yang semau-maunya serta sembrono bahkan hingga dewasa.

  • Lalu, apa yang dimaksud dengan aturan dan batasan? Aturan adalah pernyataan yang bertujuan mengendalikan untuk suatu aspek perilaku, biasanya disertai dengan konsekuensi. Misalnya, Timmy harus gosok gigi setiap malam, kalau tidak dia tidak berhak menikmati waktu bercerita kesukaannya bersama ayah. Aturan memberikan lingkup atau batasan antara perilaku yang pantas dan yang tidak pantas.

  • Jadi bagaimana orang tua dapat menetapkan batasan atas perilaku anak secara efektif tanpa terlalu mengekang dan mengontrol secara berlebihan?Jim Fay dan Foster Cline 9 (2006), dalam buku mereka telah menyarankan C dari Cinta sebagai panduan bagi para orang tua dalam menetapkan batas. Pemahaman akan konsep ini membantu orang tua mengembangkan pola yang sehat untuk menetapkan batasan serta menghindari pergumulan kekuatan kendali dengan anak-anak mereka.

  • C dari Cinta

  • menyarankan bahwa ruang pilihan (aturan atau batasan) seorang anak kecil hendaknya lebih sempit dan semakin tidak mengekang sesudah dia dewasa. Sering kali orang tua justru melakukan hal yang sebaliknya. Mereka menetapkan sedikit batasan pada perilaku anak mereka saat mereka masih kecil dan seiring meningkatnya sifat tidak bertanggung jawab anak, mereka memperketat kendali saat menuju masa dewasa. Akan tetapi pola ini bertentangan dengan sifat alami manusia. Anak-anak pasti akan menentang pola pengasuhan orang tua seperti ini.

  • Sewaktu anak-anak memperlihatkan kemampuan mereka untuk mengikuti aturan saat mereka masih kecil, para orang tua dapat memperkuat hubungan rasa percaya mereka dengan memberikan lebih banyak pilihan dan kebebasan. Semakin kita dewasa kita makin berpengalaman dan ingin menjelajahi dunia lebih luas, namun jika orang tua menetapkan lebih banyak aturan dan batasan, maka timbullah pergumulan kekuatan kendali. Ini berlaku dalam hal pengasuhan anak serta dalam kondisi manusia. Manusia menginginkan kebebasan yang lebih besar—-bukan perbudakan.

  • Advertisement
  • Tetapi bagaimana jika anak saya sering kali tidak patuh? Carilah cara untuk mencabut hak yang setara dengan kesalahannya. Jika seorang anak pulang lebih lama dari yang Anda izinkan, coba untuk mencabut haknya untuk pergi selama satu hari—bukan selama musim panas atau seumur hidup mereka. Dengan cara ini hukuman masih dapat diterapkan tanpa kehilangan kebebasan secara menyeluruh serta hilangnya kepercayaan.

  • Aturan dan batasan lebih dari sekadar penting bagi pengasuhan anak. Aturan dan batasan adalah bersifat mendasar. Hal itu mencegah anak-anak kita agar tidak tertabrak di jalan raya dan berbohong kepada gurunya. Suatu masyarakat dapat berfungsi karena ada aturan dan agar menjadi produktif, anak-anak sebagai anggota masyarakat membutuhkan kasih sayang dan batasan dari kita.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Rules and boundaries A simple truth for effective limits with children” karya Clayton Spencer.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Clayton Spencer graduated from Weber State University with a major in Family Studies and minor in Psychology. He enjoys studying about healthy family patterns and talking about the challenges of family life and hopes to continue this passion into graduate school. On the personal side of life, he is an avid outdoor enthusiast. It is not uncommon to see him on the trails hiking, mountain biking, rock climbing, or some other activity throughout the week.

Aturan dan Batasan: Kebenaran Sederhana sebagai Batasan yang Efektif bagi Anak-Anak

Setiap hari orang tua harus mengambil keputusan berkenaan dengan aturan dan batasan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr