Menunjukkan Kasih Sayang

Menunjukkan kasih sayang mengajarkan kita cara memahami orang lain secara aktif sehingga kita dapat terhubung dengan satu sama lain.

4,157 views   |   2 shares
  • Kasih sayang adalah kemampuan untuk memahami orang lain. Itu mencakup, setidaknya untuk sementara, melepaskan diri dari perspektif Anda sendiri, sehingga Anda dapat melihat hal-hal dari perspektif luar, baik itu dari orang lain, hewan, maupun dari sesuatu yang dianggap mati – seperti Bumi. Kasih sayang adalah pengakuan tentang segala sesuatu di luar diri sendiri. Kita harus mengakui itu ada, dan menerimanya apa adanya. Bahkan jika kita tidak setuju dengannya.

  • Elemen perilaku penuh kasih sayang mencakup:

  • Menyimak

  • Menyimak adalah lebih dari memperbolehkan seseorang untuk berbicara dengan Anda. Itu adalah lebih dari sekadar mendengarkan. Menyimak adalah menjadi tenang, diam, dan sepenuhnya berada di masa kini. Bahkan jika itu tidak nyaman bagi Anda. Atau jika Anda dengan cepat mengenali isu yang dapat diatasi dengan mudah, berusahalah untuk menahan diri dari menyela percakapan hingga mereka selesai bercerita kepada Anda. Untuk saat ini, duduk dan simaklah.

  • Penuh pertimbangan

  • Penuh pertimbangan datang dalam berbagai bentuk. Kita dapat memahami pengalaman orang lain. Jika tidak, terkadang kita dapat dengan wajar menebak tanggapan seseorang terhadap kita atau situasi tertentu. Jika demikian, berusahalah untuk menyesuaikan interaksi Anda ke apa yang akan menimbulkan reaksi yang paling produktif; baik secara emosi maupun secara jasmani. Anda tidak harus membelokkan kebenaran, hanya perhatikan apa yang Anda katakan dan lakukan, dan bagaimana Anda melakukannya.

  • Kesadaran

  • Orang-orang yang penuh kasih mengenali sinyal dari orang lain; baik verbal maupun non-verbal, baik positif maupun negatif. Sadari ketika seseorang terlihat menjauh atau menjadi marah. Sesuaikan sikap Anda ke apa yang akan paling menguntungkan Anda berdua. Tetapi relakan apakah mereka akan memilih untuk tetap terlibat secara sehat dengan Anda atau tidak. Anda hanya dapat mengubah diri Anda sendiri, bukan orang lain.

  • Kepedulian

  • Kepedulian adalah minat yang tulus pada kesehatan dan kesejahteraan orang lain, dan kemungkinan kontribusi Anda untuk hal itu. Kepedulian tidak harus berarti kekhawatiran. Untuk benar-benar peduli agar orang lain menjadi dan mendapatkan yang terbaik dari kehidupan, khususnya jika Anda berdua sedang berselisih, adalah komponen kasih sayang yang sangat kuat dan terkadang sulit diperoleh. Kasih sayang juga berarti melembutkan hati bagi mereka yang telah menyakiti Anda.

  • Advertisement
  • Validasi

  • Bagaimana orang lain menafsirkan situasi mereka adalah valid. Tetapi mungkin tidak bermanfaat. Untuk menunjukkan kasih sayang kepada orang lain, validasikan pemikiran, kepercayaan, nilai-nilai, dan terutama emosi mereka dengan memberitahu mereka bahwa ini adalah wajar untuk dialami. Tetapi ingatkan mereka untuk berfokus pada nilai-nilai, kepercayaan, pemikiran dan emosi yang paling bermanfaat – yang meningkatkan kehidupan, pandangan, dan keadaan mereka, atau setidaknya perasaan mereka tentang hal-hal ini.

  • Bimbingan

  • Bimbingan menawarkan perspektif yang akan membantu mereka memiliki kehidupan atau pengalaman yang lebih baik. Bimbingan tidak harus menuntun atau mendorong mereka menjadi apa yang Anda pikir terbaik bagi mereka. Meskipun Anda punya ide-ide ini, dan ini mungkin niat Anda; tawarkan ide-ide Anda, tapi jangan memaksakan kehendak Anda.

  • Kasih sayang adalah keterampilan yang dapat kita semua praktikkan. Tetapi itu tidak berarti menjadi bunglon dan tidak menunjukkan diri Anda yang sebenarnya kepada siapa pun. Jujurlah pada diri sendiri dan apa yang menjadikan kepribadian Anda unik. Tetapi perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Dan ketahuilah, terlepas dari bagaimana Anda mengasihi orang lain, itu mungkin tidak berbalas. Dan upaya terbaik Anda mungkin tidak diperhatikan. Jangan biarkan ini menghentikan Anda. Kasihilah diri Anda sendiri sebagaimana Anda mengasihi orang lain dan Anda akan mulai menarik lebih banyak orang seperti Anda ke dalam kehidupan Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "Showing compassion" karya Georgia Lee.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Georgia D. Lee is a graduate of the University of Miami School of Business and founder of www.Spiritual-Life-Skills.com, a multimedia self-help, self-actualization, spiritual education and personal empowerment system.

Menunjukkan Kasih Sayang

Menunjukkan kasih sayang mengajarkan kita cara memahami orang lain secara aktif sehingga kita dapat terhubung dengan satu sama lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr