5 Cara Tetap Berhubungan di Zaman Digital yang Penuh Gangguan

Jangan biarkan teknologi mengendalikan Anda. Andalah yang harus memegang kendali kehidupan Anda. Dunia telah diserang oleh tehnologi digital, tetapi bukan berarti kita dapat bergantung kepada tehnologi saja untuk membuat hubungan kita lebih baik.

2,479 views   |   shares
  • Jauh berbedanya zaman Timothy Leary dengan peribahasanya “nyalakan, dengarkan, matikan” adalah budaya kawula muda yang tidak pernah ‘matikan’, tetapi lebih banyak log masuk daripada sebelumnya. Ironinya, anak-anak dari zaman 60-an adalah pencipta tren global tersebut. Sementara Steve Job telah wafat pada 2011, dampaknya bergulir terus tak tertandingi dan berada di mana-mana. Dari ciptaan digital terkemuka yang dibuat di Apple, disertai dengan ledakan internet dan tehnologi digital lainnya, dunia telah berobah dan kita “terkoneksi” tidak seperti di zaman mana pun dalam sejarah. Tetapi, apakah kita lebih maju dalam hubungan kita?

  • Ledakan revolusi digital saja telah membuat penulis Thomas Friedman seperti Nostradamus ketika dia meramalkan bahwa dunia akan semakin “datar”.

  • Tidak saja dunia semakin “datar”, tetapi juga semakin “hiper koneksi”. Kita tidak dapat pergi ke manapun tanpa perangkat digital, apakah itu telepon pintar, komputer, atau perangkat digital lainnya. Pada hakikatnya nampaknya kita selalu siap untuk terkoneksi, berhubungan lewat kamera web, surat elektronik, SMS atau kecanduan bermain permainan digital. Namun demikian, sementara kecepatan dan kemampuan menjangkau dan terkoneksi kita dalam komunitas terus meningkat dengan kecepatan yang mengagumkan, “kualitas” saling berhubungan kita makin berkurang.

  • Dr. Edward Hallowell, mantan dosen Harvard dan penulis buku “Crazy Busy”, menyimpulkan, “Apa yang sedang kita saksikan, belum pernah terjadi dalam sejarah umat manusia sebelumnya. Itu sekadar ketersediaan perangkat dan komunikasi elektronik magnetisme yang luar biasa … untuk sementara dapat terasa bahwa tehnologi kita telah mengatur kita dan bukan sebaliknya.” Daripada terdengar seperti Luddite, dan disebabkan oleh bukti-bukti yang makin banyak, mungkin kita perlu melihat lebih dalam kepada dampak sepenuhnya keadaan selalu terkoneksi kita.

  • Bagaimana kita masih dapat tetap berhubungan di zaman hiper koneksi dan gangguan digital? Berikut adalah 5 cara praktis yang dapat kita lakukan:

  • Lakukan tatap mata

  • Lain kali ketika Anda sedang berbicara dengan teman, pasangan, atau rekan kerja Anda, perhatikanlah apakah Anda selalu menatap langsung ke mata mereka, atau melihat ke telepon pintar Anda sambil pura-pura mendengarkan? Perhatikanlah bahwa bertatap mata akan memperbaiki percakapan Anda.

  • Taruhlah, tinggalkanlah

  • Secara fisik letakkan telepon pintar, komputer, IPad atau perangkat digital Anda lainnya, simpanlah, dan tinggalkanlah secara pisik paling sedikit 3 kali sehari.

  • Advertisement
  • Pilihlah waktu untuk mematikan perangkat

  • Pasanglah alarm pada waktu tertentu setiap hari yang menandakan untuk mematikan perangkat Anda dan menjauh dari dunia digital. Ini berarti Anda tidak lagi terkait dengan perangkat digital pada sisa hari atau malam itu.

  • Meminta bantuan

  • Mintalah pasangan, teman atau teman sekamar Anda untuk mengingatkan Anda melepaskan keterkaitan Anda dengan dunia digital.

  • Mulailah dengan Facebook

  • Facebook memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif. Ini berarti satu dalam setiap 9 orang di dunia sedang menggunakan Facebook. Rata-rata pengguna Facebook menggunakan 15 jam 33 menit sebulan di situs tersebut. Jika Anda mengurangi 10 persen saja waktu Anda bulan ini, Anda telah menciptakan lebih dari 1.5 jam untuk persahabatan bertatap muka langsung.

  • Daripada membiarkan dunia digital mengendalikan Anda, ambillah kembali kendali berhubungan Anda dengan cara benar-benar bergaul tanpa gangguan, berhubungan secara non digital dengan keluarga dan teman. Kalau sudah sampai pada hubungan Anda, mungkin sudah saatnya untuk mendengarkan dan log out.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Effian Kadarusman dari artikel asli "5 ways to stay connected in our digitally distracted age" karya Rob Harter.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Rob Harter has both a Bachelor's and Master's Degree and is currently pursuing his doctorate. Rob serves as the Executive Director of the Christian Center of Park City, a non-profit organization. He lives in Park City. Contact Rob at rob@ccofpc.org

5 Cara Tetap Berhubungan di Zaman Digital yang Penuh Gangguan

Jangan biarkan teknologi mengendalikan Anda. Andalah yang harus memegang kendali kehidupan Anda. Dunia telah diserang oleh tehnologi digital, tetapi bukan berarti kita dapat bergantung kepada tehnologi saja untuk membuat hubungan kita lebih baik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr