3 Cara Membantu Anak yang Tidak Punya Teman

Membuat dan menjaga pertemanan dapat sulit di usia berapa pun. Bagi kebanyakan orang, itu lebih sulit saat melihat anak Anda yang kesulitan berteman dibanding Anda sendiri yang kesulitan berteman.

3,738 views   |   1 shares
  • Ajarkan keterampilan berteman

  • Sebelum memiliki teman Anda harus pertama-tama mengetahui cara menjadi teman yang baik. Keterampilan berteman seperti berbagi, mendengarkan, dan bersedia untuk saling berganti adalah keterampilan penting yang anak Anda perlu untuk miliki agar menjadi teman yang seperti juga untuk memiliki teman yang baik. Mulailah dengan mengajar anak Anda cara berkomunikasi dengan anak lain. Cara mereka hendaknya saling mendengarkan dan berbagi dengan pantas. Karunia berkomunikasi ini dapat mencakup cara mendekati orang baru, memperkenalkan diri, dan cara menemukan jika mereka memiliki ketertarikan yang sama. Untuk menjadi teman yang baik, adalah penting untuk belajar berbagi dan bergantian saat bermain. Ketika anak kecil bermain, Anda sering melihat mereka bermain saling bersebelahan tanpa interaksi. Ketika anak semakin dewasa, adalah penting untuk mengajar mereka cara bermain dan berinteraksi dengan anak lain. Bagian yang paling penting dari permainan ini adalah belajar cara berbagi mainan, bergantian dalam permainan, dan bekerja sama dalam mencapai tujuan.

  • Ciptakan lingkungan bermain yang ramah bagi anak Anda

  • Ketika anak-anak masih kecil, orang tua biasanya mengatur semacam permainan kencan. Permainan ini terus berlanjut selama bertahun-tahun bahkan jika itu bukan lagi disebut permainan kencan. Menciptakan lingkungan yang positif bagi anak Anda dan seorang teman lain untuk bermain dan bermain bersama sangat penting. Ini juga akan membiarkan anak Anda untuk merasa nyaman sambil mengundang orang lain yang baru di ruang mereka. Kesempatan pertemanan dan bermain dapat juga mejadi kesempatan mendidik dan melakukan pekerjaan rumah. Mengizinkan anak Anda untuk memiliki tempat di mana mereka tahu bahwa mereka dapat membawa teman baru adalah penting untuk membangun hubungan pertemanan.

  • Imbaulah anak Anda untuk bergabung dengan tim, kelompok, dan kegiatan ekstrakulikuler

  • Imbaulah anak Anda untuk bergabung dengan kelompok baru. Ini akan memberi mereka kesempatan untuk bertemu orang baru yang beragam dari latar belakang yang berbeda. Anak-anak lain ini juga akan memiliki ide dan pengalaman yang berbeda yang mana akan memberikan manfaat bagi anak Anda. Izinkan anak Anda untuk bertemu sebanyak mungkin anak baru di dalam pengalaman yang berbeda. Ini akan memberikan kepada mereka kesempatan terbaik untuk bertemu dan berteman. Tidak saja melakukan kegiatan ekstra akan menemukan teman baru, itu juga akan memberikan anak Anda pengalaman baru, belajar keterampilan baru, dan meningkatkan kemampuan mereka.

  • Advertisement
  • Entah itu anak Anda yang cemas karena bertemu teman baru atau ingin lebih banyak teman, imbauan Anda dapat bermanfaat bagi mereka dalam menjadi teman baik dan membuat teman baru. Jika Anda teladan yang baik mengenai cara membuat dan menjaga pertemanan, maka anak Anda juga akan melakukan yang sama. Hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa setelah memiliki teman, diperlukan upaya untuk menjaga teman tersebut. Jika Anda mengajar anak Anda keterampilan untuk menjadi teman, bahkan dengan hanya satu teman, dia akan memiliki hubungan pertemanan yang baik.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "3 ways to help a friendless child" karya Lynn Scoresby.

Bantu kami menyebarkan

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

3 Cara Membantu Anak yang Tidak Punya Teman

Membuat dan menjaga pertemanan dapat sulit di usia berapa pun. Bagi kebanyakan orang, itu lebih sulit saat melihat anak Anda yang kesulitan berteman dibanding Anda sendiri yang kesulitan berteman.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr