Cara Memilih Pengacara Perceraian

Pengacara seringkali merasa emosional dan bingung ketika menangani perceraian sama seperti kebanyakan dari kita. Namun mengikuti nasihat bijak dan menemukan penasihat yang sepaham dengan kita dapat memberikan hasil terbaik.

2,364 views   |   shares
  • Ketika saya mencari seorang pengacara perceraian, saya sudah berada di bagian akhir perceraian. Singkatnya, itu bukanlah pencarian yang santai dan bijaksana, melainkan pencarian yang tergesa-gesa.

  • Dari kantor di halaman belakang rumah saya – satu-satunya tempat saya dapat berbicara tanpa didengar orang lain – saya dengan putus asa memilih seorang pengacara yang menyelamatkan saya dari serangan taktik brutal suami saya untuk menjebak saya. Tidak hanya pengacara ini mampu membalikkan serangan, dia mampu merundingkan hasil yang adil dalam jangka waktu dua setengah bulan. Setelah mendengar lusinan kisah mengerikan dari orang-orang yang menjadi korban dan tidak dapat pulih, saya mulai melihat Bruce sebagai mukjizat hukum.

  • Berligitasi atau berkolaborasi

  • Ada dua pendekatan perceraian modern: litigasi dan negosiasi. Pendekatan litigasi yang keras menghasilkan seorang pemenang dan seorang pecundang, sementara metode negosiasi atau kolaborasi menghasilkan dua pemenang.

  • Namun, Bruce tampaknya berada di antara keduanya. Dia berupaya untuk menengahi, tetapi kekuatan yang melawan kami sangat tangguh. Dia tahu cara meningkatkan upayanya, mengalahkan pengacara suami saya dan menghentikan serangan-serangannya.

  • Jadi, saya menghubungi sumber pengacara perceraian saya, Randall M. Kessler, Kepala Bagian Hukum Keluarga 2011-2012 dari American Bar Association dan pendiri Kessler & Solomiany of Atlanta. Saya bertanya kepadanya apa yang pengacara lakukan ketika mereka menangani perceraian. Pasti ada trik di dalamnya agar saya dapat membantu orang lain menemukan nasihat ahli tanpa harus mengandalkan keberuntungan.

  • Sayangnya, Kessler berkata bahwa pengacara seringkali merasa emosional dan bingung ketika menangani perceraian sama seperti kebanyakan dari kita. Namun mengikuti nasihat bijak dan menemukan penasihat yang sepaham dengan kita dapat memberikan hasil terbaik.

  • Hindari pengadilan

  • Gol pertama Anda adalah untuk menghindari pengadilan. Anda tidak ingin seorang penasihat yang takut untuk berlitigasi, tetapi, “sangat sedikit orang yang suka pergi ke pengadilan,” ujar Kessler. Kesalahan besar yang banyak pasangan bercerai lakukan, dan yang beberapa pengacara eksploitasi dengan tidak menjelaskannya, adalah mereka berpikir hakim perlu mendengar semua bukti yang telah mereka kumpulkan terhadap pasangan Anda, dan rincian situasi pribadi, bagaimana pasangannya telah dirugikan, dsb. “Hakim tidak akan peduli tentang semua informasi mendalam yang Anda miliki,” ujar Kessler. “Ini bukanlah tentang itu. Ini adalah tentang menyelesaikan masalah. Bagaimana dua rumah tangga dapat dibiayai dengan jumlah yang sama yang sebelumnya hanya untuk satu rumah tangga?”

  • Advertisement
  • Didiklah diri Anda sendiri

  • Semakin Anda mengetahui fakta tentang rumah tangga Anda dan cara kerja sistem perceraian, semakin sukses mediasi Anda nantinya. Dalam perceraian apa pun, “Ada resiko Anda yang akan dimanfaatkan, dan hal utama adalah untuk memastikan Anda punya semua informasi,” ujar Kessler. “Dapatkan faktanya. Berapa banyak uang yang ada? Di mana? Berapa banyak yang harus dibagi?”

  • Anda harus punya beberapa gagasan tentang hukum di daerah Anda. “Didiklah diri Anda sendiri tentang cara kerja sistem hukum dari dalam. Temukan panduan dukungan Anda secara online. Cari tahu bagaimana properti dibagikan antara pasangan di daerah Anda.”

  • Apa yang menurut Anda adalah adil? “Sembilan dari 10 kasus, itu akan menjadi perkiraan dekat,” ujar Kessler. “Pada umumnya, ini sangat masuk akal. Ketika Anda bersikap objektif, Anda dapat melihat semua kemungkinan yang masuk akal.”

  • Berfokuslah pada penyelesaian damai

  • Mengesampingkan emosi adalah proposisi rumit dalam perjalanan perceraian, tetapi menyelesaikan spesifiknya adalah kuncinya. Sebuah latihan paralel yang Kessler rekomendasikan adalah untuk, “mengambil sudut pandang lain dan berpura-pura itu adalah perceraian seorang teman.”

  • Masalah utama dalam kebanyakan perceraian adalah untuk memastikan bagaimana anak-anak akan menghabiskan waktu berkualitas dengan kedua orang tua. “Selesaikan masalah itu, selesaikan situasi keuangan. Memperpanjang proses tidak akan membantu.”

  • Manusia tetaplah manusia

  • Terakhir, dan mungkin yang terpenting, sadarilah bahwa manusia tetaplah manusia, dan cenderung mengikuti sifat manusiawinya. “Satu hal yang selalu saya berusaha sampaikan kepada klien saya adalah bahwa manusia cenderung untuk tidak melakukan hal-hal yang harus mereka lakukan, dan seringkali melakukan hal-hal yang ingin mereka lakukan,” ujar Kessler. “Anda harus meminta mereka, tidak memaksa mereka. Buatlah seolah-olah mereka ingin melakukannya. Litigasi memaksa mereka melakukannya. Mediasi membuat mereka merasa ingin melakukannya. Bukankah Anda akan lebih memilih menghadapi sesuatu yang ingin Anda lakukan, alih-alih sesuatu yang harus Anda lakukan?”

  • Ini adalah apa yang saya alami sewaktu kami meninggalkan perceraian yang mengerikan dan merencanakan untuk mengikuti peta jalan yang membangun demi masa depan. Saya yakin kualitas pengacara saya lebih dari membantu menciptakan kemungkinan yang mantan saya dan saya putuskan untuk menjadi orang tua bercerai yang baik bagi anak-anak kami. Namun, ingatlah hal-hal tersebut di atas ketika mencari dan memilih pengacara, dan Anda akan mendapatkan peluang kepuasan terbaik dengan pilihan yang Anda buat.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "How to shop for a divorce lawyer" karya Janie McQueen.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Janie McQueen is a multi-published author and career journalist. She writes columns for major metro newpapers, HopeAfterDivorce.org, FamilyShare.com and LAFamily.com.

Cara Memilih Pengacara Perceraian

Pengacara seringkali merasa emosional dan bingung ketika menangani perceraian sama seperti kebanyakan dari kita. Namun mengikuti nasihat bijak dan menemukan penasihat yang sepaham dengan kita dapat memberikan hasil terbaik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr