5 Hal yang Harus Anda Ajarkan kepada Anak Anda: Kaitan Antara Bintang-Bintang dan Kehidupan

Jauh dari rumah, dunia mungkin penuh dengan huru-hara. Tetapi di keluarga Anda akan selalu ada tempat untuk cinta kasih dan dukungan. Anda akan menjadi jangkar mereka.

944 views   |   shares
  • Kejadiannya pada waktu acara berkemah bersama keluarga saya, untuk pertama kalinya dalam hidup saya menyaksikan keindahan, kecemerlangan dan luasnya langit di malam hari. Saya merasa sangat kecil. Pada saat yang bersamaan, saya merasa menjadi bagian dari alam semesta yang menjanjikan banyak kesempatan. Bintang-bintang telah mengilhami hati manusia sejak permulaan jaman. Luangkan waktu untuk menikmati bersama anak-anak Anda keajaiban dan keindahan langit pada malam hari.

  • Berikut adalah lima hal untuk diajarkan kepada anak-anak Anda tentang bintang-bintang:

  • Bagaimana menemukan Bintang Utara

  • Bintang utara adalah jangkar dari bentangan bintang yang bergerak. Para pelaut telah menggunakan bintang utara selama ribuan tahun untuk menemukan arah jalan pulang mereka. Ceritakan kepada anak Anda bahwa mereka akan selalu bisa kembali pulang ke rumah. Jauh dari rumah, dunia mungkin penuh dengan huru-hara. Tetapi di keluarga akan selalu ada tempat untuk cinta kasih dan dukungan. Anda akan menjadi jangkar mereka.

  • Kisah tentang rasi bintang

  • Ketika Anda menceritakan kisah tentang rasi bintang, Anda membagikan kebijaksanaan jaman. Anak Anda mungkin tidak menginginkan ceramah tentang kebaikan, tapi mungkin akan mendapatkan pesan dari kisah tentang Ares, kambing gunung ajaib yang pengorbanannya untuk dua anak kecil membuat para dewa mengabadikannya sebagai bintang-bintang. Versi anak-anak tentang mitos rasi bintang Yunani bisa diperoleh dari internet. Peta langit untuk membantu anda menemukan bintang-bintang dapat ditemukan di www.KidsAstronomy.com. Pelajari tradisi budaya lainnya tentang langit malam. Menurut tradisi Indian Amerika, putra bintang fajar membawa kesembuhan bagi dunia.

  • Cahaya bintang membutuhkan waktu

  • Bintang paling dekat dengan bumi adalah Proxima Centauri. Jaraknya 4,2 tahun cahaya, cahayanya memerlukan waktu empat tahun lebih untuk bisa mencapai bumi. Bintang paling jauh yang masih bisa dilihat dengan mata telanjang adalah Deneb. Walaupun jaraknya tidak diketahui berapa persisnya, cahayanya memerlukan sekitar 3.000 tahun cahaya untuk bersinar pada langit malam. Ajari anak Anda bahwa alam semesta memiliki hal-hal besar buat mereka, tetapi ada beberapa yang harus ditunggu. Hasil dari tindakan kita yang baik saat ini tidak selalu langsung terlihat.

  • Semakin gelap, semakin banyak bintang yang bisa Anda lihat

  • Advertisement
  • Untuk melihat bintang-bintang dengan baik, Anda harus berada jauh dari polusi cahaya perkotaan. Bintang-bintang itu ada di langit, walaupun terkadang Anda tidak bisa melihatnya. Ajari anak Anda bahwa kadang-kadang perlu saat-saat gelap dalam kehidupan agar kita bisa melihat cahaya yang sesungguhnya. Ketika keadaan makin sulit, bintang-bintang dalam hidup kita akan tampak bersinar.

  • Mahaluasnya alam semesta

  • Mustahil bagi pikiran kita untuk menjelajahi luasnya alam semesta. Para ilmuwan terus berusaha menemukan bagian dari alam semesta yang belum diketahui. Kadang-kadang kita terjebak dalam hal-hal kecil kehidupan. Ingatkan anak Anda bahwa alam semesta penuh dengan daerah-daerah yang belum pernah dijelajahi dan penuh kejutan. Kehidupan, sama seperti alam semesta, penuh dengan kemungkinan yang tiada habisnya.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “5 things you should teach your kids about the stars and life” karya Megan Wallgren.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Megan Wallgren is a freelance writer and mother of four energetic children. She blogs about how to wear them out at kinetickids.blogspot.com.

5 Hal yang Harus Anda Ajarkan kepada Anak Anda: Kaitan Antara Bintang-Bintang dan Kehidupan

Jauh dari rumah, dunia mungkin penuh dengan huru-hara. Tetapi di keluarga Anda akan selalu ada tempat untuk cinta kasih dan dukungan. Anda akan menjadi jangkar mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr