Bagaimana Memilih Olahraga atau Senam Rutin yang Cocok bagi Anda

Senam memang baik bagi kita, tapi bagaimana kita dapat termotivasi? Rahasianya ialah memilih kegiatan yang kita suka. Berikut ini adalah beberapa gagasan untuk itu.

2,420 views   |   shares
  • Kita semua tahu sekarang bahwa senam tidak saja baik untuk kita, tetapi juga penting sekali bagi kesehatan dan kesejahteraan kita. Senam yang teratur melindungi kita dari semua pembunuh nomor satu dalam hidup kita—sakit jantung, stroke, darah tinggi, diabetes, kegemukan yang berlebihan. Senam juga menanggulangi stres, mengurangi rasa sakit di badan, dan memperbaiki mood, stamina dan kehidupan seks.

  • Tetapi bahkan meski kita memahami bahwa senam bukan sekedar untuk melangsingkan paha atau membesarkan, sulit untuk memotivasi diri kita. Kuncinya ialah menemukan senam atau olahraga yang begitu kita suka sehingga kita tidak perlu memaksa diri kita untuk melakukannya. Berikut ini ada beberapa ide untuk mulai:

  • Kenali pribadi Anda

  • Tentukan peringkat kebutuhan sosial Anda, kecenderungan bersaing, minat Anda di dalam serta di luar rumah, kemudian berdasarkan semua itu pilihlah senam atau olahraga yang sesuai. Ini sangat mempengaruhi Anda dalam menekuni program itu. Dulu saya tidak suka pergi ke gym karena saya malu dengan tubuh saya dan kurangnya koordinasi saya. Ketika akhirnya saya memaksa diri untuk mengikuti kelompok senam, saya menyukai interaksinya. Saya tidak bisa berhenti tengah jalan dan duduk di sofa seperti bila senam di rumah memakai DVD. Saya memiliki kesukaan berkompetisi dan saya mendorong diri untuk bersaing dengan orang-orang di kelompok saya. Saya juga datang lebih teratur karena tahu teman-teman akan bertanya bila saya tidak hadir. Sebaliknya suami saya lebih suka lari sendiri. Dalam pekerjaannya dia berurusan dengan banyak orang sepanjang hari, jadi dia menikmati kesendiriannya berolahraga di alam terbuka.

  • Kenali tubuh Anda

  • Ada alasan kuat mengapa sebelum mengikuti program olahraga tertentu Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Bila Anda memaksakan diri menjalankan suatu program hanya karena sedang populer atau supaya tampak bergaya, Anda bisa cedera. Dengan mengikuti senam yang sesuai dengan kemampuan, Anda akan bisa menekuninya.

  • Atasi rasa takut

  • Kita sering merasa takut dengan sesuatu yang baru, tetapi kita tidak akan menyukainya jika kita tidak mencoba. Memang canggung dan takut rasanya masuk sendirian ke tempat senam atau olah raga untuk pertama kalinya, tidak ada yang kita kenal di situ dan belum pernah melakukan kegiatan tersebut, dengan pakaian yang tidak cocok (dalam kasus saya). Dengan mengatasi rasa takut, saya berubah dari sebulan dua kali mengikuti senam DVD secara malas-malasan menjadi bugar karena bersenam kelompok seminggu enam kali!

  • Advertisement
  • Jangan meremehkan hal-hal kecil

  • Bahkan jika Anda tidak pernah berdansa, cobalah ikuti Zumba atau balet untuk kebugaran paling tidak satu kali. Dan jika Anda mengira bahwa senam air hanyalah untuk terapi pasien atau nenek-nenek, Anda salah sekali! Lakukan kegiatan yang tidak pernah Anda coba sebelumnya, Anda akan menemukan gaya hidup yang baru dan menyenangkan.

  • Marilah berolahraga! Dunia ini penuh aneka kegiatan yang menyenangkan, jika Anda tidak mampu membayar keanggotaan di gym, Anda dapat membentuk kelompok senam bersama teman-teman Anda memakai DVD. Jangan beranggapan kalau Anda tidak suka aerobik atau angkat besi berarti Anda bukan orang yang aktif—carilah kegiatan yang Anda gemari dan hidup Anda akan jauh lebih menyenangkan. Anda akan heran mengapa Anda tidak mencobanya dari dulu!

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "How to choose a sport or exercise routine that works for you" karya Tamara Webb.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Tamara Webb has an MA in British and American Literature from the University of Utah, where she also taught writing as an Adjunct Professor. She is a mother of five. Contact her at tjbibliomaniac@yahoo.com, and find her blog at LivinginLilliput.com.

Bagaimana Memilih Olahraga atau Senam Rutin yang Cocok bagi Anda

Senam memang baik bagi kita, tapi bagaimana kita dapat termotivasi? Rahasianya ialah memilih kegiatan yang kita suka. Berikut ini adalah beberapa gagasan untuk itu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr