Cara Memberi Makan Keluarga dengan Menggunakan Anggaran Belanja

Orang-orang berpikir bahwa hanya mereka yang tidak punya uang yang menggunakan anggaran belanja dan jika mereka punya banyak uang, mereka tidak perlu menggunakannya. Ini tidaklah benar.

1,367 views   |   shares
  • Mengapa orang-orang berpikir menggunakan anggaran belanja adalah hal yang mengerikan? Orang-orang berpikir bahwa hanya mereka yang tidak punya uang yang menggunakan anggaran belanja dan jika mereka punya banyak uang, mereka tidak perlu menggunakannya. Ini tidaklah benar. Saya mengenal banyak keluarga yang kondisi keuangannya aman karena mereka menggunakan anggaran belanja. Bahkan, mereka hidup berkecukupan karena mereka mengikuti anggaran belanja mereka. Sebagian orang berpikir anggaran belanja membatasi dan mencegah mereka menggunakan sedikit uang yang mereka miliki. Anggaran belanja justru dapat menjadi salah satu yang paling memerdekakan kita. Anggaran belanja memungkinkan Anda tahu kemana Anda membelanjakan uang Anda dan apakah Anda perlu memprioritaskan kebiasaan belanja Anda. Anggaran belanja memperlihatkan pengeluaran dan penghematan. Anggaran belanja juga dapat menyesuaikan pendapatan dan kebutuhan kita.

  • Anggaran belanja sangatlah berguna bagi mereka yang berusaha untuk memberi makan keluarga yang besar. Sewaktu saya dan istri membahas ini, istri saya punya beberapa contoh bagus yang digunakannya ketika dia harus memberi makan banyak bayi burung peliharaannya. Berikut adalah enam gagasan yang dapat menolong Anda hidup sesuai dengan anggaran belanja Anda:

  • 1. Buatlah daftar belanja terlebih dahulu

  • Ketika kita berbelanja tanpa membuat daftar belanja terlebih dahulu, kemungkinan kita membeli apa saja yang terlihat baik pada saat itu, atau membeli hal-hal secara acak yang mungkin akan kita makan, entah kapan. Tanpa daftar belanja, kita mengeluarkan banyak uang membeli hal-hal yang tidak kita perlukan dan memakan lebih banyak waktu untuk berbelanja. Ketika daftar belanja telah dibuat, kita hanya membeli hal-hal yang kita perlukan dan waktu belanja menjadi lebih singkat. Kita sudah tahu apa yang kita inginkan dan jika kita membuat daftar yang kita perlukan sesuai dengan tata letak toko, belanja dapat menjadi lebih efektif dan ekonomis. Dari makanan sisa kita juga dapat merencanakan masakan untuk hari-hari yang akan datang. Ini dapat mengurangi perjalanan belanja kita, yang selanjutnya akan menghemat waktu dan uang.

  • 2. Membeli dalam jumlah besar

  • Membeli dalam jumlah besar butuh belajar. Otak kita tidak diprogram untuk mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli beberapa barang saja, bahkan ketika kita tahu barang-barang ini adalah yang paling sering kita gunakan, dan akan bertahan lebih lama. Pada awalnya, mungkin akan sulit untuk mengganti kebiasaan belanja kita, tetapi kita dapat melakukannya perlahan-lahan. Satu cara untuk mulai membeli dalam jumlah besar adalah membeli barang-barang yang paling sering Anda gunakan ketika sedang ada diskon.

  • Advertisement
  • 3. Perbesar ukuran masakan dengan menambahkan bahan makanan lainnya

  • Tambahkan sayuran, pasta, nasi, kacang-kacangan, atau biji-bijian pada hidangan utama Anda. Menambahkan bahan-bahan ini ke dalam masakan kita tidak hanya menjadikan masakan kita bertahan lebih lama, tetapi juga menambahkan nutrisi dan menyeimbangkan diet kita. Ketika kita menambahkan bahan-bahan ini, keluarga kita tidak akan tahu bedanya dan rasanya tetap enak.

  • 4. Memasak dari nol

  • Hal ini sejalan dengan membeli barang dalam jumlah besar. Sewaktu kita mempunyai persediaan bahan makanan, memasak akan jadi lebih mudah dan menyenangkan. Terkadang, kita dapat menggandakan resep kita dan disimpan dalam lemari es. Ini tidak hanya menjadikan waktu makan selanjutnya lebih mudah, tetapi juga membuat Anda tetap jujur. Anda tahu ketika Anda malas memasak, Anda dapat menghangatkan makanan beku Anda daripada pergi membeli makanan cepat saji.

  • 5. Gunakan makanan sisa untuk menu hari esok atau gabungkan dalam hidangan lainnya

  • Saya menggunakan makanan sisa untuk bekal makan siang saya sepanjang minggu. Biasanya, saya bisa bertahan makan makanan sisa selama tiga hari sampai saya bosan. Jika Anda tidak suka makanan sisa, coba gabungkan dengan makanan kesukaan Anda. Jika keluarga Anda benar-benar suka hidangan tertentu, mereka tidak akan memperhatikan makanan dari hari-hari kemarin digabung menjadi hidangan utama hari ini. Bersenang-senanglah dan gunakan imajinasi Anda.

  • 6. Gunakan kupon untuk membeli barang-barang yang Anda gunakan secara teratur

  • Saya mengenal dua orang wanita yang terkenal dengan sebutan “ratu kupon.” Mereka punya kupon untuk segalanya. Jika mereka tidak punya kupon untuk membeli sesuatu yang mereka inginkan, atau sedang tidak ada diskon, mereka tidak akan membelinya. Mereka akan menunggu. Wanita-wanita ini tegas dan serius tentang berhemat. Saya pikir mereka sangat terkoordinasi. Mereka punya data rahasia tingkat tinggi yang selalu mereka simpan dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Mereka punya peta terinci area perbelanjaan, dan prioritas target yang harus didatangi terlebih dahulu. Mereka membuat rencana terlebih dahulu. Mereka datang, membeli apa yang diperlukan, dan pulang. Mereka biasanya begitu efektif dan tingkat kerugian mereka rendah (dalam hal total harga pembelian yang rendah) bahkan suami-suami mereka tidak menyadari bahwa mereka baru saja pergi berbelanja. Jika menjadi “Rambo kupon” bukan keinginan Anda, belilah apa yang sedang diskon dan belilah barang-barang bermerek toko atau yang generik.

  • Advertisement
  • Berikut adalah beberapa gagasan tambahan: Kita ingin anak-anak juga ikut terlibat: a). Mintalah anak-anak Anda makan di rumah teman mereka seminggu sekali. b). Mintalah anak-anak pergi ke rumah kakek-nenek mereka dan makan banyak di sana. c). Terakhir, temukan sepasang suami istri di lingkungan Anda yang belum punya anak, dan katakan kepada mereka bahwa kita akan mengirimkan anak-anak kita untuk mampir ke rumah mereka untuk menemani mereka jika mereka bersedia memberi makan mereka tiga sampai empat malam seminggu. Itu sudah menghemat delapan puluh persen anggaran belanja Anda! (Saya bercanda!)

  • Jadi, mulailah hari ini dan ingatlah “anggaran belanja” bukanlah kata pantangan. Ketika berbicara soal memberi makan keluarga, kata ini mungkin saja jadi teman terbaik Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "How to feed a family on a budget" karya Daren Ahlstrom.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Daren Ahlstrom resides in West jordanUtah. Contct him at darenahlstrom@yhoo.com

Cara Memberi Makan Keluarga dengan Menggunakan Anggaran Belanja

Orang-orang berpikir bahwa hanya mereka yang tidak punya uang yang menggunakan anggaran belanja dan jika mereka punya banyak uang, mereka tidak perlu menggunakannya. Ini tidaklah benar.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr