Jadikan Peran Keibuan Sebagai Masa yang Paling Menyenangkan

Membesarkan anak merupakan suatu upaya uji coba yang besar. Kita menghabiskan waktu hidup kita dan mengabdikannya untuk mengurus anak-anak kita dengan cara yang terbaik sejauh yang kita ketahui.

2,330 views   |   1 shares
  • Membesarkan anak merupakan suatu upaya uji coba yang besar. Kita menghabiskan waktu hidup kita dan mengabdikannya untuk mengurus anak-anak kita dengan cara yang terbaik sejauh yang kita ketahui. Dan kita tidak akan tahu apakah kita telah melakukannya dengan benar setidak-tidaknya hingga 18 tahun kemudian. Sisihkan waktu untuk menjadikan peran keibuan Anda kelak sebagai masa lalu yang paling menyenangkan.

  • Permainan pendek lawan permainan panjang

  • “Permainan golf dapat dibagi menjadi dua - permainan panjang dan permainan pendek. Dalam permainan panjang, kekuatan dan jarak dibutuhkan agar bola pemain dapat sampai ke lubang dalam beberapa pukulan saja. Dalam permainan pendek, keterampilan yang diperlukan lebih pada kemahiran karena diperlukannya ketepatan. Untuk menjadi pemain golf yang sukses, pemain harus menguasai kedua aspek dalam permainan,” menurut Chris Joseph, dari Demand Media.

  • Seperti dalam permainan golf, peran keibuan dapat menjadi sesuatu yang menyebabkan frustrasi dan kewalahan. Kuncinya adalah untuk memecahnya menjadi bagian-bagian yang mudah ditangani dan tetap mempertahankan gol akhir dalam benak.

  • Permainan panjang

  • Permainan panjang peran keibuan adalah gambaran yang besar. Itu adalah tentang karakter dan nilai-nilai. Menguasai permainan panjang membutuhkan gambaran masa depan dan perencanaan. Ibu dalam permainan panjang memerlukan pertimbangan yang matang.

  • 1. Buatlah sebuah pernyataan misi keluarga

  • Buatlah daftar hal-hal paling penting yang Anda inginkan bagi anak-anak Anda saat mereka tumbuh dewasa. Sertakan hal-hal seperti pendidikan, agama, dan kedermawanan.

  • 2. Ajarkan nilai-nilai sejak dini dan sesering mungkin

  • Sangatlah mudah untuk berpikir bahwa anak-anak terlalu kecil untuk mengerti konsep abstrak yang menyinggung tentang agama atau watak. Tetapi ketika Anda berbicara dengan bayi Anda bahkan sebelum dia dapat berbicara sendiri, mengenalkan topik-topik ini sedini mungkin akan membiasakan mereka. Sering berbicara tentang nilai-nilai bersama anak-anak Anda akan membuat nilai-nilai tersebut menjadi bagian dari kehidupan mereka.

  • 3. Jadilah contoh

  • Jadilah contoh dalam kehidupan pribadi Anda dari nilai-nilai yang Anda inginkan agar anak-anak Anda ikuti. Ketika suami saya membuat keputusan untuk sekolah pascasarjana, bagian penting dari keputusan itu adalah contoh yang dibuat untuk anak-anak kami tentang pendidikan yang lebih tinggi. Saya senang menggunakan kalimat, “Di dalam keluarga kami, kami pergi ke perguruan tinggi,” atau “ Di dalam keluarga kami, kami memperlakukan satu sama lain dengan baik.” Dengan menetapkan ekpektasi sejak dini bahwa Anda memiliki standar keluarga yang perlu dicapai akan mendorong sikap penerimaan bersamaan dengan hal itu. Hal yang sangat baik juga adalah merasakan bahwa Anda semua melakukan ini bersama-sama. Anda berada bersama dalam satu tim.

  • Advertisement
  • 4. Jadikanlah hal itu nyata

  • Tugas Anda, sebagai ibu, adalah melakukan yang terbaik untuk mengasuh anak-anak Anda untuk menjadi anggota masyarakat yang baik; dapat mendukung dirinya sendiri dan berpotensi mengasuh keluarganya sendiri. Ketika kehidupan terasa membuat Anda kewalahan, dan Anda bertanya-tanya apakah Anda telah menjalankan tugas dengan baik, ingatlah gol akhir dan putuskan apakah hal-hal yang Anda lakukan akan membawa Anda menuju tujuan itu.

  • Permainan Pendek

  • Permainan pendek peran keibuan bersifat dari hari ke hari, berada dalam sebuah jalur, melalui masa-masa yang suram, dan berjalan terus, ya, berjalan terus merupakan bagian dari tugas ibu. Saat Anda mendapati diri Anda bertanya-tanya bagaimana caranya Anda menyajikan makan malam di meja, mengantarkan anak-anak pada kegiatan masing-masing yang berbeda pada waktu yang bersamaan, namun melakukannya dengan senyuman dan kata-kata yang lembut, Anda perlu mengetahui hal yang menjadi prioritas Anda.

  • 1. Ingatlah apa yang penting

  • Kita hidup di dalam budaya yang membutuhkan perhatian lebih dari kita setiap hari, dan hal yang sama juga terjadi pada anak-anak kita. Kegiatan tambahan adalah menyenangkan dan penting dalam mengajarkan pelajaran bernilai seperti menjadi sehat, menjadi bagian dalam sebuah tim, menghargai musik dan belajar untuk berlatih, dan bekerja keras. Tetapi Anda perlu untuk bertanya kepada diri Anda sendiri apakah semua kegiatan tambahan itu menolong keluarga Anda meraih gol jangka panjang yang telah Anda buat dalam pernyataan misi Anda.

  • 2. Bersabar

  • Sangatlah sulit untuk menjadi sabar terhadap anak-anak kecil yang menumpahkan cat di karpet atau anak-anak yang mengompol di celana saat berdiri di depan toilet. Kadang-kadang setiap ibu kehilangan kesabaran. Ketika Anda mengalaminya, berhentilah sejenak. Saya suka memberikan hukuman, di dalam kamar mandi, dengan pintu terkunci. Untuk anak-anak yang lebih besar, luangkanlah beberapa menit untuk mendengarkan seluruh ceritanya sebelum mengambil keputusan. Bila mungkin, buatlah lelucon dalam situasi tersebut. Ketika anak laki-lakinya yang SMA mencat biru rambutnya tanpa izin, seorang ibu tertawa keras. Ketika dia bertanya mengapa ibu tertawa, ibunya menjawab, “Kamu tidak tahu bahwa anak dengan rambut biru tidak dapat mengendarai mobil saya.”

  • 3. Tunjukkan kasih sayang sesering mungkin

  • Sangatlah mudah untuk terperangkap dalam tugas-tugas harian sampai kita lupa alasan mengapa tugas-tugas tersebut dilakukan. Seorang ibu dari beberapa anak-anak yang masih kecil membuat keputusan untuk menatap mata anak-anaknya setelah menaruh mereka di kursi mobil dan mengatakan kepada mereka bahwa dia menyayangi mereka. Membiasakan diri untuk menunjukkan kasih sayang saat melakukan rutinitas harian akan memastikan bahwa kasih sayang diperlihatkan.

  • Advertisement
  • Peran keibuan, seperti permainan golf, dapat menjadi sesuatu yang membuat frustrasi. Namun, hal itu dapat juga menjadi bagian yang paling dinikmati dan memuaskan dalam kehidupan Anda. Sangatlah mudah untuk melupakan permainan panjang ketika Anda terperangkap dalam rincian kecil permainan pendek. Sisihkan waktu untuk memutuskan apa yang paling penting bagi anak-anak dan keluarga Anda. Mempertahankan gol akhir dalam benak akan membuat perubahan harian lebih mudah ditangani.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Make motherhood your favorite pastime” karya Marianne Schmidt.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

I have a bachelor's degree with majors in both Mass Communication and Family Studies. I worked five years in the financial services industry before taking on full-time motherhood. My four children range in age from high school to preschool. Our family recently relocated to the West after 14 years in Westchester County, New York. I love things that make me laugh like good stand-up comedy, funny shows, or a good joke. I love to read and have a passion for contemporary juvenile fiction.

Jadikan Peran Keibuan Sebagai Masa yang Paling Menyenangkan

Membesarkan anak merupakan suatu upaya uji coba yang besar. Kita menghabiskan waktu hidup kita dan mengabdikannya untuk mengurus anak-anak kita dengan cara yang terbaik sejauh yang kita ketahui.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr