Meringankan Dampak Perceraian bagi Anak

Dalam perceraian yang paling menjadi korban adalah anak-anak kecil yang belum mampu memahami mengapa orang tuanya tidak lagi serumah.

2,077 views   |   shares
  • Dalam perceraian yang paling menjadi korban adalah anak-anak kecil yang belum mampu memahami mengapa orang tuanya tidak lagi serumah. Tentu saja pasangan yang ditinggalkan juga menderita, atau kalau perceraian itu kemauan kedua belah pihak karena tidak lagi bahagia bersama, mereka tetap mengalami stres. Namun setidak-tidaknya sebagai orang dewasa mereka dapat mencerna apa yang terjadi dan memahami apa yang harus diperbuat. Tidak demikian dengan anak-anak kecil yang orang tuanya bercerai, mereka kadang-kadang merasa bersalah, menganggap dirinya penyebab perceraian itu dan hal ini membuat mereka menjadi pemurung atau pemarah.

  • Bila Anda terpaksa bercerai, dan Anda mempunyai anak-anak yang masih kecil, Anda perlu berusaha sebaik mungkin meringankan dampak perceraian ini bagi mereka. Berikut ini beberapa saran untuk mempermudah hidup anak-anak sesudah perceraian:

  • Yakinkan anak-anak bahwa Anda mencintai mereka

  • Sebagai orang tua adalah kewajiban Anda untuk menegaskan bahwa walaupun Anda berpisah dengan ayah/ibu mereka, bukan berarti Anda tidak mencintai mereka lagi. Khususnya bila Anda terpaksa tinggal jauh dari mereka. Bila Anda masih tinggal sekota, Anda dapat sering menengok mereka, mungkin seminggu sekali mengajak mereka ke rumah Anda. Beritahu mereka bahwa apa pun yang terjadi ayah ibu mereka tetap mencintai dan memperhatikan mereka. Juga wujudkan perkataan ini dengan perbuatan nyata, tunjukan cinta kasih Anda kepada mereka.

  • Perhatikan suasana hati mereka

  • Bila anak-anak berubah menjadi lebih nakal atau lebih pemarah atau gampang murung, Anda harus mengajak mereka berbicara. Tanyakan dengan lemah lembut apa sebetulnya yang mengganggu perasaan mereka. Mereka mungkin akan bertanya kapan papa mamanya akan kembali bersama. Jelaskan bahwa hal itu tidak mungkin terjadi karena segala sesuatu sudah diputuskan.

  • Berilah contoh yang mudah dimengerti

  • Sulit bagi anak-anak untuk memahami mengapa orang tua mereka kini tidak bisa lagi tinggal bersama-sama. Anda dapat menuturkan bahwa tadinya Anda tidak kenal dengan ayah/ibu mereka, kemudian waktu saling kenal ayah ibu mereka jatuh cinta dan memutuskan untuk kawin. Ternyata perkawinan itu tidak bahagia dan tidak dapat dipertahankan, karena itu ayah dan ibu memutuskan untuk berpisah.

  • Demi anak-anak, bertemanlah dengan mantan Anda

  • Ketika Anda bercerai putuskan untuk tetap berteman dengan mantan Anda betapa pun dia telah menyakiti hati Anda. Hal ini mempermudah hidup anak-anak. Anda tidak perlu menjelek-jelekkan mantan Anda di depan anak-anak. Anda tidak perlu menjadikan mantan Anda musuh. Anak-anak akan bingung bila selalu mendengar hal-hal yang jelek tentang salah satu orang tua mereka.

  • Advertisement
  • Jangan bersaing memperebutkan hati anak-anak

  • Anda boleh memberi mereka perhatian yang lebih besar tetapi janganlah hal itu Anda lakukan untuk mengalahkan mantan Anda. Percayalah cinta anak-anak yang murni itu masih sama besarnya bagi Anda berdua. Janganlah Anda berlomba untuk mencuri hati mereka. Berikan kasih sayang yang tulus, anak-anak tidak akan melupakan Anda.

  • Mintalah bantuan kakek dan nenek

  • Kakek dan nenek merupakan tiang penyangga kedua dalam rumah tangga. Bila ada kesulitan Anda selalu dapat mengandalkan bantuan mereka. Bila Anda beruntung tinggal sekota, Anda dapat meminta mereka menjaga anak-anak ketika Anda harus bekerja. Dengan demikian anak-anak mempunyai pegangan yang lebih kuat dalam menghadapi kegoncangan rumah tangga orang tuanya.

  • Perceraian menimbulkan banyak masalah yang harus Anda tanggulangi, salah satunya ialah kebahagiaan anak-anak yang terusik karenanya. Cobalah sebaik mungkin untuk membantu mereka mengatasinya karena kebahagiaan mereka adalah kebahagiaan Anda juga.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Meringankan Dampak Perceraian bagi Anak

Dalam perceraian yang paling menjadi korban adalah anak-anak kecil yang belum mampu memahami mengapa orang tuanya tidak lagi serumah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr