Bagaimana Mengatasi Gangguan Tidur Apnea (Kesulitan Tidur dengan Gangguan Pernapasan)

Anda kelihatannya lelah setiap waktu dan tidak dapat membuka mata di siang hari. Anda selalu mendapatkan waktu untuk tidur di malam hari namun Anda tidak merasakan telah beristirahat. Anda berpeluang menderita gangguan tidur apnea.

5,736 views   |   5 shares
  • Anda merasa lelah setiap waktu dan tidak dapat membuka mata di siang hari. Anda selalu mendapatkan waktu untuk tidur di malam hari namun Anda tidak merasakan telah cukup beristirahat. Anda mungkin menderita gangguan tidur apnea dan Anda tidak mengetahuinya.

  • Pasangan Anda telah memberitahu Anda bahwa Anda mendengkur di malam hari dan bahkan berhenti bernapas dari waktu ke waktu. Anda merasa lebih lelah setiap hari di pekerjaan Anda meskipun Anda mendapatkan waktu sepanjang malam untuk tidur. Anda dapat berkonsentrasi untuk melakukan tugas harian di pagi hari, namun selalu ingin tidur di waktu makan siang. Ini adalah pertanda bahwa Anda mungkin menderita gangguan tidur apnea. Apakah gangguan tidur apnea dan bagaimana mengatasinya?

  • Menurut para ahli, mereka yang menderita gangguan tidur apnea memiliki jeda atau mengambil napas pendek selama waktu tidur mereka. Jeda bernapas ini dapat berlangsung kapan saja dari waktu yang singkat sampai waktu yang lama dan disebabkan karena beberapa alasan tergantung pada jenis dari gangguan tidur apnea ini.

  • Melibatkan ketidakseimbangan kimia di otak yang menciptakan gangguan pada sinyal system pernapasan yang akan dikirim ke tubuh kita. Artinya penderita yang tidur akan berhenti bernapas karena tubuh akan lupa untuk bernapas.

  • Adalah bentuk yang paling umum dari gangguan tidur apnea dan melibatkan rusaknya saluran udara akibat infeksi saluran pernapasan, obesitas, merokok, alergi dan faktor lainnya yang terkait dengan fungsi pernapasan tubuh.

  • Gangguan ini sama seperti kedengarannya. Ada kondisi saat ini dari kedua jenis gangguan tidur apnea yang dapat menciptakan masalah kompleks bagi penderitanya. Sebelum Anda kehabisan waktu untuk melakukan tes tidur, dimana dokter akan mendorong Anda untuk mencobanya, cobalah untuk melakukan beberapa pengobatan sederhana dan mudah yang dapat mengurangi beberapa gejala dan meningkatkan kualitas istirahat Anda.

  • Menyesuaikan posisi tidur

  • Tidur pada sisi tubuh Anda daripada tidur telentang untuk membantu menjaga tenggorokkan Anda terbuka. Anda dapat menggunakan bantal atau kaos khusus yang dapat mencegah Anda dari tidur telentang. Mengganti kasur tempat tidur Anda juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang lebih nyaman.

  • Mengubah kebiasaan makan dan minum

  • Mengubah kebiasaan makan dan minum Anda sebelum tidur malam dan istirahat lebih awal untuk melihat apakah cara ini dapat mengobati gangguan tidur apnea. Menghindari minuman ber-alkohol dan obat-obatan yang dapat membuat Anda tidur. Jika Anda merokok, berhenti merokok. Merokok dapat menambah kesulitan bernapas dalam hal apapun.

  • Advertisement
  • Jika Anda masih terus menderita gejala-gejala ini, kunjungi dokter Anda dan diskusikan cara agar Anda dapat meningkatkan waktu tidur Anda. Gejala-gejala ini tidak boleh diabaikan begitu saja sebagai kurang tidur yang disebabkan oleh gangguan tidur apnea sebagai penyebab kenaikan berat badan, diabetes, stroke, darah tinggi dan gagal jantung. Tujuan dari semua penderita gangguan tidur apnea adalah untuk mengembalikan pernapasan menjadi teratur selama mereka tidur yang secara giliran dapat membantu tubuh Anda untuk memulihkan kesehatan.

  • Menjalani tes tidur

  • Jika Anda menjalani tes tidur, yang terdiri dari bermalam di fasilitas tempat uji gangguan tidur, kemudian dokter akan mengarahkan Anda untuk apa yang dapat Anda lakukan dalam rangka untuk meningkatkan waktu tidur Anda setelah hasil tes tidur tersebut.

  • Perawatan yang mungkin untuk dilakukan. Bicarakan dengan dokter Anda untuk mengetahui apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu situasi Anda.

  • Terapi

  • Pengobatan mungkin termasuk juga terapi dimana penderita akan tidur menggunakan perangkat lunak yang dapat memberikan tekanan udara melalui tabung dan masker untuk tetap menjaga jalan napas bagian atas terbuka.

  • Solusi dengan cara operasi

  • Pengobatan juga mungkin termasuk operasi untuk membuka saluran udara pada septum Anda yang menyimpang yang dapat membantu Anda bernapas lebih mudah.

  • Jika Anda didiagnosa menderita gangguan tidur apnea, pengobatan operasi ini akan membantu otak dan tubuh Anda mendapatkan oksigen yang cukup sehingga semua dapat berfungsi dengan normal. Penderita gangguan tidur apnea akan merasa sehat dan memiliki energi yang lebih untuk kegiatan kehidupan yang lebih produktif.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "How to deal with sleep apnea" karya Valerie Steimle.

Baca, hidupkan, bagikan!

Valerie Steimle is the mother of nine children who lives happily on the Gulf Coast of Alabama. She is the author of five books, all about strengthening the family, including "Thoughts from the Heart." Email: valeriesteimle@yahoo.com

Bagaimana Mengatasi Gangguan Tidur Apnea (Kesulitan Tidur dengan Gangguan Pernapasan)

Anda kelihatannya lelah setiap waktu dan tidak dapat membuka mata di siang hari. Anda selalu mendapatkan waktu untuk tidur di malam hari namun Anda tidak merasakan telah beristirahat. Anda berpeluang menderita gangguan tidur apnea.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr