Perusahaan Saya Baru Saja Menawarkan Opsi Saham, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Jadi, perusahaan Anda baru saja menawarkan opsi saham kepada Anda. Anda mungkin bertanya-tanya apa itu, bagaimana cara kerjanya, dan apa yang harus Anda lakukan sekarang.

2,957 views   |   0 shares
  • Jadi, perusahaan Anda baru saja menawarkan opsi saham kepada Anda. Anda mungkin bertanya-tanya apa itu, bagaimana cara kerjanya dan apa yang harus Anda lakukan sekarang.

  • Pertama, saya ucapkan selamat. Opsi saham memang tidak akan membuat Anda langsung kaya raya, tetapi jika Anda tidak melakukan hal yang aneh-aneh, opsi saham tidak akan merugikan Anda.

  • Opsi Saham: Opsi saham karyawan diberikan kepada karyawan yang penting sebagai insentif untuk meningkatkan nilai perusahaan, yang biasanya terjadi setelah karyawan tersebut melaksanakan rencana bisnis dengan berhasil. Sebuah opsi memberi hak kepada karyawan –bukan kewajiban – untuk membeli sebagian saham perusahaan dengan harga yang telah ditentukan (harga beli) dalam jangka waktu tertentu (biasanya 5-10 tahun). Pada akhir jangka waktu tersebut, jika opsinya tidak dipakai (untuk membeli saham) maka dianggap kadaluwarsa.

  • Mengapa Opsi Saham Merupakan Hal Baik? Hak, tanpa kewajiban, membeli saham adalah hal yang baik karena Anda tidak diharuskan melakukan investasi atau mengambil risiko apapun dengan uang Anda guna berperan serta dalam menaikan nilai perusahaan. Misalnya, jika harga beli (harga di tempat Anda dapat membeli saham perusahaan) adalah Rp 10.000,- dan harga sahamnya di pasar adalah Rp 110.000,- Anda mendapatkan keuntungan Rp 100.000,- per lembar saham. Jika Anda diberi 1.000 lembar saham, maka nilai Anda adalah Rp 100.000.000,- Nah, itu adalah hal yang baik.

  • Pendapatan Kena Pajak: Ketika Anda menggunakan opsi Anda, Kantor Pajak biasanya akan melihat bahwa Anda mempunyai pendapatan kena pajak yaitu selisih antara harga jual saham dengan harga beli. Dalam contoh kita di atas, harga jual Rp. 110.000 dan harga beli Rp 10.000 maka pendapatan kena pajaknya adalah Rp 100.000,- meskipun Anda tidak menjual saham Anda. Karena pendapatan ini merupakan pendapatan tambahan selain pendapatan Anda lainnya, maka akan dikenakan tarif pajak marjinal yang berarti Anda akan membayar pajak dengan tarif tertinggi. Ini dapat mencapai sepertiga keuntungan opsi Anda ketika Anda menghitung juga pajak negara bagian dan federal.

  • Transaksi Finansial Ketika Anda Menjual: Menjual opsi saham Anda untuk membeli saham adalah gagasan baik ketika Anda siap menjual saham. Ingatlah, meskipun hak Anda untuk membeli adalah gratis, ketika Anda benar-benar membeli saham, Anda akan perlu membayar dengan uang - kecuali jika Anda siap menjual. [Karena itu] Tunggu saja sampai Anda siap menjual. Biasanya, perusahaan Anda akan bekerja sama dengan seorang pialang untuk mengatur agar Anda dapat menjual opsi tanpa harus mengeluarkan uang jika Anda langsung menjual saham Anda. Anda dapat menggunakan uang [hasil penjualan tersebut] untuk membayar kewajiban pajak Anda.

  • Advertisement
  • Transaksi Finansial Ketika Kadaluwarsa: Satu-satunya waktu lain untuk menjual opsi Anda adalah ketika kadaluwarsa. Jika Anda tidak dapat menjual saham (perusahaan swasta dan tidak ada pembeli) Anda dapat menjual opsi Anda, tetapi lakukanlah dengan hati-hati. Jika opsinya akan berakhir dan Anda yakin nilai jual sahamnya jauh lebih besar daripada harga belinya, maka Anda dapat menjual opsi Anda dan membeli saham dengan uang hasil penjualan tersebut. Ingatlah, Anda tidak hanya harus membayar harga beli tetapi juga pajak.

  • Jika gaji Anda besar dan opsi Anda berpotensi bernilai ratusan juta rupiah – atau lebih – pastikan Anda berbicara dengan konsultan pajak Anda tentang opsi saham ketika Anda menerimanya.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "My company just gave me stock options, what now?" karya Devin Thorpe.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Perusahaan Saya Baru Saja Menawarkan Opsi Saham, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Jadi, perusahaan Anda baru saja menawarkan opsi saham kepada Anda. Anda mungkin bertanya-tanya apa itu, bagaimana cara kerjanya, dan apa yang harus Anda lakukan sekarang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr