Bagaimana Mengajarkan kepada Anak Lelaki Anda untuk Menghargai Wanita

Ketika seorang anak lelaki melihat ayahnya menunjukkan rasa hormatnya kepada seorang wanita, hal ini akan berdampak sama pada dirinya untuk jangka panjang.

10,826 views   |   4 shares
  • Apakah Anda pernah mendegar sebuah ungkapan bahwa saat ini “sikap sopan santun telah mati”. Ternyata ungkapan tersebut tidak sepenuhnya benar, kesopanan saat ini belumlah sepenuhnya punah. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah punahnya sopan santun? Jawabannya sangatlah mudah. Kita perlu mengajar anak-anak lelaki kita pentingnya untuk menghargai lawan jenis. Pada intinya, sopan santun adalah rasa hormat. Jika pria menghormati wanita, harusnya mereka merasa senang karena memiliki kesempatan untuk menunjukkannya melalui tindakan mereka. Lalu bagaimana Anda bisa mengajarkan tentang kesopan santunan ini kepada remaja putra Anda?

  • Berikan teladan yang baik

  • Cara paling terbaik mengajarkan hal-hal tersebut adalah melalui teladan. Ketika Anda membukakan pintu untuk istri Anda, menyiapkan kursi untuk istri Anda ketika di meja makan atau sebuah ciuman mesra ketika Anda baru pulang dari kerja, anak Anda akan secara tidak langsung telah belajar tentang kesopansantunan. Ketika seorang anak lelaki melihat ayahnya menunjukkan rasa hormatnya kepada seorang wanita, hal ini akan berdampak sama pada dirinya untuk jangka panjang. Contoh lain untuk mengajarkan tentang kesopanan adalah melalui tutur kata kita. Seorang anak akan meniru apa yang dia dengar. Sayangnya, banyak yang mereka dengar di sekolah, di televisi atau lewat lagu-lagu mengambarkan wanita dalam posisi yang tidak menguntungkan. Jika kesopanan harus diajarkan, hal ini haruslah diajarkan di rumah. Menciptakan contoh teladan yang baik adalah kunci utamanya.

  • Luangkan waktu untuk anak Anda

  • Seiring dengan menjadi sebagai contoh, meluangkan waktu Anda untuk mereka adalah sangat penting. Ada banyak para suami dan ayah harus melakukan perjalanan kerja dan seringkali jauh dari rumah. Bahkan jika ada beberapa orang pria di rumah, mereka tidaklah berguna. Seorang remaja putra sangat jeli dan perlu memiliki pengaruh yang positif dalam kehidupan mereka, terutama dari seorang pria sebagai panutannya. Ketika Anda meluangkan waktu bersama anak lelaki Anda, dengarkanlah dia, ajarlah dia dan tunjukkan padanya betapa Anda sangat mengasihi dirinya dan ibunya. Berbicaralah padanya betapa pentingnya untuk menunjukkan rasa hormat kepada setiap wanita.

  • Bantulah dia untuk menerapkannya

  • Satu-satunya cara untuk benar-benar mengajarkan sesuatu pada mereka adalah melalui praktik. Sediakan kesempatan pada mereka untuk belajar menerapkannya. Salah satunya mintalah istri Anda untuk pergi berdua bersama putra Anda mungkin untuk sekadar membeli es krim. Ajarkanlah padanya untuk menujukkan rasa hormat dan kasihnya melalui bersikap sopan baik tutur kata dan tindakannya. Banyak hal yang dapat dipelajari dan hubungan antara Anda dengan istri dan putra Anda akan menjadi lebih menguntungkan juga.

  • Advertisement
  • Tidak menjadi masalah apakah Anda seorang ayah, kakek, pastur, guru, teman atau pendidik, Anda harus menggunakan setiap kesempatan untuk mengajar. Sebagai seorang remaja putra sangat bermanfaat untuk belajar pentingnya kesopansantunan dan bagaimana secara layak memperlakukan wanita. Jika hal ini dapat dilakukan dengan baik maka dunia ini akan menjadi tempat terbaik bagi kita untuk tinggal.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “How to teach your teenage son to respect women” karya Seth Saunders.

Baca, hidupkan, bagikan!

Seth Saunders is an executive business consultant and leadership coach. Seth has been married 18 years to his amazing wife, Amber, and is the proud father of three wonderful sons. He is passionate about helping others succeed.

Bagaimana Mengajarkan kepada Anak Lelaki Anda untuk Menghargai Wanita

Ketika seorang anak lelaki melihat ayahnya menunjukkan rasa hormatnya kepada seorang wanita, hal ini akan berdampak sama pada dirinya untuk jangka panjang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr