4 Cara Sederhana dan Efektif untuk Mengajar Anak tentang Uang

Anak-anak harus belajar sedini mungkin cara untuk mengelola uang mereka, membuat dan mengikuti anggaran, serta memenuhi tanggung jawab mereka.

2,412 views   |   3 shares
  • Memberikan konsep keuangan kepada anak-anak adalah penting bagi pengembangan kemampuan mereka sebagai orang dewasa. Anak-anak harus belajar sedini mungkin cara untuk mengelola uang mereka, membuat dan mengikuti anggaran, serta memenuhi tanggung jawab mereka. Ada beberapa cara untuk mencapai gol-gol ini dan untuk memberikan keterampilan tanggung jawab keuangan kepada anak Anda yang akan berlangsung seumur hidup.

  • 1. Mulai dengan sedikit uang saku

  • Banyak ahli merekomendasikan untuk memulai dengan memberi sedikit uang saku kepada anak berusia antara lima sampai tujuh tahun. Uang ini dapat diberikan dengan pemahaman bahwa si anak boleh membelanjakannya untuk apa pun yang dia inginkan. Dalam beberapa keluarga, uang saku terkait dengan tugas mingguan, untuk mengajarkan nilai kerja kepada anak serta memberikan pengalaman dunia nyata, dan keluarga lainnya memberikan uang dalam ranahnya sendiri. Keputusannya terserah Anda. Beberapa keluarga memiliki pedoman tentang uang saku, seperti sejumlah tertentu harus ditabung. Ini akan sangat dianjurkan, tetapi tidak harus dipaksakan kepada anak. Membiarkan anak Anda mengalami konsekuensi dari membelanjakan uang mereka secara tidak bijaksana adalah bagian dari pengalaman belajar. Ketika anak Anda meminta sesuatu yang tidak biasa, seperti mainan baru, Anda dapat menyarankan kepadanya bahwa dia boleh menabung untuk membeli barang yang diinginkannya, memberikannya keterampilan dan pengalaman serta disiplin diri dalam hal keuangan.

  • 2. Tetapkan anggaran sederhana

  • Ketika anak Anda memiliki gol tertentu untuk uang; duduklah bersamanya dengan buku catatan, kalender dan kalkulator. Bantulah dia melihat (di atas kertas) bagaimana uang akan terakumulasi dengan tabungan dan jangka waktu perkiraan untuk mewujudkan gol. Perlihatkan anggaran rumah tangga Anda kepada anak (jika Anda tidak punya anggaran, ini adalah saat yang tepat untuk membuat anggaran) dan jelaskan ke mana perginya uang Anda. Untuk menolong anak Anda, sarankan bahwa sebagian kecil uang sakunya setiap minggu dapat terus digunakan sebagai “uang jajan”, karena terlalu membatasi kebebasan keuangan anak akan menyulitkannya untuk mengikuti gol.

  • 3. Biarkan anak Anda melihat Anda membayar tagihan, dll dan jadilah teladan kebiasaan keuangan yang baik

  • Selain berbagi anggaran rumah tangga dengan anak Anda, adalah penting untuk menjadi teladan bagaimana Anda biasanya menangani keuangan yang baik. Usahakan membayar tagihan, pergi ke bank, dll dengan anak Anda sehingga uang tidak menjadi misteri. Ketika merencanakan kegiatan atau liburan keluarga, bahaslah dalam pertemuan keluarga penyesuaian apa pun yang diperlukan untuk mencapai gol itu. (Gagasan ini dapat disarankan dalam sesi perencanaan keluarga dan dapat mencakup gagasan-gagasan seperti, mengurangi makan di luar atau tidak nonton di bioskop.)

  • Advertisement
  • 4. Ambillah kesempatan untuk bermain permainan uang

  • Ada beberapa permainan dan kegiatan yang memungkinkan para pemain untuk membuat keputusan keuangan yang baik. Anda dapat memainkan permainan ini sebagai keluarga. Ini tidak hanya mengajarkan anak tentang asas-asas pengelolaan keuangan yang baik, tetapi juga menjadi kenangan keluarga yang menyenangkan. Contohnya adalah Monopoli. Ini memungkinkan anak Anda untuk belajar dengan cara yang tidak mengancam.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "4 simple and effective ways to teach your children about money management and effective budgeting" karya Lynn Scoresby.

Baca, hidupkan, bagikan!

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

4 Cara Sederhana dan Efektif untuk Mengajar Anak tentang Uang

Anak-anak harus belajar sedini mungkin cara untuk mengelola uang mereka, membuat dan mengikuti anggaran, serta memenuhi tanggung jawab mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr