Petunjuk untuk Menghindari Selingkuh Keuangan

Kita hendaknya jujur terhadap pasangan kita seperti yang kita harapkan dari mereka.

11,747 views   |   10 shares
  • Suatu pagi saya mendengarkan radio di mana penyiarnya bertanya kepada para pendengar apakah mereka menyimpan rahasia keuangan dari pasangan mereka. Banyak sekali pendengar menelpon dan menceritakan tentang rahasia mereka untuk didengar semua orang. Tentu saja kebanyakan dari penelpon memakai nama samaran untuk menyembunyikan jati diri mereka. Orang-orang itu membeberkan tentang simpanan uang di bank, uang kontan tersembunyi, bonus dari kantor, kartu kredit, semua itu dirahasiakan dari pasangan mereka. Bahkan ada yang merahasiakan pembelian barang yang berharga dari pasangan mereka.

  • Sewaktu saya mendengarkan setiap cerita, mau tak mau saya mengingat apa saja yang saya lakukan yang berkaitan dengan keuangan keluarga saya. Saya memang tidak berbuat kesalahan besar seperti salah satu penelpon itu, namun saya tidak selalu meminta saran istri saya sebelum membeli sesuatu.

  • Kadang hal ini menimbulkan perselisihan dalam rumah tangga, istri saya merasa diabaikan dan saya merasa diperlakukan seperti anak kecil. Perselisihan kami sering menjadi sengit seiring dengan memuncaknya suara dan emosi. Bila masalah ini tidak segera diselesaikan akibatnya ketegangan muncul disertai perasaan tidak suka dan kesal.

  • Ada artikel di situs CNNMoney yang berjudul "Selingkuh Keuangan: Menangkap Pasangan yang Menipu," karya Jessica Dickler. Antara lain katanya, Perselingkuhan yang bisa menghancurkan rumah tangga tidak terbatas hanya dalam soal cinta. Baik itu dalam hal menyembunyikan barang yang kita beli, simpanan uang di bank, bonus dari kantor, semua itu merupakan selingkuh keuangan yang dapat menghancurkan rumah tangga."

  • Dalam sebuah artikel di USA Today yang berjudul "Banyak Perkawinan Sekarang Berakhir Dengan Hutang," penulis Kathy Choo mengulas, "Bila cinta merupakan tali yang mengikat pasangan, hutang adalah gunting yang memutuskan tali itu. Uang berkomplot untuk menjauhkan pasangan itu, bahkan terkadang sampai bercerai. Berikut ini beberapa petunjuk yang menjamin rumah tangga yang kokoh dan sehat dalam bidang keuangan:

    • Jangan pernah membeli barang dengan sembunyi-sembunyi. Jika Anda merasa perlu menyembunyikan belanjaan dari pasangan Anda, berarti barang itu seharusnya tidak Anda beli. Ingat, tanggung jawab utama Anda adalah kesejahteraan keluarga Anda. Terus menerus membeli sesuatu yang tidak perlu bisa menimbulkan kekacauan rumah tangga.

    • Jangan menyembunyikan hutang dari pasangan Anda. Memiliki kartu kredit dengan diam-diam bisa mengakibatkan kesulitan keuangan, tekanan batin dan hancurnya rumah tangga.

    • Jangan merahasiakan simpanan atau rekening bank dari pasangan Anda. Salah satu unsur dari pernikahan yang sukses adalah kepercayaan. Memiliki rekening bank diam-diam merusak kepercayaan ini dan bisa menimbulkan rasa tidak suka.

    • Jangan menyembunyikan uang, hadiah, bonus, atau kompensasi dalam bentuk apa pun dari pasangan Anda. Jangan melakukannya dengan alasan tabungan untuk keadaan darurat. Ingatlah, kita hendaknya jujur terhadap pasangan kita seperti yang kita harapkan dari mereka.

    • Berundinglah dengan pasangan Anda dan tetapkan jumlah pengeluaran mingguan. Penting untuk membahas pengertian Anda tentang arti pengeluaran pribadi untuk menghindari kemungkinan salah paham. Contoh dari pengeluaran pribadi ialah bahan untuk hobi, makan siang dan barang kecil lainnya yang tidak mahal.

    • Susun anggaran belanja dan tetapkan tujuan keuangan bersama pasangan Anda. Buatlah tekad untuk tidak pernah membeli sesuatu yang mahal di luar anggaran belanja tanpa merundingkannya dengan pasangan Anda.

    • Setiap bulan adakan "rapat keuangan keluarga". Periksalah anggaran belanja dan tentukan bidang mana yang lebih membutuhkan disiplin. Ini saat yang tepat untuk membayar tagihan-tagihan dan meneliti rekening bank.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "Tips for Avoiding Financial Infidelity" karya Charles Machinski.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Charles Machinski is the founder of The Coaching Box, LLC. He is also a published author, distinguished speaker and self development expert. For info regarding his workshops, seminars and keynote topics, he can be contacted at Charlie@thecoachingbox.

Petunjuk untuk Menghindari Selingkuh Keuangan

Kita hendaknya jujur terhadap pasangan kita seperti yang kita harapkan dari mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr