Saran untuk Para Ayah : Bagaimana untuk Lebih Berperan Serta dalam Mengasuh Anak

Pernahkah Anda melihat anak-anak Anda dan bertanya-tanya apa yang seharusnya Anda lakukan bersama mereka? Apakah istri Anda harus pergi keluar kota dan meninggalkan Anda untuk menjaga dan “mengurus anak-anak?”

7,118 views   |   7 shares
  • Baiklah para ayah, simaklah !

  • Pernahkah Anda melihat anak-anak Anda dan bertanya-tanya apa yang seharusnya Anda lakukan bersama mereka? Apakah istri Anda harus pergi ke luar kota dan meninggalkan Anda untuk menjaga dan “mengurus anak-anak?” (berbicara mengenai itu, hal itu bukanlah menitipkan anak-anak, itulah yang disebut peran seorang ayah.) Apakah Anda sering merasa benar-benar tidak paham bagaimana menjadi seorang ayah? Apakah Anda ingin untuk menjadi seorang ayah yang berhasil dalam mengasuh anak-anak Anda?

  • Anda mungkin tidak sendiri.

  • Bahkan jika Anda adalah orang yang tidak biasa membaca buku petunjuk dan instruksi dalam kehidupan sehari-hari Anda, mungkin ada satu petunjuk yang ingin Anda pelajari dan lakukan. Saya baru saja membaca buku “Dad Rules: A Simple Manual for a Complex Job” dan saya pikir penulis, Treion Muller, berhasil dalam menuangkan saran dan petunjuk-petunjuk yang bermanfaat (bukanlah hal yang mengherankan, karena dia sendiri memiliki 5 orang anak). Petunjuk praktis ini mencakup banyak petunjuk yang sederhana, mudah untuk dilakukan, setiap aturan yang setidaknya dapat dipertimbangkan untuk dilakukan oleh seorang ayah.

  • Tak salah lagi, saya sendiri memang bukan seorang ayah. Saya adalah seorang ibu. Namun, ketika saya membaca buku Muller, saya dapat melihat beberapa hal di mana suami saya telah melakukan perannya dengan sangat baik, dan beberapa mungkin masih memerlukan usaha perbaikan (hal ini juga berlaku untuk saya, kita bersama dapat melakukan perbaikan dan peningkatan bersama-sama!).

  • Dalam bukunya, Muller membaginya dalam 3 bagian yang membahas mengenai apa yang seorang ayah harus tahu, katakan dan lakukan. Dia juga memilik daftar yang bermanfaat dengan sumber kegiatan yang dapat membantu.

  • Beberapa aturan favorit saya adalah:

  • Aturan #3: Membantu membersihkan kotoran anak Anda ketika dia buang air dan muntah

  • Jangan coba untuk dapat meloloskan diri dari tugas ini. Jadilah seorang suami yang baik dan bantulah istri Anda! Dia akan mencintai Anda karena hal ini. Suami saya telah memberikan kontribusi yang cukup besar untuk melakukan tugas ini (walaupun dia menggunakan tiga kali jumlah tisu basah daripada saya). Saya sangat berterima kasih atas bantuannya. Saya selalu menghargai ketika dia mengambil langkah untuk menjadi seorang yang dapat saya andalkan untuk membantu saya ketika kamar mandi perlu dibersihkan karena muntahan anak kami. Seorang ibu mungkin juga bukan seorang penggemar dari pekerjaan seperti ini, oleh karena itu ambil alih beberapa beban istri Anda dan tunjukkan bahwa Anda mampu untuk menjadi seorang suami dan ayah yang baik dan sebagai mitra sepenuhnya dengan istri dalam mengasuh anak-anak.

  • Advertisement
  • Aturan #7: Kesampingkan barang-barang kesayangan Anda yang dengan mudah akan menjadi rusak

  • Jika Anda belum mengalami waktu-waktu ini, bersiaplah, Anda pasti akan mengalaminya. Anda dapat mencoba untuk melindungi dan menjaga barang-barang Anda dan mengajarkan anak-anak Anda untuk berhati-hati menggunakannya, namun kerusakan pasti akan terjadi. Hal yang terpenting adalah untuk mengingat bahwa barang-barang tersebut bisa digantikan, namun anak-anak Anda tidak akan pernah dapat tergantikan. Jangan memberikan reaksi yang berlebihan dan melakukan sesuatu yang akan Anda sesali hanya karena sesuatu yang tidak begitu penting. Meskipun mungkin mahal harganya.

  • Aturan #25: Menjadi koki yang kompeten

  • Ini bukan berarti Anda harus dapat memasak sebaik istri Anda memasak, namun hal ini berarti Anda harus dapat memasak dan menyiapkan makanan ketika istri Anda sedang tidak ada di rumah, sehingga Anda tidak perlu ke luar rumah dan membeli makanan cepat saji untuk memberi makan anak-anak Anda. Ada banyak jenis makanan sederhana yang dapat Anda siapkan. Pilih beberapa menu favorit dan buatlah makanan tersebut ketika giliran Anda harus memasak. Hal ini tidak hanya lebih sehat untuk keluarga Anda namun lebih murah (tidak harus mengocek dompet Anda terlalu dalam)

  • Aturan #37: Jangan berbicara kasar

  • Saya sangat suka aturan ini karena dapat menunjukkan bahwa Anda menghormati diri Anda sendiri dan keluarga Anda dan menunjukkan Anda cukup cerdas untuk memilih kosakata yang dapat diterima tanpa menggunakan kata-kata yang vulgar. Saya sangat menghormati suami saya karena dia tidak pernah mengucapkan sumpah serapah dan tidak akan pernah. Bahkan ketika teman-temannya mencoba untuk membujuknya. Tidak juga ketika dia benar-benar sedang marah. Tidak juga ketika dia benar-benar merasa disakiti. Itu menunjukkan suatu karakter yang baik. Anak-anak Anda akan mengamati dan mengikuti teladan yang Anda berikan, jadi pilihlah dengan bijaksana.

  • Aturan #50: Tunjukkan kepada anak-anak Anda bahwa Anda mengasihi mereka

  • Hal ini sangatlah penting. Tindakan terkadang dapat berbicara lebih keras daripada kata-kata, sehingga sangat penting untuk menunjukkan kasih Anda untuk anak-anak dengan menghabiskan waktu bersama mereka, mendengarkan mereka dan biarkan mereka tahu bahwa mereka adalah prioritas terpenting dalam hidup Anda.

  • Terlepas dari apakah Anda seorang ayah baru, seorang ayah yang berpengalaman atau, bahkan belum menjadi seorang ayah, adalah hal yang wajar untuk mendapatkan sedikit bantuan ketika Anda membutuhkannya. Ada beberapa saran yang tersedia yang dapat membantu Anda- dari situs website, buku-buku dan dari berbagi pengalaman dengan para ayah yang lain. Gunakan tips-tips ini dan siapkan selalu dan Anda akan senantiasa siap untuk membantu anak Anda.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "Advice for all dads: How to step up to the parenting plate" karya Wendy Jessen.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Wendy Jessen is a regular contributor for familyshare.com and frequently does media reviews.

Saran untuk Para Ayah : Bagaimana untuk Lebih Berperan Serta dalam Mengasuh Anak

Pernahkah Anda melihat anak-anak Anda dan bertanya-tanya apa yang seharusnya Anda lakukan bersama mereka? Apakah istri Anda harus pergi keluar kota dan meninggalkan Anda untuk menjaga dan “mengurus anak-anak?”
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr