3 Hal yang Perlu Dihindari Ketika Suami atau Istri Anda Mengabaikan Anda

Banyak orang ingin untuk mencari kembali kebahagiaan dan kedekatan yang mereka alami pada hari-hari pertama pernikahan mereka tapi tidak tahu bagaimana untuk merubah pola perilaku yang telah menyebabkan masalah.

14,767 views   |   22 shares
  • Kebanyakan pasangan ketika memasuki sebuah pernikahan merasakan kedekatan dan nyambung terhadap pasangan mereka. Tetapi kadang-kadang pola dari komunikasi yang tidak sehat bisa membuat jurang pemisah antar pasangan dan merubah kedekatan dan hubungan yang saling mendukung menjadi sebuah kesendirian, ketidaktertarikan, atau kejijikan. Banyak orang ingin untuk mencari kembali kebahagiaan dan kedekatan yang mereka alami pada hari-hari pertama pernikahan mereka tapi tidak tahu bagaimana untuk merubah pola perilaku yang telah menyebabkan masalah.

  • Dalam banyak kasus, suami atau istri mulai saling mengabaikan satu sama lain karena mereka mencoba untuk melarikan diri dari pertikaian. Seringkali istri yang mencoba untuk mempertahankan hubungan, dan istri pula yang mengeluh ketika hal-hal berjalan tidak baik. Karena laki-laki umumnya tidak melibatkan emosi seperti halnya pada wanita, mereka akan menanggapi dengan mencoba untuk mengatasi masalah secara rasional atau dengan mudah menarik diri dari masalah. Jika diskusi sederhana lebih sering daripada tidak berubah menjadi perang saling mencerca, suami atau istri Anda bisa belajar untuk mengatasi keadaan dengan mengurungkan diri dan tidak menanggapi percakapan yang negatif.

  • Tidak seorang pun disalahkan dalam permasalahan ini. Itu hanyalah gaya komunikasi yang berbeda. Ketika seorang wanita mengeluh, itu adalah caranya mengungkapkan persoalan dan mencoba mengatasi permasalahan. Ketika menghadapi sikap seperti ini, bagaimanapun juga, seorang suami mungkin merasa dikritik dan menanggapinya dengan kritikan pula atau mundur dari hubungan tersebut. Ketika hal ini menjadi pola kebiasaan, itu bisa memiliki dampak yang menghancurkan pada pernikahan.

  • Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjauhi pola komunikasi yang negatif yang bisa memisahkan Anda.

  • 1. Jangan menyalahkan, memerintah atau mencaci maki pasangan Anda

  • Ini hanya akan menyebabakan kemarahan dan kebencian dan memperdalam jurang di antara Anda berdua. Hindari mengucapakan hal-hal seperti, “Kamu tidak pernah mau mendengarkan” atau “Kamu tidak memperdulikan saya.” Jenis-jenis pernyataan seperti ini akan menyebabkan perdebatan lebih lanjut atau penarikan diri pada pasangan Anda. Sebaliknya, katakan pada pasangan Anda apa yang Anda rasakan dan ungkapkan hasrat Anda untuk menjadi lebih dekat. Pendekatan ini akan menghasilkan hasil yang jauh lebih baik.

  • 2. Jangan menyela atau menaikkan nada suara Anda

  • Ketika membahas jenis masalah pribadi, mudah untuk menjadi emosional. Hal ini bisa menyebabkan nada suara menjadi tinggi dan gangguan. Karena sikap seperti ini seringkali tidak disadari, cobalah sebisa mungkin untuk sadar diri. Cobalah untuk tetap tenang dan biarkan rekan Anda menyelesaikan uneg-unegnya sebelum Anda menanggapi.

  • Advertisement
  • 3. Jangan jatuh ke dalam lingkaran saling membalas

  • Seringkali jenis pembahasan semacam ini dimulai dengan tujuan yang positif, tapi karena salah tanggap mereka bisa memperburuk keadaan dengan cepat. Dimulai ketika salah satu rekan salah mengartikan apa yang telah disampaikan rekan yang lain dan kemudian menjadi pola tuduhan dan penghinaan. Lakukan segala upaya untuk mempertimbangkan komentar pasangan Anda dengan cara yang terbaik dan selalu menghindari pola yang merusak yang dapat meningkatkan negatifitas. Sebaliknya, dengarkan apa yang pasangan Anda katakan dan kemudian ulangi kembali dengan kalimat Anda sendiri untuk membuat Anda memahami maksudnya.

  • Sebagai contoh, Anda bisa mengatakan, “Jadi apa yang saya dengar Anda katakan adalah bahwa Anda merasa bahwa saya tidak melakukan berbagai tugas yang adil di sekitar rumah.” Kemudian beri rekan Anda kesempatan untuk mengkonfirmasi atau mengklarifikasi pernyataan Anda. Latihan ini akan membantu mencegah kesalahpahaman yang mana pada gilirannya akan mengurangi kemungkinan diskusi berubah menjadi pertempuran yag lebih sengit.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “3 things to avoid when your spouse ignores you” karya Lynn Scoresby.

Baca, hidupkan, bagikan!

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

3 Hal yang Perlu Dihindari Ketika Suami atau Istri Anda Mengabaikan Anda

Banyak orang ingin untuk mencari kembali kebahagiaan dan kedekatan yang mereka alami pada hari-hari pertama pernikahan mereka tapi tidak tahu bagaimana untuk merubah pola perilaku yang telah menyebabkan masalah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr