Cara Mengatur Kantor di Rumah Anda

Menikmati pekerjaan dapat menghasilkan kesempurnaan dalam bekerja.

1,182 views   |   shares
  • Di zaman sekarang ini semakin banyak orang menggunakan kantor di rumah, dan kebanyakan dari mereka sangat menyukainya. Salah satu keuntungan besar dari bekerja di rumah adalah Anda dapat menghapus kerumitan perjalanan pulang pergi kerja. Dan dengan bekerja di kantor pribadi dalam rumah sendiri, makanan dan minuman selalu tersedia saat anda merasa lapar.

  • Tapi saat atasan Anda tidak mampir ke kantor pribadi Anda dan Anda bisa bekerja di rumah dengan memakai pakaian santai, ruang kantor pribadi Anda di rumah bisa jadi berantakan. Mempertahankan kerapian kantor pribadi yang terorganisir memang tidak selalu mudah, tapi kerapian ini sangatlah penting supaya Anda dapat bekerja dengan produktif. Berikut adalah beberapa saran untuk mengorganisir kantor pribadi Anda.

    • Ciptakan satu alat yang mudah diangkat. Apakah ruang khusus Anda di rumah didedikasikan sepenuhnya untuk bisnis Anda, atau Anda harus berbagi dengan anggota keluarga lainnya? Misalnya, apakah Anda melakukan pekerjaan Anda di meja makan? Jika Anda melakukan pekerjaan Anda di meja makan, sebaiknya Anda menciptakan satu kotak berkas yang dapat dipindahkan dari tempat ke tempat untuk perlengkapan kerja Anda seperti berkas-berkas, kertas, dan perlengkapan kerja lainnya. Kotak kardus atau kotak kayu yang murah atau wadah-wadah lainnya juga dapat digunakan untuk menempatkan perlengkapan kerja Anda.

    • Mengatur perlengkapan kerja yang kecil-kecil. Kotak karton bekas telur dapat dipergunakan sebagai wadah yang lumayan bagus untuk perlengkapan kantor yang kecil-kecil seperti klip kertas, karet gelang, atau paku payung.

    • Untuk memecahkan masalah kabel yang berbelit-belit di bawah meja, gunakan strip Velcro pelekat untuk mengencangkan kabel-kabel yang longgar dan bergelantungan di bawah meja kerja. Cara termurah untuk melabel kabel-kabel itu adalah dengan menamai satu persatu setiap kabel dengan stiker kemudian stikernya dilipat balik di kabel itu.

    • Atur ulang ruang kerja Anda supaya Anda dapat bekerja semaksimal mungkin dengan efisien. Untuk menjaga area kerja Anda serapi mungkin, pikirkan tentang berapa sering anda memakai peralatan kerja Anda. Jika Anda jarang memakai CPU komputer Anda, tempatkan CPU itu di bawah meja atau di tempat yang tidak kelihatan. Jika Anda sering menggunakan printer, tempatkan printer itu di tempat yang utama.

    • Potret keluarga sebaiknya digantung di dinding daripada di taruh di meja kerja. Karena kegunaan meja sangat penting, sebaiknya meja hanya digunakan untuk keperluan kerja.

    • Atur keyamanan bekerja. Jika Anda mampu membeli perabotan kantor, cermatlah dalam memilih kursi yang akan anda duduki saat bekerja. Pastikan kursi itu dirancang sesuai dengan pola tubuh dan kenyamanan anda. Kursi yang ada rodanya dapat membantu Anda bergerak lebih cepat dan lebih mudah dari satu tempat ke tempat lainnya. Letakkan tikar plastik di lantai untuk melindungi lantai agar tidak tergores-gores.

  • Advertisement
  • Salah satu keuntungan dari bekerja di rumah adalah Anda memiliki tempat kerja sendiri. Hiasilah ruang kerja Anda dengan karya seni, tanaman, potret keluarga, atau apa saja yang Anda inginkan. Keuntungannya, Anda tidak perlu meminta ijin dari atasan untuk menghiasi kantor anda. Kadang kala hal-hal kecil seperti ini dapat membantu ruang kerja Anda untuk menjadi tempat di mana anda dapat bekerja semaksimal dan sebaik mungkin.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “How To Organize Your Home Office” karya Margot Hovley.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Margot Hovley telah menerbitkan dua novel dengan Kovenan Komunikasi: "Sudden Darkness" (2012) & "Glimmering Light" (2014).

Situs: http://www.margothovley.com

Cara Mengatur Kantor di Rumah Anda

Menikmati pekerjaan dapat menghasilkan kesempurnaan dalam bekerja.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr