UNAS atau TOEFL?

Anda baru saja lulus SMA. Anda memiliki beberapa pilihan, masuk ke perguruan tinggi nasional, swasta atau kuliah di luar negeri. Dalam usia Anda yang masih muda, pilihan ini merupakan bahan pertimbangan serius yang dapat menyebabkan sakit kepala.

674 views   |   shares
  • Anda baru saja lulus SMA. Anda memiliki beberapa pilihan, masuk ke perguruan tinggi nasional, swasta atau kuliah di luar negeri. Dalam usia Anda yang masih muda, pilihan ini merupakan bahan pertimbangan serius yang dapat menyebabkan sakit kepala. Masa hura-hura di sekolah lanjutan sudah usai, kinilah saatnya memusatkan perhatian pada masa depan Anda. Keputusan Anda akan memiliki dampak besar dalam mengarungi kehidupan Anda selanjutnya. Beberapa pertimbangan di bawah ini dapat membantu Anda mengambil keputusan yang sulit itu.

  • UNAS

  • Keuntungannya:

  • Anda tidak perlu meninggalkan orang tua jauh-jauh. Perguruan tinggi nasional kita memiliki peringkat yang hampir sama di setiap kota besar. Kalau pun Anda harus kuliah di luar kota, Anda masih dapat menempuh jarak yang tidak terlalu jauh untuk pulang ke rumah. Jika Anda beruntung kuliah di kota asal Anda, berarti Anda menghemat uang kos dan makan karena Anda dapat tinggal di rumah orang tua.

  • Kerugiannya:

  • Karena tinggal bersama orang tua Anda mungkin masih kurang mandiri karena masih mengandalkan bantuan orang tua. Ujian nasional dengan ketat menyaring para peserta, yang tidak siap pasti gugur. Bila Anda termasuk remaja yang berotak encer Anda tidak perlu kuatir, walau faktor keberuntungan juga kadang berfungsi di sini.

  • TOEFL

  • Keuntungannya:

  • Asalkan bahasa Inggris Anda lancar dan Anda sudah terlatih dalam tata bahasanya sejak SMP, Anda akan lulus TOEFL. Ujiannya tidak sesulit UNAS, walau Anda tetap harus mencapai nilai tertentu untuk dapat diterima di perguruan tinggi Amerika. Namun lulus TOEFL baru setengah dari perjalanan Anda untuk sampai ke AS. Masih ada visa yang harus diurus, dan ini membutuhkan I 20 dari perguruan tinggi AS yang Anda hasrati. Untuk mendapatkan I 20 ini Anda perlu melamar ke sebuah universitas yang dapat Anda lakukan melalui internet. Bila semua urusan surat-surat dan dokumen penting sudah beres dan Anda sudah menginjakkan kaki di negeri Paman Sam, dimulailah kehidupan Anda yang keras dan mandiri. Ini kalau Anda memilih untuk bekerja di kampus selain mati hidup belajar dan sesekali mengikuti pesta supaya Anda tidak dikira kutu buku. Yang jelas kalau Anda banyak memperoleh nilai bagus, sebagai siswa berprestasi Anda berhak mendapat beasiswa ini dan itu. Begitu banyak beasiswa tersedia bagi para siswa yang rajin. Tapi kalau Anda lebih suka menadahkan tangan setiap bulan ke orang tua Anda boleh jadi Anda akan pulang ke kampung halaman dengan menyandang gelar dari universitas di AS tapi tetap memiliki mental remaja SMA.

  • Advertisement
  • Kerugiannya:

  • Anda akan berada jauh dari kenyamanan tinggal bersama orang tua. Kalau Anda seorang yang mempunyai jiwa mandiri hal ini mungkin tidak akan berpengaruh buruk. Tetapi kalau Anda tidak terbiasa mandiri, Anda akan merasa kesepian dan mungkin kelaparan. Cuaca yang berbeda juga akan mempengaruhi kesehatan serta perasaan Anda. Walau Anda memilih California yang memiliki udara agak mirip dengan Indonesia, musim dingin tetap lebih dingin dari hawa di Puncak pada malam hari. Karena cuaca dingin orang enggan keluar dan lebih banyak mengurung diri di kamar bila tidak perlu sekali. Ini menyebabkan suasana hati agak murung (winter blues) dan bisa juga stres.

  • Sejauh Anda siap mental dan keuangan serta rajin belajar, di mana pun Anda kuliah tidak akan ada perbedaan yang besar, masa depan adalah milik Anda.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

UNAS atau TOEFL?

Anda baru saja lulus SMA. Anda memiliki beberapa pilihan, masuk ke perguruan tinggi nasional, swasta atau kuliah di luar negeri. Dalam usia Anda yang masih muda, pilihan ini merupakan bahan pertimbangan serius yang dapat menyebabkan sakit kepala.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr