Cara Agar Anak Anda Bekerja Seperti Anda

Kita hidup di dunia di mana orang-orang secara universal diharapkan untuk menjadi anggota produktif dalam masyarakat. Saat ini, terlalu banyak anak menyelesaikan kuliah tanpa pengalaman kerja yang nyata.

562 views   |   2 shares
  • Sebagian orang tua, yang dibesarkan di masa susah di mana mereka diharapkan untuk memperoleh uang jajan mereka sendiri, merasa dirugikan oleh pengalaman itu. Mereka berusaha untuk menjauhkan anak-anak mereka dari kesempatan istimewa yang sama dengan harapan menolong anak-anak mereka maju. Kenyataannya malah sebaliknya, sangat merugikan!

  • Kita hidup di dunia di mana orang-orang secara universal diharapkan untuk menjadi anggota produktif dalam masyarakat. Saat ini, terlalu banyak anak-anak menyelesaikan kuliah tanpa pengalaman kerja yang nyata. Mereka tidak tahu rasanya datang tepat waktu ke tempat kerja, menerima pengarahan dari atasan atau bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas sesuai tenggat waktu.

  • Kemungkinan besar Anda pernah bekerja sewaktu remaja – jadi babysitter, pelayan restoran, loper koran, atau membantu di toko/warung. Mungkin Anda benci itu, tetapi pengalaman bekerja menolong mengembangkan Anda menjadi bagian produktif dalam masyarakat. Mendorong anak-anak Anda untuk memperoleh uang jajan mereka sendiri mengajarkan mereka tentang nilai uang dan cara untuk menjadi karyawan yang dihargai.

  • Kunci untuk memotivasi anak-anak Anda untuk bertanggung jawab dalam menghasilkan uang sendiri adalah dengan membatasi uang jajan mereka. Akan lebih baik jika uang jajan itu diperoleh melalui mengerjakan tugas di rumah. Dan pastikan untuk tetap membatasi jumlah upah yang Anda berikan kepada anak-anak Anda. Ini bertujuan agar anak-anak Anda menginginkan lebih banyak uang sehingga mereka mau lebih giat bekerja.

  • Tampaknya tidak bijaksana memberikan akses mengendarai mobil kepada anak remaja yang tidak berhak atas mobil itu. Jika Anda memutuskan untuk memberi mobil kepada anak remaja Anda, pertimbangkan untuk mewajibkan mereka membayar asuransi, bensin, dan pemeliharaan mobil itu agar mereka belajar bertanggung jawab atas mobil itu. Lebih baik mendorong mereka menabung untuk membeli mobil atau menyuruh mereka menggunakan transportasi umum. Jika Anda mau, Anda juga dapat meminjamkan mobil Anda kepada mereka – dengan syarat mereka sesekali mengisi kembali bensinnya.

  • Semakin besar tekanan yang anak remaja rasakan untuk memperoleh uang jajan mereka sendiri, semakin Anda mengajarkan tanggung jawab kepada mereka. Sebagian orang tua khawatir mereka merampas waktu belajar anak-anak mereka dan bahwa bekerja akan mengakibatkan nilai jelek di sekolah dan kurangnya kesempatan di masa depan. Tentu saja perlu ada keseimbangan, tetapi seorang lulusan universitas dengan nilai sempurna tanpa pengalaman kerja akan kesulitan mencari pekerjaan. Demikian pula, seorang lulusan SMA dengan nilai pas-pasan juga akan sulit masuk universitas apalagi mencari pekerjaan. Bantulah anak remaja Anda menemukan keseimbangan yang tepat.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "How to get your kids to work like you did" karya Devin Thorpe.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Cara Agar Anak Anda Bekerja Seperti Anda

Kita hidup di dunia di mana orang-orang secara universal diharapkan untuk menjadi anggota produktif dalam masyarakat. Saat ini, terlalu banyak anak menyelesaikan kuliah tanpa pengalaman kerja yang nyata.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr