Nilai Sesungguhnya dari Uang Hanyalah Kebaikan yang Anda Amalkan dengan Uang Itu

Manusia dan uang memiliki hubungan yang luar biasa. Uang itu sendiri sebenarnya tidak ada harganya. Satu-satunya nilai sesungguhnya dari uang terletak pada kebaikan yang Anda amalkan dengan uang itu.

4,408 views   |   1 shares
  • Manusia dan uang memiliki hubungan yang luar biasa. Uang itu sendiri sebenarnya tidak ada harganya. Sebagian besar mata uang moderen tidaklah lebih dari sebatas tinta dan kertas. Satu-satunya nilai sesungguhnya dari uang terletak pada kebaikan yang Anda amalkan dengan uang itu.

  • Perhatikan contoh berikut:

    1. Mobil yang diparkir di halaman rumah, sebenarnya hanya memiliki nilai dasar, karena dengan berjalannya waktu, mobil itu akan menjadi rongsok. Namun saat Anda mengendarai mobil itu untuk pulang pergi kerja, mobil itu berperan sebagai kunci penting dalam usaha Anda mencari nafkah untuk keluarga Anda. Saat Anda mengendarai mobil itu untuk mengantar jemput anggota keluarga ke sekolah dan kegiatan rekreasi, maka mobil itu mempunyai peranan penting dalam mengembangkan kesehatan mental dan fisik keluarga Anda secara keseluruhan. Pada kenyataannya, mobil tidaklah lebih dari sarana transportasi yang bisa mengantarkan Anda dari satu tempat ke tempat lainnya. Dalam hal ini, mobil Dodge keluaran tahun 1998 dengan mobil sedan Lexus keluaran tahun 2013 memiliki fungsi sarana transportasi yang sama.

    2. Rumah kecil sederhana di lingkungan yang aman di mana anak-anak dapat bermain di luar dengan anak-anak tetangga mereka, dapat memberikan sarana tempat tinggal nyaman, yang sama persis - atau bahkan lebih baik dari rumah istana yang besarnya berkali-kali lipat yang terletak di daerah perumahan orang kaya.

    3. Meluangkan waktu untuk menjadi sukarelawan sebagai pelatih untuk tim sepak bola atau sebagai pelatih kegiatan pramuka, mungkin jauh lebih berharga bagi anak- anak Anda dan lingkungan sekitar Anda di bandingkan banyaknya uang yang Anda miliki.

    4. Mengajar anak-anak Anda melalui contoh pribadi dengan meluangkan waktu dan uang untuk tujuan mulia akan memiliki dampak yang jauh lebih besar bagi mereka dan masyarakat sekitar dibandingkan dengan mengajar anak-anak Anda untuk "maju" secara duniawi. Ajarlah anak-anak agar mereka tahu bahwa uang bukanlah segalanya dalam hidup ini. Uang hanyalah sebuah sarana untuk mencapai suatu tujuan.

    5. Kita tidak butuh banyak uang untuk menyediakan makan malam bagi tetangga yang baru saja menjalani operasi; yang kita butuhkan hanyalah toleransi antara para penduduk dan masyarakat sekitar.

    6. Anda tidak perlu menjadi seorang Bill Gates untuk memiliki dampak pada dunia, tetapi jika Anda mengukur kekayaan dengan angka, Anda akan mempunyai kesempatan yang sangat besar untuk membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik. (Bill Gates telah menyumbang miliaran dolar karna dia telah berjanji untuk menyumbangkan 95 persen dari kekayaannya).

    7. Di dunia ini hampir ada 1 miliar orang yang kelaparan. Anda tidak bisa menolong mereka semuanya sendirian, tetapi jika setiap keluarga di dunia ini berusaha untuk menolong satu orang saja, maka tidak akan ada satupun orang yang kelaparan.

  • Advertisement
  • Anda dapat memilih warisan macam apakah yang ingin Anda tinggalkan di dunia ini. Anda dapat menentukan pribadi macam apa Anda sebenarnya dan bagaimana Anda ingin diingat saat anda meninggalkan kehidupan ini. Anda dapat membantu pasangan Anda dan anak-anak Anda menjadi orang yang akan diingat karena amal kebaikan mereka. Ingatlah, uang hanya berharga jika kita amalkan untuk kebaikan. Peninggalan macam apakah yang ingin Anda wariskan untuk keluarga Anda?

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli "7 examples that show money's only real value is the good you can do with it" karya Devin Thorpe.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Nilai Sesungguhnya dari Uang Hanyalah Kebaikan yang Anda Amalkan dengan Uang Itu

Manusia dan uang memiliki hubungan yang luar biasa. Uang itu sendiri sebenarnya tidak ada harganya. Satu-satunya nilai sesungguhnya dari uang terletak pada kebaikan yang Anda amalkan dengan uang itu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr